Search

Beroperasi Mulai 1 Mei 2024, KA Lodaya Gunakan Rangkaian Ekonomi New Generation Stainless Steel - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan KA Lodaya relasi Bandung-Solo Balapan dengan menggunakan jenis kereta eksekutif dan ekonomi stainless steel new generation.

Sarana baru ini akan digunakan mulai Rabu (1/5/2024) untuk KA (93) Lodaya relasi Solo Balapan–Bandung dan mulai Kamis (2/5/2024) untuk KA (92) Lodaya relasi Bandung-Solo Balapan.

KA Lodaya New Generation merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta stainless steel new generation periode 2023 sampai dengan 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji menuturkan bahwa pengoperasian kereta eksekutif dan ekonomi stainless steel new generation merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada para pelanggan.

“Ke depan, Kereta New Generation akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap,” ungkap Agus dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (26/4/2024).

Sebelumnya, KAI telah mengoperasikan Kereta Eksekutif New Generation pada KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan, KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan, KA Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta, dan KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasarturi.

Adapun kereta ekonomi stainless steel new generation sebelumnya yang sudah dioperasikan adalah KA Majapahit relasi Pasarsenen-Malang.

Vice President Public Realtion PT KAI, Joni Martinus mengatakan bahwa KA Lodaya termasuk ke dalam KA komersial yang memberlakukan tarif di antara batas bawah dan batas atas.

"KA Lodaya kelas eksekutif akan dijual dengan harga Rp 220.000-Rp 650.000, sementara untuk kelas ekonomi Rp 140.000-Rp 430.000," ungkap Joni saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/4/2024). 

Baca juga: Penjelasan KAI soal Nomor Kursi Kereta Tambahan Yogyakarta-Gambir New Generation yang Acak-acakan

Keunggulan KA Lodaya Ekonomi Stainless Steel New Generation

Agus menyebutkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kereta ekonomi stainless steel new generation.

Kereta jenis ini memiliki pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta menggunakan pintu elektrik otomatis.

Pintu elektrik otomatis akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi.

“Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan,” kata Agus.

PIDS akan membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi penting bagi pelanggan selama perjalanan.

Selain itu, jendela kereta stainless steel new generation juga telah diperbarui dari tempered glass menjadi tempered double glass.

Jendela dengan tempered double glass memiliki keunggulan seperti tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, dan dapat mereduksi kebisingan lebih baik.

Untuk kebutuhan mengisi daya gawai pelanggan, KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi, yaitu di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta.

Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch mereka tanpa khawatir kehabisan daya.

“Keunggulan lain pada kereta stainless steel new generation yaitu pada toilet di mana tersedia keran di bagian bawah untuk membasuh kaki saat wudu. Khusus di toilet wanita, KAI menambah meja lipat yang berfungsi untuk dudukan mengganti popok bayi,” jelas Agus.

Kereta makan di rangkaian new generation juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium.

Kereta makan akan didominasi dengan sentuhan kayu, kursi makan yang lebih empuk dan lembut, serta adanya PIDS.

Baca juga: Kereta Eksekutif New Generation KAI Bocor, Warganet: Ada Wahana Air Terjun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
April 26, 2024 at 08:00PM
https://ift.tt/eCTdBEr

Beroperasi Mulai 1 Mei 2024, KA Lodaya Gunakan Rangkaian Ekonomi New Generation Stainless Steel - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/JQaGAXd
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beroperasi Mulai 1 Mei 2024, KA Lodaya Gunakan Rangkaian Ekonomi New Generation Stainless Steel - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.