Search

Kian Berkontribusi, Tren Transaksi Digital Bank Mandiri Terus Meningkat - Keuangan Kontan

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transformasi digital telah menjadi sebuah keniscayaan bagi industri perbankan. Sedikit banyak, kontribusi digital bagi bisnis bank kian dirasakan.

Hal tersebut turut dirasakan oleh PT Bank Mandiri Tbk yang memiliki super app Livin' dan platform Kopra. Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, keduanya turut menopang pertumbuhan kinerja keuangan sepanjang tiga bulan pertama 2024 ini.

Ia merinci, Livin’ by Mandiri telah mampu mengelola 846 juta transaksi pada kuartal I-2024 atau meningkat 41,7% secara YoY dengan jumlah pengguna mencapai 24,4 juta, melesat 40% secara YoY.  

Baca Juga: Kredit Bank Mandiri (BMRI) Tumbuh 19,1% pada Kuartal I-2024

Adapun, nilai transaksi Livin’ by Mandiri pada periode tersebut telah menembus Rp 921 triliun yang juga tumbuh sebesar 27,4% bila dibandingkan dengan periode yang sama dengan tahun lalu. 

Lebih lanjut, Darmawan menyebutkan kehadiran Livin’ telah berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan non bunga perseroan. Ini tercermin dari fee based income (FBI) Livin’ by Mandiri sebesar Rp 557 miliar atau naik 25,5% secara YoY. 

Sedangkan untuk layanan Wholesale Digital Super Platform Kopra, Darmawan bilang platform tersebut secara konsisten terus tumbuh dengan mengelola Rp 4.773 triliun transaksi hingga kuartal I 2024.

Selain itu, pertumbuhan pengguna Kopra by Mandiri, juga meningkat lebih dari 2 kali lipat dalam satu tahun terakhir menjadi 200 ribu pengguna per akhir Maret 2024, dimana 93% dari giro dikontribusi oleh pengguna Kopra by Mandiri.

Baca Juga: Pinjaman Bank Masih Jadi Andalan Pendanaan Multifinance

Ia bilang kehadiran Livin’ dan Kopra juga turut menyumbang pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) khususnya dana murah yang signifikan. 

"Ini membuktikan bahwa transformasi digital yang dilakukan Bank Mandiri telah berhasil berkontribusi signifikan terhadap kinerja keuangan dengan tren yang terus membaik,” ujar Darmawan. 

Optimalisasi digital tersebut  berkontribusi pada pertumbuhan DPK konsolidasi Bank Mandiri yang mencapai 13% YoY dari Rp 1.391 triliun di kuartal I-2023 menjadi Rp 1.572 triliun di akhir kuartal I-2024. 

Pertumbuhan tersebut didorong oleh tabungan yang naik 10,6% YoY menjadi Rp 607 triliun secara konsolidasi.

Baca Juga: Menadah Saham-Saham yang Dilepas Investor Asing

Pada saat yang sama, berkat pemanfaatan Kopra by Mandiri, tren pertumbuhan giro Bank Mandiri pun ikut menanjak. Hingga akhir Kuartal I 2024, total giro Bank Mandiri secara konsolidasi berhasil tumbuh signifikan sebesar 16,4% secara tahunan mencapai Rp 562 triliun. 

Lewat digitalisasi serta optimalisasi layanan yang menyeluruh kepada nasabah, rasio dana murah atau current account saving account (CASA) bank only Bank Mandiri kini telah menyentuh 79,4% per Maret 2024, naik 22 bps secara YoY. 

"Posisi tersebut merupakan yang level tertinggi sejak Bank Mandiri didirikan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
April 30, 2024 at 06:43PM
https://ift.tt/AgdhTbv

Kian Berkontribusi, Tren Transaksi Digital Bank Mandiri Terus Meningkat - Keuangan Kontan
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/nYFLToC
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kian Berkontribusi, Tren Transaksi Digital Bank Mandiri Terus Meningkat - Keuangan Kontan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.