Search

Sejarah Tren Pembekuan Sel Telur hingga Muncul 'Social Egg Freezing' - detikHealth

Jakarta -

Prosedur membekukan sel telur atau egg freezing sempat ramai dibicarakan. Sejumlah artis papan atas seperti Priyanka Chopra hingga Luna Maya melakukan prosedur ini demi mendapatkan keturunan.

Prosedur egg freezing, yang memiliki nama lain cryoreservation, merupakan salah satu teknologi preservasi fungsi reproduksi (fertility preservation). Menurut praktisi kesuburan RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Prof Dr dr Budi Wiweko, SpOG, Subsp. FER, MPH, teknologi ini sudah berkembang sejak 2005.

"Itu sebuah cabang dari kedokteran reproduksi yang memikirkan bagaimana seorang perempuan ataupun laki-laki, yang terancam fungsi reproduksinya, itu bisa tetap memiliki keturunan, dari genetiknya sendiri, baik sel telur maupun sperma," kata Prof Iko, sapaannya, dalam sesi bincang detikPagi, Senin (22/5/2023).

Prof Iko menuturkan, prosedur ini awalnya diperuntukkan bagi perempuan yang mengidap kanker. Ia menambahkan, kebanyakan pengidap kanker adalah perempuan yang memasuki usia subur atau di bawah 40 tahun.

"Di bawah 40 tahun, penderita cancer sangat tinggi. Contoh breast cancer (kanker payudara), kemudian leukemia, dan sebagainya," ujar Prof Iko.

Beberapa terapi untuk kanker seperti kemoterapi dan radiasi disebutnya berdampak pada fungsi reproduksi. Dampaknya, para perempuan penyintas kanker kerap kesulitan untuk punya anak.

"Oleh karena itu, berkembanglah fertility preservation," ucapnya.

Agar tetap punya peluang punya keturunan, pengidap kanker lalu membekukan sel telurnya sebelum menjalani kemoterapi atau terapi radiasi. Sel-sel telur diambil dari dalam tubuh lalu disimpan dalam suhu -110 derajat celcius.

"Pasca perempuan itu sembuh dari cancer, sehat kembali, dilakukan penanaman atau transplantasi indung telur, atau dilakukan teknologi reproduksi. Sehingga, bisa punya anak," sambungnya.

BACA JUGA

NEXT: Berkembang hingga muncul social egg freezing

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
May 22, 2023 at 07:01PM
https://ift.tt/pqawQm8

Sejarah Tren Pembekuan Sel Telur hingga Muncul 'Social Egg Freezing' - detikHealth
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/GXim7Vn
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejarah Tren Pembekuan Sel Telur hingga Muncul 'Social Egg Freezing' - detikHealth"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.