Search

Terpopuler - Inilah Indikator Dampak Koronavirus Bagi China

INILAHCOM, Beijing - Tingkat keparahan penyebaran wabah koronavirus yang cepat di Tiongkok yang merenggut lebih dari selusin nyawa masih belum diketahui.

Namun penyebarannya hanya akan lebih jelas setelah liburan Tahun Baru Imlek, kata David Roche dari Strategi Independen. Ratusan juta orang Tiongkok akan melakukan perjalanan selama periode liburan selama seminggu saat China merayakan Festival Musim Semi.

"Kabar buruknya adalah bahwa yang terburuk belum datang, karena jumlah infeksi baru masih meningkat," kata Larry Hu, ekonom di Macquarie Capital seperti mengutip cnbc.com.

Masih banyak yang tidak diketahui tentang virus baru misterius yang telah menewaskan 17 orang sejauh ini dan menginfeksi hampir 600 lainnya di seluruh dunia. Penyakit ini, pertama kali ditemukan di kota Wuhan di China, telah menyebar ke Beijing, Shanghai dan kota-kota berpenduduk lainnya di negara itu.

Kasus-kasus di Thailand, Jepang, Korea Selatan dan bahkan Amerika Serikat, juga telah ditemukan.

Organisasi Kesehatan Dunia akan bersidang lagi pada hari Kamis, sehari setelah memutuskan untuk tidak menetapkan wabah virus sebagai darurat kesehatan global. "Kami belum benar-benar mengetahui karakteristik virus ini," David Roche dari Independent Strategy mengatakan pada hari Kamis.

Dia menunjukkan bahwa satu pertanyaan penting adalah apakah wabah akan berubah menjadi pandemi. "Untuk mendapatkan pandemi, Anda benar-benar harus memiliki infeksi yang mematikan untuk menjadi eksponensial, banyak dari kasus-kasus baru ini karena pelaporan yang lebih ketat, belum tentu tingkat infeksi. Jadi kami benar-benar tidak tahu sejauh mana tingkat penularan," katanya.

"Jawabannya adalah menunggu sampai Tahun Baru Imlek, kita akan mengetahui tingkat, kecepatan dan luasnya infeksi oleh virus ini, dan mendapatkan gagasan yang jauh lebih jelas tentang kematian," katanya.

"Ini ketika orang-orang kembali (setelah Tahun Baru Imlek), itulah titik rawannya, dalam hal penyebaran virus, penularan, dan kematian."

Tiongkok Daratan: 571
Hong Kong: 2
Makau: 1
Taiwan: 1
Korea Selatan: 1
Jepang: 1
Thailand: 4
Amerika Serikat: 1

* Kota atau provinsi Tiongkok dengan kasus yang dilaporkan termasuk Wuhan (Hubei), Beijing, Shanghai, Zhejiang, Guangdong, Hebei, Liaoning, Jiangsu, Fujian.

Karakteristik lain yang dimaksud adalah angka kematian. "Anda harus memiliki angka kematian yang sangat tinggi untuk benar-benar menciptakan pandemi. Di SARS, itu mencapai 60%, 70%, 80% pada satu titik. Sejauh ini angka kematian di sini adalah 3,4%, yang rendah," kata Roche, menggambar perbandingan dengan sindrom pernafasan akut yang parah, epidemi mematikan yang terjadi antara tahun 2002 dan 2003.

Coronavirus baru, yang dapat menyebabkan jenis pneumonia, telah memicu alarm karena berasal dari keluarga virus yang sama dengan SARS, yang menewaskan hampir 800 orang.

Wabah baru ini pertama kali dilaporkan pada akhir Desember dan diperkirakan berasal dari pasar grosir makanan laut di kota Cina, Wuhan. Pejabat telah mengkonfirmasi virus baru dapat menyebar di antara manusia, dan Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan tampaknya wabah dimulai pada sumber hewan.

Seorang penduduk AS yang kembali dari Tiongkok termasuk di antara mereka yang didiagnosis dengan coronavirus Wuhan.

Berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Presiden AS Donald Trump mengatakan: "Kami memilikinya sepenuhnya terkendali. Ini satu orang yang datang dari Tiongkok. Kami memilikinya di bawah kendali. Ini akan baik-baik saja."

Jumlah infeksi baru akan meningkat lebih lanjut mengingat virus memiliki masa inkubasi dua minggu, kata Hu Macquarie dalam sebuah catatan. "Pelajaran dari SARS menunjukkan bahwa titik balik sentimen akan datang hanya setelah jumlah infeksi baru mulai turun."

Selain itu, "gerakan orang terbesar di planet ini" sedang berlangsung, Hu mengatakan merujuk pada perjalanan luas selama perayaan Tahun Baru Imlek.

Jumlah pelancong telah meningkat beberapa kali di China, dibandingkan dengan 17 tahun yang lalu selama SARS, Hu menambahkan, semakin memperparah risiko infeksi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Terpopuler - Inilah Indikator Dampak Koronavirus Bagi China : https://ift.tt/3aPD7c7

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terpopuler - Inilah Indikator Dampak Koronavirus Bagi China"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.