Search

Survei Agoda Tunjukkan Seperti Apa Tren Wisata Indonesia - Travel Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Platform perjalanan digital Agoda melakukan survei untuk mengetahui seperti apa tren wisata saat ini, khususnya untuk wisatawan Indonesia. Seperti diketahui, Bali sudah kembali membuka aktivitas pariwisata untuk wisatawan domestik mulai 31 Juli 2020. Sejumlah destinasi wisata lain di berbagai daerah juga sudah kembali beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Country Director Agoda untuk Indonesia, Gede Gunawan mengatakan survei ini menunjukkan keinginan masyarakat Indonesia untuk berwisata tidak menyusut. "Mereka masih bersemangat menjelajah untuk mencari ketenangan dan relaksasi, menikmati kuliner, hingga mengunjungi destinasi terkenal," kata Gede Gunawan dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Senin 3 Agustus 2020.

Survei Agoda Go Local Travel ini menggandeng Kantar Profiles Network yang dilakukan pada Juni 2020. Lebih dari 1.200 orang di delapan negara, yakni Australia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Korea Selatan, Arab Saudi, Vietnam, dan Amerika Serikat, yang mengikuti survei ini.

Survei itu menunjukkan sebanyak 78 persen masyarakat Indonesia siap berwisata kembali, dengan lebih dari tiga perempatnya ingin mengunjungi dan lebih jauh menjelajah destinasi lokal. Artinya, delapan dari sepuluh wisatawan Indonesia sudah siap berwisata dan punya rencana berlibur.

Sebanyak 76 persen responden siap menjelajah kepulauan Indonesia dalam setahun ke depan. Mereka berencana mengunjungi destinasi wisata lokal, dengan Bali sebagai tujuan utama. Disusul Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Surabaya, di urutan berikutnya. Adapun pantai adalah destinasi wisata yang paling banyak dipilih.

Survei GoLocal Domestic Travel Agoda ini menunjukkan pergeseran tren, dari wisata luar negeri ke wisata domestik karena beberapa negara masih menutup perbatasannya. Secara keseluruhan, sebanyak 65 persen wisatawan ingin mengunjungi destinasi lokal dalam setahun ke depan. Dan wisatawan Vietnam, sebanyak 87 persen tercatat paling ingin bepergian, diikuti wisatawan Indonesia (76 persen), dan Amerika Serikat (74 persen).

Survei ini juga menunjukkan 44 persen wisatawan Indonesia paling nyaman bepergian dengan durasi perjalanan paling lama tiga hingga empat jam. Hanya 6 persen responden yang bersedia bepergian dengan perjalanan lebih dari delapan jam. Mengemudi kendaraan pribadi menjadi transportasi pilihan bagi 24 persen wisatawan Indonesia, sementara naik pesawat tetap menjadi pilihan teratas, yakni 57 persen.

Untuk menggairahkan kegiatan wisata, Agoda menggelar kompetisi fotografi Permata Kotaku Agoda yang mendapat dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kompetisi ini mengajak wisatawan berbagi foto yang menampilkan permata tersembunyi Indonesia di Instagram dengan tagar #Permatakotaku beserta alasan mengapa tempat ini harus dikunjungi.

"Kompetisi ini bertujuan mendorong lebih banyak orang berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia," kata Gede Gunawan. "Objek yang difoto bukan hanya destinasi wisata, melainkan apa saja 'permata' atau 'harta karun' tersembunyi di sekitar kita yang mungkin tidak banyak diketahui orang."

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
August 03, 2020 at 10:00PM
https://ift.tt/2D5IV5x

Survei Agoda Tunjukkan Seperti Apa Tren Wisata Indonesia - Travel Tempo.co
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Survei Agoda Tunjukkan Seperti Apa Tren Wisata Indonesia - Travel Tempo.co"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.