Search

Men Perm, Gaya Rambut Bak Gong Yoo yang Lagi Tren Buat Pria - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Gaya rambut perm atau keriting bergelombang seperti Gong Yoo jadi salah satu gaya rambut pria yang telah menjadi tren populer beberapa tahun terakhir.

Saking populernya, di media sosial TikTok, tagar #menperm yang mengacu pada tren gaya rambut perm (keriting) telah mengumpulkan lebih dari 20,7 juta penayangan.

Video-video itu biasanya dimulai dengan seorang pria yang duduk di kursi salon, yang diambil dari bahu ke atas. Kemudian, kamera akan mengelilingi kepalanya sebelum pengambilan terakhir rambut yang halus dan tebal yang dipernis dengan gaya boy group K-pop.

Setelah populer terutama di kalangan pria Korea dan Korea-Amerika, gaya rambut ini secara bertahap berkembang dalam empat tahun terakhir. Hal ini sebagian dikarenakan kebangkitan TikTok dan K-pop.

Meskipun gaya rambut ini bukanlah hal baru di Korea Selatan, namun perkembangannya yang lebih luas menandakan pergeseran penting dari awal tahun 2000-an, di mana istilah "metroseksual" yang digunakan untuk mendeskripsikan pria yang memiliki selera estetika menjadi populer.

Di Korea Selatan sendiri, standar kecantikan sangat erat kaitannya dengan industri musik.

"Dilambangkan dengan idola K-pop yang berkulit mulus, berpakaian rapi dengan rambut yang sempurna," ujar penulis S Heijin Lee, yang merupakan asisten profesor studi wanita, gender dan seksualitas di Universitas Hawaii di Manoa, yang meneliti budaya pop Korea, kecantikan dan media digital, melansir New York Times.

Fitur-fitur yang dipuja tersebut, atau, dalam hal ini, rambut pria, kemudian disebarkan melalui media sosial.

Brendan Noji (25) seorang pekerja layanan remaja yang tinggal di Los Angeles, AS, menemukan gaya rambut ini melalui internet selama masa karantina pada masa-masa awal pandemi.

Sebelum menuju ke salon untuk mencoba gaya rambut perm, ia mengumpulkan beberapa referensi yang mencakup aktor Gong Yoo, aktor serial Pachinko Lee Minho, dan member boy group K-pop BTS.

Seperti apa sih gaya rambut perm ala Korea?

Gaya rambut perm tentu sudah tidak asing lagi bagi budaya pop. Tahun 80-an adalah salah satu dekade yang paling berkesan untuk tren rambut di Amerika Serikat (AS). Dulu rambut perm terlihat seperti gaya rambut ikal yang kaku dan seperti membutuhkan pelembap.

Tidak seperti gaya rambut perm yang dikenal di AS, gaya rambut perm di Korea adalah gaya rambut yang lebih halus yang tampak alami.

Gaya rambut perm Korea, di mana perm adalah kependekan dari permanent wave, memiliki keistimewaan tersendiri karena alasan lain, yakni ikal bagian atasnya lembut dan longgar, gaya rambutnya luwes dan dapat disisir atau didandani dengan poni, dan bagian samping dan belakang kepala dipangkas pendek dengan clipper dan gunting.

Dengan biaya lebih, seseorang dapat memilih teknik down perm, yang melemaskan dan meratakan helai rambut yang membandel dan menonjol, menciptakan penampilan rambut yang lebih halus.

Meskipun tidak jelas dari mana gaya pengeritingan rambut modern ini berasal, beberapa selebriti pria Korea yang paling terkenal, termasuk pemain sepak bola Ahn Jung Hwan dan bintang K-drama Winter Sonata Bae Yong Joon, secara luas dianggap berjasa dalam mempopulerkan gaya rambut ini pada awal tahun 2000-an.

Sejak saat itu, "berbagai gaya wave perm", istilah lain untuk menyebut gaya rambut ini, telah muncul, termasuk gaya yang sedang populer di kalangan Gen Z dan milenial saat ini. Hal ini disampaikan oleh Mujin Choi, penata rambut asal Korea Selatan yang pernah bekerja sama dengan BTS.

Tak melulu soal penampilan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
May 10, 2023 at 03:30PM
https://ift.tt/16I0rWB

Men Perm, Gaya Rambut Bak Gong Yoo yang Lagi Tren Buat Pria - CNN Indonesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/jlDp2SZ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Men Perm, Gaya Rambut Bak Gong Yoo yang Lagi Tren Buat Pria - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.