Search

BNI (BBNI) Rilis Kinerja Mei, Begini Tren Kredit hingga Laba - Investor.ID

JAKARTA, investor.id – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) atau BNI telah merilis kinerja keuangan hingga Mei 2024. Hasilnya, kredit melaju kencang, sedangkan laba masih tetap bertumbuh kendati tertekan beban bunga.

Mengacu laporan keuangan Mei 2024, kredit yang diberikan BNI tercatat mencapai Rp 708,89 triliun. Nilai ini masih dalam rentang pertumbuhan tinggi sebesar 12,62% secara tahunan (yoy) dan 0,95% secara bulanan (mtm). Tetapi lebih rendah dibandingkan tren bulan lalu, dimana kredit naik 12,90% (yoy) dan 1,21% (mtm).

Kinerja kredit bank dengan jargon ‘Melayani Negeri, Kebanggan Bangsa’ ini masih lebih tinggi dari rata-rata perbankan nasional. Merujuk laporan Bank Indonesia (BI), kredit perbankan pada Mei 2024 tumbuh sebesar 12,15% atau lebih lambat dari bulan sebelumnya sebesar 13,09%, yang disebut sebagai pertumbuhan kredit tertinggi sektor perbankan selama lima tahun terakhir.

Advertisement

Dari penggelontoran kredit yang ada, BNI meraup pendapatan bunga sebesar Rp 26,09 triliun atau meningkat 4,82% (yoy) pada Mei 2024. Sayangnya, beban bunga bergerak jauh lebih agresif sampai dengan 36,76% (yoy) menjadi Rp 10,80 triliun.

Emiten bersandi BBNI ini telah menerangkan bahwa tren biaya dana pihak ketiga (cost of third-party funds) memang terus menanjak sejak akhir 2022 sampai saat ini. Rata-rata biaya DPK dari BBNI telah meningkat 139 basis poin (bps) dari posisi 1,40% pada kuartal III-2022 menjadi sebesar 2,79% per kuartal I-2024.

Peningkatan biaya dana itu selaras dengan penaikan BI Rate yang dimulai pada Agustus 2022 hingga saat ini sebesar 275 basis poin, dari posisi sebelumnya 3,50% menjadi sebesar 6,25%. Hal tersebut juga yang pada gilirannya menggerus pendapatan bunga bersih alias net interest income (NII), sehingga ambles pada Mei 2024 kemarin. NII dari BNI tercatat susut 10,04% (yoy) menjadi sebesar Rp 15,28 triliun.

Kabar baiknya, beban operasional lainnya cenderung tercatat lebih rendah atau turun 23,90% (yoy) menjadi Rp 5,05 triliun. Hal ini utamanya didukung kerugian penurunan nilai wajar aset keuangan dan pos beban impairment yang berhasil ditekan cukup dalam. Sedangkan pendapatan dari pos komisi/provisi/dan fee administrasi tetap bertumbuh positif.

Laba Bersih dan CASA

Editor: Prisma Ardianto (redaksi@b-universe.id)

Follow Channel Telegram Official kami untuk update artikel-artikel investor.id

Follow

Baca Berita Lainnya di Google News

Read Now
IDTV Link
LIVE STREAMING

Saksikan tayangan informasi serta analisis ekonomi, keuangan, dan pasar modal di IDTV

BAGIKAN

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
June 24, 2024 at 08:00AM
https://ift.tt/hsxqGWi

BNI (BBNI) Rilis Kinerja Mei, Begini Tren Kredit hingga Laba - Investor.ID
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/GY6lDqu
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BNI (BBNI) Rilis Kinerja Mei, Begini Tren Kredit hingga Laba - Investor.ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.