Search

Singkatan Jabatan TNI Disebut Panjang dan Susah, Kapuspen: Komentar yang Sama oleh Panglima TNI - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Belakangan, lini masa media sosial Twitter ramai memperbincangkan singkatan jabatan dan posisi di Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Warganet menilai, singkatan jabatan di TNI bukan mempermudah, justru panjang dan sulit untuk diingat.

Opini ini salah satunya muncul dari sejarawan UGM, Satrio (Ody) Dwicahyo, melalui akun @odydc, pada Senin (24/4/2023).

"Rasanya TNI harus mulai menyederhanakan jabatan seperti ini. Kasian kalo ditanya camer apa yg dia kerjakan di kantor," tulisnya.

Tampak dalam unggahan, Ody menyertakan sebuah tulisan, "Kaur Daltrakkapor Bagdaladakapossatlap Subditbinkaporsatlap Ditbekangad".

Twit tersebut pun diamini warganet lain, disertai salah satu singkatan jabatan TNI Angkatan Darat (AD) yang terbaik menurutnya.

"Yang terbaik tetap: Kapokbungprot," tulis akun @adriansyahyasin, Selasa (25/4/2023).

Lantas, mengapa singkatan jabatan atau posisi di dalam TNI terbilang panjang dan sulit?

Baca juga: Terkait Oknum Prajurit Tendang Ibu-ibu, Lapor ke Mana Kalau Dapat Kekerasan dari Personel TNI?

Saat dikonfirmasi, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono mengatakan, Panglima TNI Yudo Margono turut memiliki pandangan serupa.

"Komentar yang sama oleh Panglima TNI Yudo Margono, sejak jadi Kasal (Kepala Staf Angkatan Laut) dan di setiap rapat-rapat TNI menyampaikan hal yang sama," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Julius melanjutkan, Panglima TNI juga sudah menginstruksikan untuk memangkas atau meringkas singkatan jabatan-jabatan tersebut.

"Sedang berjalan (pemangkasan jabatan)," kata Julius.

Adapun menurutnya, awal mula panjangnya singkatan-singkatan jabatan tersebut karena mengacu pada tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Dengan adanya singkatan yang lengkap, kata Julius, pejabat TNI beserta jajaran akan menjadi paham dengan tugasnya.

"Dan tidak terjadi duplikasi pekerjaan dengan instansi atau bagian lain," terangnya.

Baca juga: Viral, Video Oknum Prajurit Tendang Ibu-ibu, Ternyata Anggota Kopasgat TNI AU

Sempat menuai perhatian pada 2020

Sebagai informasi, Julius menyebut bahwa Kaur Daltrakkapor Bagdaladakapossatlap Subditbinkaporsatlap Ditbekangad adalah jabatan dalam matra AD.

"Jabatan dalam struktur Direktorat Perbekalan Angkutan Angkatan Darat," ungkapnya.

Diketahui, jabatan tersebut merupakan singkatan dari Kepala Urusan Kendali Kontrak Perlengkapan Perorangan Bagian Kendali Pengadaan Perlengkapan Organisasi Satuan Lapangan Subdirektorat Pembinaan Kontrak Perorangan Satuan Lapangan Direktorat Perbekalan Angkutan Angkatan Darat.

Sedangkan, Kapokbungprot, jabatan yang sempat menuai perhatian pada 2020, merupakan kependekan dari Kepala Kelompok Penghubung Protokol.

Viralnya singkatan ini usai Kapokbungprot Kapten Kavaleri Muhammad Dwi Djayanto diwawancarai terkait tugas dalam membantu Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) saat itu, Jenderal TNI Andika Perkasa.

Merujuk siaran YouTube TNI AD, Dwi Djayanto mengatakan bahwa tugas seorang Kapokbungprot adalah mengoordinasikan instansi terkait yang berhubungan dengan kegiatan pimpinan.

Bukan hanya itu, tugasnya juga mengoordinasikan rencana perjalanan atau rencana kegiatan yang akan dilakukan pimpinan.

"Tugas kami mengkoordinasikan kegiatan yang akan dilaksanakan maupun siapa saja personel yang akan ikut dalam kegiatan tersebut," jelas Kapten Dwi, pada 18 Oktober 2020 silam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
April 25, 2023 at 08:30PM
https://ift.tt/B0NQpyj

Singkatan Jabatan TNI Disebut Panjang dan Susah, Kapuspen: Komentar yang Sama oleh Panglima TNI - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/Y2M39i1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Singkatan Jabatan TNI Disebut Panjang dan Susah, Kapuspen: Komentar yang Sama oleh Panglima TNI - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.