Search

HIPMI Harap Pejabat Sektor Energi di Pemerintahan Prabowo Paham Tren Global - detikNews

Jakarta -

Presiden Indonesia terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang tersedia. Sehingga, program kampanye yang dicanangkan Prabowo bisa terealisasi.

Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Anggawira mengatakan ketidakpastian global seperti sekarang ini menimbulkan masalah dari sisi energi. Sehingga, Indonesia, kata Anggawira, harus punya kemandirian domestik.

"Jadi (Indonesia) harus punya kemandirian domestik," kata Anggawira dalam keterangannya, Minggu (2/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anggawira menambahkan kunci industrialisasi dan hilirisasi itu ketersediaan energi. Ketersediaan energinya,jelas Anggawira, harus adaptif dan affordable karena biaya energi jadi biaya dominan membangun industri.

"Jadi sebenarnya ketika pemerintah concern mampu lakukan terobosan dan penghematan, misalnya ada sumber LNG (gas alam cair) bagus tapi kenapa 20 tahun terakhir pembangunan jaringan gas nggak pernah dieksekusi komprehensif. Padahal kalau dilakukan kita akan menghemat subsidi LPG yang makin bengkak. Jadi saya rasa itu strategi juga," ucap Anggawira.

ADVERTISEMENT

Anggawira menilai Indonesia sangat potensial mewujudkan kemandirian energi. Sebab Indonesia kaya akan SDA seperti minyak bumi dan panas bumi. Namun pemerintah mesti memanfaatkan ketersediaan SDA dengan baik.

"Sebenarnya kalau dari sisi energi, kita ini boleh dibilang punya berbagai macam sumber daya untuk membangun kemandiriannya, hanya tinggal mampu nggak pemerintah mengakselerasi potensi yang dimiliki SDA kita karena tentu pilihan-pilihan ini sangat bergantung pada kapasitas pimpinan seperti menterinya," ujar Anggawira.

Oleh karena itu, Anggawira berharap Prabowo menempatkan individu yang kompeten di bidang energi. Individu tersebut wajib memahami perkembangan isu global.

"Jadi memang ketika kita bicara pejabat dan pengambil kebijakan di sektor energi harapannya benar-benar orang yang memahami komprehensif tren global juga secara keilmuan dan bisnis," ujar Anggawira.

Anggawira juga berharap individu itu punya keberanian mengambil keputusan berat sekaligus berinovasi. "Karena kalau nggak ada keputusan dan resiko diambil dengan cepat kita akan ketinggalan," lanjut Anggawira.

Diketahui, salah satu program kampanye PrabowoSubianto berjanji akan menciptakan bahan bakarB100yang bersumber darisingkonghinggatebu. Cita-cita mulia ini bertujuan agar Indonesia tak mengimpor BBM Solar dari luar negeri.

Anggawira berpesan perlunya riset yang memadai. Salah satunya guna memastikan kesesuaian antara bahan bakar alternatif dengan mesin yang dipakai.

"Pak Prabowo kan bicara soal peningkatan B30 hingga B100. Itu kan tentunya harus ada RnD nya (riset dan pengembangan) dan disesuaikan dengan mesinnya. Jangan sampai kita bisa produksi minyak sampai B100 dengan sawit dan etanol tapi cocok nggak dengan mesin-mesinnya? Itu PR-nya," ucap Anggawira.

Anggawira mengatakan Prabowo menegaskan komitmennya untuk membawa Indonesia menuju swasembada energi terbarukan yang bersumber dari tanaman seperti kelapa sawit, tebu hingga singkong yang tumbuh subur di tanah air. Prabowo mengatakan bahwa energi terbarukan yang bersumber dari tanaman sangat baik karena tidak membuat polusi sekaligus mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap energi fosil yang tidak ramah lingkungan.

Prabowo, kata Anggawira, menyampaikan dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia mampu mengubah BBM jenis biodiesel seluruhnya berbahan baku dari kelapa sawit yang bertujuan untuk menghentikan impor bahan bakar dari luar negeri.

(isa/isa)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
June 02, 2024 at 12:56AM
https://ift.tt/j0r4RdJ

HIPMI Harap Pejabat Sektor Energi di Pemerintahan Prabowo Paham Tren Global - detikNews
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/HKtsZig
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "HIPMI Harap Pejabat Sektor Energi di Pemerintahan Prabowo Paham Tren Global - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.