Search

5 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing Apa Saja? - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Kucing adalah hewan peliharaan populer yang sekaligus menjadi sahabat bagi pemiliknya.

Namun, ada sejumlah hal yang mungkin tidak sengaja Anda lakukan, dapat membuat mereka kesal atau bahkan stres.

Oleh karena itu, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman antara Anda dan kucing, perlu menghindari hal-hal yang membuat mereka tidak bahagia.

Baca juga: Bisakah Kucing Menangis Saat Sedih atau Terluka? Berikut Penjelasannya


Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan manusia, namun tidak disukai oleh kucing:

1. Mengelus secara berlebihan

Sebagai pemilik kucing, Anda tentu tahu ada area tertentu pada kucing yang boleh dielus dan beberapa bagian cukup sensitif.

Dilansir dari the Spruce Pets, jika Anda mengelus bagian yang salah secara belebihan, ia akan mendesis, mencakar, atau menggigit.

Kucing bisa sangat sensitif terhadap rangsangan sentuhan, jadi penting untuk mengetahui di mana dan bagaimana Anda mengelusnya.

Umumnya, bagian tubuh kucing yang aman untuk dielus adalah area sekitar kepala dan lehernya.

Baca juga: Begini Cara Kucing Memilih Orang yang Mereka Sukai

2. Membuat bising

Ilustrasi perilaku manusia yang dibenci kucing.iStockphoto/Konstantin Aksenov Ilustrasi perilaku manusia yang dibenci kucing.

Karena memiliki pendengaran tajam, kucing tidak terlalu menyukai suara bising. Badai petir, kembang api, pertengkaran, dan suara keras lain dapat membuat kucing Anda stres.

Dan stres kronis akibat suara keras dapat menyebabkan sejumlah masalah perilaku dan kesehatan, termasuk kegugupan, agresi, kurang nafsu makan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kucing sangat membenci aktivitas manusia yang menghasilkan suara bising. Misalnya memutar musik terlalu keras, berteriak, atau membanting sesuatu.

Baca juga: 7 Aroma yang Tidak Disukai Kucing, Ada Pisang dan Kopi

3. Ditinggal sendiri

Memang benar bahwa kucing dapat ditinggal sendirian lebih lama daripada anjing, tapi kucing tetap membutuhkan perhatian, persahabatan, dan kasih sayang.

Saat Anda membiarkan kucing sendiri untuk waktu yang lama, akan membuat mereka gelisah dan mengembangkan perasaan cemas atau bahkan depresi.

Jika Anda memiliki jadwal sibuk, pastikan untuk menyisihkan beberapa menit setiap hari untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama kucing Anda.

Bahkan 15 menit waktu bermain setiap beberapa jam akan membuatnya tetap bahagia dan sehat.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Kucing Merasa Sedih, Apa Saja?

4. Memarahi kucing

Ilustrasi kucing takut.iStockphoto/MarynaVoronova Ilustrasi kucing takut.

Ada banyak situasi yang bisa membuat Anda frustrasi saat pertama kali memelihara kucing. Ini bisa membuat Anda memarahi kucing ketika mereka melakukan sesuatu yang dianggap salah.

Dilansir dari Animal Wised, hukuman dan teriakan yang teratur akan menyebabkan kucing kehilangan kepercayaan dengan Anda.

Akhirnya, masalah perilaku akan berkembang dan akan sangat sulit untuk memperbaiki kembali ikatan atau kepercayaan antara Anda dan mereka.

Baca juga: 5 Tips Penting bagi Anda yang Baru Memelihara Kucing

5. Memotong kuku kucing

Memotong kuku kucing adalah intervensi bedah di mana cakar kucing dihilangkan demi menghentikan perilaku yang dianggap mengganggu, seperti menggaruk furnitur .

Cakar kucing sangat penting karena memungkinkan mereka memanjat, mempertahankan diri, menandai wilayah, dan melakukan perilaku penting lainnya.

Meskipun menggaruk bisa menjadi gangguan, Anda hanya perlu mendidik mereka dan mengarahkan perilaku ini, bukan dengan cara memotong kukunya.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Trauma pada Kucing Peliharaan, Apa Saja?

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Kucing Emas (Catopuma temminckii)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
June 26, 2023 at 01:45PM
https://ift.tt/qGUYDzc

5 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing, Apa Saja? - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/73YUsEQ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing Apa Saja? - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.