Search

Tren Gowes Naik saat Pandemi Covid-19, Industri Sepeda Makin Bergeliat - iNews

JAKARTA, iNews.id - Tren bersepeda saat ini naik daun di tengah pandemi Covid-19. Peningkatan ini terjadi khususnya di kota-kota besar yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, tren bersepeda menjadi budaya baru masyarakat perkotaan di Indonesia. Di Jakarta tercatat pengguna sepeda meningkat hingga 10 kali lipat. 

Menurut survei Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), terjadi peningkatan pengguna sepeda sebanyak 1.000 persen saat PSBB di Jakarta dibanding bulan Oktober 2019. Hal serupa juga terjadi di sejumlah kota lainnya, seperti Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Bandung, Surabaya. 

"Tren penjualan sepeda juga turut meningkat dan pembeli harus antre untuk mendapatkannya. Industri sepeda turut menggeliat, urung melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)," ujar Djoko, Minggu (5/7/2020).

Djoko menambahkan, dengan mengaktifkan jalur sepeda di perkotaan akan mendukung Program Kota Sehat. Program kota sehat dengan nama Kabupaten Kota Sehat (KKS) sudah dimulai pada 2005. 

Ada tujuh tatanan kota sehat, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum; Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi; Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; Kawasan Pariwisata Sehat; Kawasan Pangan dan Gizi; Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri; dan Kehidupan Sosial yang Sehat.

"Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah menerbitkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan, Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan kaki di Kawasan Perkotaan. Sekarang menanti Peraturan Menteri Perhubungan tentang Pedoman Teknis Keselamatan Bersepeda di Jalan," kata dia.

Menurut dia, dengan meningkatnya jumlah pengguna sepeda akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur jalur sepeda. Pasalnya, jalan dengan kewenangan pemerintah daerah (pemda) (kota/kabupaten/provinsi) lebih cocok untuk mewujudkan jalur sepeda berkeselamatan. 

"Selanjutnya menanti kepala daerah yang peduli untuk membangun infrastruktur sepeda di daerah, sehingga sepeda menjadi salah satu alat transportasi. Gub. DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memulai membangun jalur sepeda sepanjang 65 km di tahun 2019," ucap Djoko.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
July 05, 2020 at 12:40PM
https://ift.tt/2VNhZNO

Tren Gowes Naik saat Pandemi Covid-19, Industri Sepeda Makin Bergeliat - iNews
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Gowes Naik saat Pandemi Covid-19, Industri Sepeda Makin Bergeliat - iNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.