Search

Rayakan Anniversary ke-11, Ini 6 Tren Kpop yang Dipelopori BTS - Liputan6.com

3. Lagu dan MV penuh teori rumit

Setiap lagu dan musik video (MV) yang mereka rilis selalu menghadirkan alur cerita yang rumit. Para fans yang penasaran pun berlomba membuat teori sendiri dengan menghubungkan beberapa clue dari MV.

BTS juga telah menciptakan dunia fiksi mereka sendiri yang dikenal sebagai Bangtan Universe (BU) yang berkaitan dengan HYYH Trilogy. Setiap anggota memiliki alur cerita fiksi mereka sendiri yang berevolusi dengan setiap rilisan baru.

Saking populernya, HYYH pun dibuat bersi drama dengan judul Begins ≠ Youth (2024). Mengikuti kesuksesan BU, beberapa grup pun mulai memperkenalkan alam semesta mereka sendiri.

4. Rilis musik pada Jumat siang

Umumnya, grup Kpop akan merilis musik pada pukul 18.00 waktu setempat. Ini dimaksudkan agar lagu yang baru dirilis bisa menjangkau pendengar lebih banyak, sehingga berpengaruh pada kinerja tangga lagu terbaik di platform musik Korea Selatan.

Namun, BTS berani keluar dari kebiasaan tersebut. BTS pun memilih merilis musik pada Jumat pukul 13.00 waktu setempat. Keputusan ini menyusul kepopuleran mereka yang semakin meningkat di AS.

Berkat trik ini, BTS beberapa kali berhasil menjebol tangga lagu dunia. Tak lama setelah itu, beberapa grup Kpop mulai mengikuti jejak BTS dengan merilis musik baru pada Jumat siang.

5. Jadi bintang tamu di acara talkshow Amerika Serikat

Dari sekian banyaknya acara talkshow populer di AS, hampir semuanya pernah didatangi BTS sebagai bintang tamu. Mereka bahkan juga telah tampil di sejumlah acara penghargaan musik bergengsi dunia.

Hal tersebut sekaligus menjadikan BTS sebagai grup pertama yang tampil di acara bincang-bincang AS. Pada 2018, BTS adalah artis Kpop pertama yang pernah melakukan wawancara dengan Grammy Museum. Setelah itu, beberapa grup Kpop lain pun mengikuti.

6. Video musik Halloween

Pesta Halloween selalu menjadi hal umum di industri K-pop. SM Entertainment menjadi yang paling terkenal di dunia K-pop yang kerap menggelar pesta tersebut.

BTS, di sisi lain, memperkenalkan cara baru untuk memberi penghargaan kepada penggemar dengan merilis video dance practice atau dance performance dengan kostum Halloween. Mereka akan bersenang-senang dan berdandan sebagai karakter yang berbeda dan menampilkan koreografi hit terbaru mereka.

Setelah itu, banyak grup Kpop lain yang telah mengikuti tren ini dengan merilis video mereka sendiri. Namun, tren Kpop yang dipelopori BTS ini sudah tak lagi dilakukan oleh RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

Penulis: Resla

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
June 11, 2024 at 09:33PM
https://ift.tt/MNjosmk

Rayakan Anniversary ke-11, Ini 6 Tren Kpop yang Dipelopori BTS - Liputan6.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/MV9hTlS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rayakan Anniversary ke-11, Ini 6 Tren Kpop yang Dipelopori BTS - Liputan6.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.