Search

Tren Bersepeda di masa Pandemi, Ini yang Perlu Diperhatikan - Gaya Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Bersepeda kini kembali tren. Dokter olahraga Andhika Rospati mengatakan bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga kardiovaskuler yang bisa meningkatkan denyut nadi seseorang dan sangat bagus bagi kesehatan jantung dan paru-paru.

"Namun, yang perlu diingat dan diwaspadai, tidak semua orang sanggup meningkatkan denyut nadinya secara drastis, apalagi bila memiliki masalah jantung dan pembuluh darah atau belum terbiasa," kata Andhika.

Andhika mengatakan orang yang memiliki masalah jantung dan pembuluh darah, olahraga kardiovaskuler seperti bersepeda secara berlebihan justru berbahaya. Buat yang baru mulai bersepeda pun Andhika menyarankan untuk melakukan secara bertahap, jangan langsung bergabung dengan orang-orang yang selama ini sudah terbiasa olahraga sepeda.

"Pastikan kondisi medis masing-masing, apakah aman melakukan jenis olahraga tertentu. Berikutnya, kita harus tahu seberapa bugar diri, kalau baru memulai jangan langsung ikut yang sudah terbiasa bersepeda," tuturnya.

Di sisi lain, Andhika mengatakan bersepeda memiliki dampak yang bagus bila dilakukan secara teratur pada kesehatan jantung dan paru-paru. Latihan kardiovaskuler seperti bersepeda juga dapat mencegah berbagai penyakit, mengurangi risiko obesitas, dan meningkatkan imunitas.

"Bersepeda juga memberikan manfaat lebih nyaman untuk yang susah untuk berlari karena obesitas atau ada keluhan di lutut," jelasnya.

Selain itu, Andhika menilai bersepeda menjadi tren belakangan ini karena dapat menjadi sarana transportasi. Apalagi pada masa pandemi COVID-19, banyak orang yang masih enggan menggunakan kendaraan umum selain karena penumpangnya juga dibatasi.

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
July 05, 2020 at 02:20PM
https://ift.tt/3gq7zf1

Tren Bersepeda di masa Pandemi, Ini yang Perlu Diperhatikan - Gaya Tempo.co
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Bersepeda di masa Pandemi, Ini yang Perlu Diperhatikan - Gaya Tempo.co"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.