Search

Alasan Wagner Menghentikan Serangan di Rusia dan Kembali ke Pangkalan - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.comYevgeny Prigozhin komandan Wagner Group mengumumkan menarik mundur pasukannya dari Moskwa, Rusia pada Sabtu (24/6/2023).

Keputusan tersebut dibuat sehari setelah pemimpin kelompok tentara bayaran tersebut mengancam akan memberontak.

Dilansir dari Al Jazeera, pemberontakan tersebut terjadi karena Prigozhin meminta keadilan atas pembunuhan para anggotanya yang diklaim perintah Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

Pasukan Grup Wagner berhasil menguasai markas militer di Kota Rostov-on-Don dan melaju mendekati ibu kota Moskwa. Namun, upaya pemberontakan akhirnya dihentikan.

Lalu, apa alasan Yevgeny Prigozhin menghentikan serangan ke Rusia?

Baca juga: Kronologi Pemberontakan Wagner Group terhadap Rusia


Dikutip dari The Guardian, Yevgeny Prigozhin memerintahkan para pejuang Wagner untuk mengakhiri perjalanan mereka ke Moskwa pada hari Sabtu.

Ia memerintahkan pasukan kembali ke pangkalan mereka di Rusia selatan.

Prigozhin menjelaskan, tindakan tersebut ia lakukan karena ingin menghindari pertumpahan darah di Rusia.

“Menyadari semua tanggung jawab atas fakta bahwa darah Rusia akan tertumpah dari satu sisi, kami akan memutar konvoi kami dan pergi ke arah yang berlawanan dengan kamp lapangan kami,” katanya. 

Keputusan itu dikabarkan muncul setelah ada negosiasi bersama Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Di bawah kesepakatan, yang dimediasi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko itu, para pejuang kelompok Wagner akan kembali ke pangkalan dengan jaminan keselamatan mereka dan pemimpin mereka, Yevgeny Prigozhin, akan pindah ke Belarusia.

Baca juga: Sosok Yevgeny Prigozhin, Penjual Hotdog yang Bertransformasi Jadi Pemimpin Tentara Bayaran Wagner Group

Nasib Wagner Group

Tangkapan layar dari video akun Telegram Concord pada 24 Juni 2023 menunjukkan, Ketua Grup Wagner yaitu Yevgeny Prigozhin berada di dalam markas militer Rusia di Rostov-on-Don, selatan negara itu, dan mengeklaim pasukannya sudah menduduki situs-situs militer kota.TELEGRAM @concordgroup_official via AFP Tangkapan layar dari video akun Telegram Concord pada 24 Juni 2023 menunjukkan, Ketua Grup Wagner yaitu Yevgeny Prigozhin berada di dalam markas militer Rusia di Rostov-on-Don, selatan negara itu, dan mengeklaim pasukannya sudah menduduki situs-situs militer kota.
Selepas upaya pemberontakan yang dihentikan, pemerintah Rusia menyebut Prigozhin akan pindah ke Belarusia sesuai kesepakatan.

Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengatakan kasus pidana terhadap Prigozhin yang melakukan pemberontakan bersenjata akan dicabut.

Sementara para pejuang Wagner yang ikut dalam pemberontakan tidak akan menghadapi tuntutan sebagai pengakuan atas jasa mereka ke Rusia dalam perang melawan Ukraina.

Sementara pasukan Wagner yang tidak berpartisipasi dalam aksi ini akan ditawari kontrak militer.

Dikutip dari Kompas.com, ibu kota Moskwa dilaporkan tenang pada hari Minggu, menyusul kesepakatan untuk mengurangi ketegangan.

Selanjutnya hari Senin (26/6/2023) dinyatakan sebagai hari non-kerja untuk memberikan waktu untuk penyelesaian masalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
June 26, 2023 at 07:15AM
https://ift.tt/1s93Doz

Alasan Wagner Menghentikan Serangan di Rusia dan Kembali ke Pangkalan - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/73YUsEQ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Wagner Menghentikan Serangan di Rusia dan Kembali ke Pangkalan - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.