Search

Dikaitkan Tren Nonton Coldplay, Awas Keseringan FOMO Bisa Begini Efeknya - detikHealth

Jakarta -

Konser perdana Coldplay di Indonesia menjadi penantian panjang bagi para fans. Namun, adapula mereka yang mendadak tak mau ketinggalan menonton di tengah animo tinggi yakni orang-orang Fear of Missing Out atau FOMO.

FOMO merupakan istilah populer yang menunjukkan perasaan cemas pada seseorang ketika ketinggalan sesuatu yang menarik atau sedang tren sehingga dapat diabaikan. Menurut psikolog Ohana Space Arnold Lukito, M.Psi, kondisi ini sangat erat kaitannya dengan hal-hal viral di tengah masyarakat.

"Banyak masyarakat yang terpengaruh oleh hal-hal viral karena adanya keinginan untuk terlibat dalam suatu pengalaman yang sedang populer atau ramai dibicarakan," ucap Arnold pada detikcom, Selasa (16/5/2023).

Arnold menambahkan bahwa ada beberapa dampak yang bisa terjadi jika seseorang terlalu sering FOMO pada tren yang berkembang di masyarakat.

"Tanda-tanda FOMO parah dapat bervariasi antara tiap individu. Beberapa tanda yang mungkin terjadi bisa mencakup rasa gelisah, kecemasan yang berlebihan, kekhawatiran yang berlebihan, dan perasaan rendah diri," jelas Arnold.

"Bahkan juga bisa depresi ketika seseorang merasa bahwa mereka tidak dapat mengikuti tren atau pengalaman yang sedang viral, termasuk terkait konser Coldplay," sambungnya.

Menurutnya, dampak FOMO bisa dikatakan berlebihan bila sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Misalnya kehilangan nafsu makan, sulit tidur, hingga lebih mudah marah.

Walau begitu, Arnold mengingatkan bahwa FOMO bukanlah sebuah gangguan maupun diagnosa psikologis. Namun jika menimbulkan stres atau depresi, masyarakat disarankan untuk bertemu profesional kesehatan mental.

Cara Meredam Keseringan FOMO

Arnold membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredam keseringan FOMO berlebihan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Sadari diri: Menyadari bahwa FOMO adalah hal yang wajar, namun jangan sampai hal tersebut mengendalikan diri.

Menentukan prioritas: Fokus pada hal-hal yang memang lebih penting untuk hidup dan membuat diri bahagia, khususnya pada minat atau kegiatan yang memang disukai.

Membatasi media sosial: Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial atau coba mengikuti akun-akun yang memberikan konten positif dan bermanfaat.

Menjaga keseimbangan: FOMO kerap muncul ketika seseorang merasa kehilangan sesuatu yang menarik, tetapkan batasan dan alokasikan waktu pada hal yang lebih bermanfaat.

Mindful: Nikmati dan hargai apa yang dimiliki pada saat ini untuk mengurangi rasa takut tertinggal atau kehilangan.

Simak Video "Kata IDI Soal Pemanggilan Dokter Tanpa Gelar "
[Gambas:Video 20detik]
(avk/naf)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
May 18, 2023 at 12:23PM
https://ift.tt/uMRnebx

Dikaitkan Tren Nonton Coldplay, Awas Keseringan FOMO Bisa Begini Efeknya - detikHealth
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/gDdHr94
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dikaitkan Tren Nonton Coldplay, Awas Keseringan FOMO Bisa Begini Efeknya - detikHealth"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.