Search

Terpopuler - Menkeu AS Sebut Bisa ada Pakta Fase II

INILAHCOM, Washington - Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada hari Rabu bahwa kesepakatan perdagangan "Tahap Dua" di masa depan dengan China akan mengurangi tarif AS untuk barang-barang yang dibeli dari Beijing. Bahkan jika putaran kedua negosiasi itu sendiri tersegmentasi menjadi beberapa putaran.

"Sama seperti dalam kesepakatan ini ada rollback tertentu, di 'Fase Dua' akan ada rollback tambahan," katanya kepada CNBC. "Ini benar-benar hanya masalah - dan kami sudah katakan sebelumnya - Fase Dua mungkin 2A, 2B, 2C. Kita lihat saja nanti."

"Langkah pertama benar-benar fokus pada penegakan, tetapi ini memberi China insentif besar untuk kembali ke meja dan menyetujui masalah tambahan yang masih belum terselesaikan," tambahnya seperti mengutip cnbc.com.

Mnuchin bergabung dengan CNBC beberapa jam sebelum para perunding top Amerika dan China diperkirakan akan menandatangani kesepakatan "Fase Satu" utama yang diharapkan mencakup perjanjian oleh China untuk membeli sekitar US$200 miliar barang AS selama dua tahun.

Namun kesepakatan itu juga diharapkan dapat menurunkan hambatan struktural bagi perusahaan-perusahaan Amerika yang berharap untuk melakukan bisnis di China. Secara khusus, pakta tersebut dikatakan untuk mengatasi masalah para eksekutif AS yang telah lama mengeluh bahwa mereka secara rutin ditekan, jika tidak secara paksa dipaksa, untuk berbagi teknologi utama dalam pertukaran untuk akses pasar.

Meskipun Beijing membantah memaksa perusahaan asing untuk menyerahkan teknologi miliknya, perusahaan-perusahaan Amerika mengatakan mereka sering dipaksa untuk berbagi rahasia bisnis melalui taktik backdoor seperti usaha patungan.

Praktik semacam itu, dikombinasikan dengan kebijakan Beijing untuk mensubsidi bisnis dalam negeri, dapat membangun saingan kompetitif bagi perusahaan-perusahaan Amerika yang tampaknya hanya dalam semalam.

Salah satu masalah paling sulit antara AS dan China selama dua tahun terakhir, tuduhan transfer teknologi paksa dan pencurian kekayaan intelektual harus diperbaiki dalam kesepakatan tahap pertama, kata Mnuchin.

"Ini bukan masalah penerimaan, itu pertanyaan tentang apa yang akan mereka lakukan," kata Menteri Keuangan. "Dan Cina telah sepakat untuk menyusun undang-undang yang sangat signifikan untuk mengubah peraturan dan regulasi dan telah membuat komitmen yang sangat kuat kepada perusahaan kami bahwa tidak akan ada teknologi yang dipaksakan untuk maju."

Masalah lain yang diperkirakan akan ditangani dalam kesepakatan itu termasuk penyalahgunaan properti intelektual terkait farmasi dan akses bagi perusahaan keuangan A.S. ke pasar Tiongkok. Rasa cemas itu membantu mendorong Trump untuk memulai perang dagang dengan Cina hampir dua tahun lalu, ketika ia pertama kali mengumumkan tarif baja dan aluminium impor.

"Saya pikir [ini] merupakan kemenangan besar bagi perusahaan teknologi kami, untuk bisnis kami dan untuk pekerja Amerika," tambah Munchin. Lebih lanjut, jika Beijing gagal mematuhi ketentuan Fase Satu, Mnuchin mengatakan Presiden Donald Trump selalu dapat memberlakukan kembali atau menaikkan tarif impor Tiongkok.

Perseteruan antara dua ekonomi terbesar di dunia telah mengakibatkan masing-masing pihak menampar pungutan impor bernilai miliaran dolar dan memaksa perusahaan-perusahaan besar Amerika menggeser rantai pasokan ke seluruh Asia.

Para petani AS, khususnya, sangat terpukul dari sengketa perdagangan setelah China mulai membeli kedelai dan komoditas pertanian lainnya dari Brasil dan negara-negara Amerika Selatan lainnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Menkeu AS Sebut Bisa ada Pakta Fase II : https://ift.tt/2sqHid5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Menkeu AS Sebut Bisa ada Pakta Fase II"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.