Search

UMKM Harus Beradaptasi dengan Perubahan Teknologi dan Tren Pasar - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

Pangkalpinang - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Bangka Belitung berkolaborasi bersama Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelatihan onboarding kepada ratusan UMKM di Kantor Perwakilan BI Babel, Kamis (30/05/24).

Pelatihan yang merupakan rangkaian dari kegiatan Explore Babel 2024 ini dibuka oleh Deputi Kepala BI Kantor Perwakilan Bangka Belitung, Nurfadilah dan dihadiri Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Babel, Riza Aryani.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Prov Kep Bangka Belitung, mengtakan UMKM harus siap beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tren pasar. Sehingga UMKM bisa tetap kompetitif dan relelvan dalam lingkungan digital.

"UMKM harus beradaptask dengan teknologi dan ikuti tren pasar. Jadi terus lah belajar dan berinovasi agar tetap mampu bersaing dan tidak tertinggal," katanya saat memberikan arahan pada acara pelatihan onboarding UMKM di Kantor BI Babel, Kamis (30/05/24).

Plt Kadis KUKM menyatakan bahwa pemerintah telah memberikan berbagai dukungan kepada UMKM dalam upaya untuk mendorong pertumbuhan sektor ini, yang dianggap sebagai tulang punggung ekonomi dan pencipta lapangan kerja. Beberapa bentuk dukungan yang biasa diberikan antara lain kemudahan akses pembiayaan, pelatihan dan pendidikan, fasilitas dan infrastruktur, promosi dan pemasaran, pemberian subsidi dan bantuan.

"Pemerintah terus mendukung kemajuan UMKM dengan memberikan  kemudahan akses pembiayaan, pelatihan dan pendidikan, fasilitas dan infrastruktur, promosi dan pemasaran, pemberian subsidi dan bantuan," ucapnya.

Ditambahkanya, dalam rangka transformasi digital serta menghadapi dampak revolusi industri 4.0, UMKM perlu mengadopsi pendekatan adaptif dan proaktif. UMKM harus berinvestasi dalam literasi digital, berinovasi dalam model bisnis, dan menjalin kemitraan yang tepat untuk memaksimalkan manfaat dari perkembangan teknologi ini. 

"Pemerintah dan pemangku kepentingan lain juga memiliki peran penting dalam memberikan dukungan, pelatihan, dan infrastruktur yang dibutuhkan oleh UMKM untuk menghadapi tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh revolusi industri 4.0. Pelatihan onboarding hari ini sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk kemajuan UMKM," sebutnya.

Guna mendorong onboarding UMKM , menurutnya ada beberapa poin penting  yang harus dilakukan UMKM, yakni UMKM harus mengenal dan memahami berbagai platform fintech yang tersedia, seperti aplikasi pembayaran digital, qris. UMKM perlu menguasai alat-alat digital untuk pengelolaan keuangan. UMKM juga harus familiar dengan platform e-commerce dan pasar online untuk mempromosikan dan menjual produk mereka secara digital. 

"UMKM harus meningkatkan pengetahuan literasi digital dan UMKM harus siap untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tren pasar," ujarnya.

Diakhir arahanya, Plt Kadis mengajak semua pihak untuk meningkatkan perhatian terhadap program onboarding UMKM guna mendorong pertumbuhan bisnis UMKM yang berkelanjutan.

"Mari kita sama-sama dorong UMKM untuk onboarding ke digital agar mereka semakin maju dan bisnisnya terus berlanjut," tutupnya.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
May 30, 2024 at 01:05AM
https://ift.tt/hsHbkva

UMKM Harus Beradaptasi dengan Perubahan Teknologi dan Tren Pasar - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/8pkIhLU
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "UMKM Harus Beradaptasi dengan Perubahan Teknologi dan Tren Pasar - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.