Search

Heboh 'Milk Bun' ala Thailand, Ini Alasan Warga Mudah Latah sama Tren Viral - detikHealth

Jakarta -

Kudapan roti manis 'milk bun' dari Thailand membuat banyak warga Indonesia penasaran. Tak hanya rela mengentre di toko roti yang menyediakan 'milk bun', tidak sedikit juga yang memesan lewat jasa titip atau jastip dari pelancong di Thailand.

Fenomena antrean mengular ketika ada tren kuliner terbaru sebenarnya bukan kali ini saja. Beberapa kali, fenomena serupa terjadi ketika ada gerai makanan yang hits baru dibuka.

Bukan cuma makanan, tren lainnya yang viral mulai dari permainan seperti latto-latto juga kala itu digandrungi banyak orang. Kenapa sih manusia cenderung suka ikut sesuatu yang viral?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika pernah mengikuti suatu tren, baik karena FOMO atau tekanan sosial, psikolog mengaitkan hal tersebut dengan bandwagon effect. Menyoroti terkait hal-hal yang sering viral, psikolog dan dosen di Universitas Sebelas Maret Surakarta mengatakan paparan dari media sosial mengenai sesuatu yang sedang viral akan mempengaruhi seseorang sehingga menjadi penasaran untuk mengikuti suatu tren.

"Exposure ini makin berhasil membuat orang berperilaku ikut-ikutan. Hal ini karena, pertama ada konformitas. Siapa pemeran dalam exposure tersebut akan mempengaruhi kita mau ikut-ikutan atau tidak," kata Fadjri Kirana Anggarani, SPsi, terkait Bandwagon Effect dikutip dari laman resmi UNS.

Hal lainnya yang membuat orang cenderung 'latah' yakni pengaruh interpersonal. Fadjri mengatakan bisa saja ada tren tersebut dilakukan karena bujukan dari orang lain.

"Ketiga, pengaruh diri. Bisa jadi karena Fear of Missing Out (FOMO), sehingga jika tidak ikut-ikutan muncul perasaan ketinggalan. Atau bisa juga karena curiosity yaitu penasaran dengan apa yg terjadi karena adanya exposure di medsos," paparnya.

Simak Video "Merasa Sedih saat Hujan Turun, Simak Tips Preventif dari Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
March 02, 2024 at 07:15AM
https://ift.tt/pAHMLma

Heboh 'Milk Bun' ala Thailand, Ini Alasan Warga Mudah Latah sama Tren Viral - detikHealth
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/jX2HfvQ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Heboh 'Milk Bun' ala Thailand, Ini Alasan Warga Mudah Latah sama Tren Viral - detikHealth"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.