Search

Ditopang Tren Pemotongan Suku Bunga, Harga Emas Dunia Naik 0,19% - Medcom.Id

London: Harga emas dunia kembali bangkit merespons data dari ekonomi Amerika Serikat (AS) terkini. Harga emas dunia naik setelah muncul keyakinan The Fed akan melanjutkan kembali pemotongan suku bunga.
 
Melansir Investing.com, harga emas dunia acuan XAU/USD naik 0,19 persen ke level USD2.237 per ons pada pembukaan perdagangan Senin, 1 April 2024. Emas dunia sudah naik sebesar 13,48 persen dalam setahun.
 
Ahli strategi komoditas di TD Securities Daniel Ghali menjelaskan para pedagang mengatur posisi menjelang liburan dan mendorong aktivitas perdagangan hingga akhir bulan.
 
"Emas bisa naik lebih lanjut jika pasar mulai memperkirakan siklus pemotongan Fed yang lebih dalam, dan memiliki potensi untuk mempertahankan level tertinggi ini, namun kami melihat tanda-tanda kelelahan pembelian muncul dalam waktu dekat,” tambah Ghali, dilansir CNBC International, Senin, 1 April 2024.
Kepala Analis Pasar di Gainesville Coins Everett Millman mengatakan harga emas dunia juga naik karena fakta bahwa masih ada ketegangan geopolitik besar secara global yang dapat mendorong investor untuk beralih ke emas sebagai aset cadangan netral.

Tren inflasi melemah

Ekonom Oxford Economics Michael Pearce menjelaskan melonggarnya kondisi pasar tenaga kerja, ekspektasi inflasi yang stabil, dan kemungkinan disinflasi harga sewa di masa depan membuat tren inflasi masih akan sedikit lebih rendah sepanjang tahun ini.
 
Data terbaru telah menyebabkan beberapa pejabat Fed mempertanyakan prediksi para pengambil kebijakan mengenai penurunan suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun ini karena terbuka peluang The Fed memangkas suku bunga lebih jauh lagi.
 
"Dalam pandangan saya, adalah tepat untuk mengurangi jumlah penurunan suku bunga secara keseluruhan atau mendorongnya lebih jauh di masa depan sebagai respons terhadap data terbaru," kata Gubernur Fed Christopher Waller.
 
Departemen Perdagangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) naik pada tingkat tahunan sebesar 2,5 persen di Februari, naik 0,1 poin persentase dari bulan sebelumnya. Angka tersebut sejalan dengan perkiraan median dalam survei ekonom yang dilakukan oleh Dow Jones Newswires dan The Wall Street Journal.
 
Harga barang naik 0,5 persen bulan lalu, sementara biaya jasa naik 0,3 persen. Sebagian besar kenaikan harga barang di Februari berasal dari harga energi, yang naik 2,3 persen dari Januari. Secara bulanan, inflasi PCE sedikit berkurang dari Januari yang naik sebesar 0,3 persen.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
April 01, 2024 at 08:58AM
https://ift.tt/L7RDnXE

Ditopang Tren Pemotongan Suku Bunga, Harga Emas Dunia Naik 0,19% - Medcom.Id
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/CgRdtDy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ditopang Tren Pemotongan Suku Bunga, Harga Emas Dunia Naik 0,19% - Medcom.Id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.