Search

Tren Roleplay Disorot Psikiater Bisa Begini Efeknya pada Anak - detikHealth

Jakarta -

Belum lama ini viral video seorang anak yang dimarahi ayahnya karena kedapatan bermain roleplay di TikTok. Setelah ditelusuri, si anak ternyata melakukan roleplay yang tidak 'pantas' untuk seusianya bersama orang-orang yang tidak dikenalnya.

Roleplay (RP) diambil dari kosa kata bahasa inggris yang berarti bermain peran. Secara umum, roleplay adalah sebuah kegiatan saat seseorang berperilaku seperti orang lain dalam situasi tertentu.

Menurut psikiater, permainan roleplay jika dilakukan oleh anak-anak, berisiko memicu gangguan kepribadian. Roleplay di media sosial juga dikhawatirkan bisa menjadi wadah pelecehan seksual dan kekerasan verbal pada anak-anak.

"Misalnya di melakukan permainan roleplay tadi, pembentukan jati dirinya itu menjadi rusak karena yang tadinya harusnya sesuai dengan norma nilai tapi menjadi kacau, dan menimbulkan kebingungan terhadap masalah psikologisnya," kata spesialis kejiwaan dr Lahargo Kembaren, SpKJ kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Tanpa pengawasan dari orang tua, permainan roleplay juga bisa membuat anak menjadi kesulitan memilah mana yang benar-benar nyata atau hanya imajinasi belaka.

Kondisi ini akan mengarah ke gangguan psikotik, saat ketika anak tidak lagi bisa tidak bisa membedakan mana yang nyata dan tidak karena dia semakin meyakini bahwa sudah memiliki ataupun menjadi seseorang dalam roleplay tersebut.

"Maturitas atau kematangan sel-sel sarafnya masih belum cukup untuk bisa memahami situasi ini dan dalam pertumbuhan perkembangannya juga jadinya terganggu," pungkas dr Lahargo.

Simak Video "Viral Anak Main Roleplay di TikTok, Ini Bahayanya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
June 20, 2023 at 10:05AM
https://ift.tt/6sSbBcE

Tren Roleplay Disorot Psikiater, Bisa Begini Efeknya pada Anak - detikHealth
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/A3gFrKd
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Roleplay Disorot Psikiater Bisa Begini Efeknya pada Anak - detikHealth"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.