Search

Tren Naik Tenaga Kerja Lokal di Berau, Angkanya Sudah Mencapai 60 Persen - Prokal - Prokal.co

Prokal.co - TANJUNG REDEB – Tren jumlah tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau menunjukkan peningkatan. Hingga April 2024 terdata 29.728 tenaga kerja lokal. Jumlah itu mengalami peningkatan dari data sebelumnya pada November 2023 yakni 28.751 orang.

“Ini adalah data berdasarkan dari perusahaan yang melapor ke kita (Disnakertrans),” jelas Kepala Bidang Perluasan dan Penempatan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Dewi Rakhmasari.

Sesuai laporan perusahaan tersebut, lanjut dia, total keseluruhan tenaga kerja yang dihimpun sampai saat ini, termasuk tenaga kerja lokal, mencapai 51.343 orang. “Dari jumlah itu, persentase tenaga kerja lokal sebesar 60 persen yang telah bekerja di Kabupaten Berau,” ucapnya.

Selain itu, terdapat tenaga kerja antarkerja antardaerah (AKAD) dan antarkerja lokal (AKL) dengan persentase di bawah tenaga kerja lokal.

“Tenaga kerja keseluruhan 51.343 orang. Tenaga kerja lokal 29.728 orang. Lokal 60 persen, AKAD 29 persen, dan AKL 11 persen,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Disnakertrans Berau Zulkifli Azhari menegaskan kehadiran tenaga kerja lokal tentu menguntungkan perusahaan. “Kalau perusahaan ambil karyawan lokal, sebenarnya perusahaan akan lebih diuntungkan. Sebab tidak perlu siapkan tempat tinggal, biaya transportasi, dan sebagainya,” ucapnya.

Dengan beberapa keuntungan itu, tambah dia, perusahaan mesti mempertimbangkan dengan baik kehadiran tenaga kerja lokal tersebut, sehingga para tenaga kerja lokal bisa mendapatkan pekerjaan di wilayahnya sendiri.

“Selain tenaga kerja lokal siap dengan skill-nya, perusahaan juga harus punya kesadaran mau menerima tenaga kerja lokal,” bebernya.

Dia selalu mengingatkan kepada seluruh perusahaan di Berau untuk bisa tetap memprioritaskan para tenaga kerja lokal. Apalagi yang memiliki kemampuan yang sama, maka seharusnya mengutamakan pekerja lokal.

“Aturannya juga sudah jelas tentang hal ini (utamakan tenaga kerja lokal),” ujarnya. (aky/far/k16)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
May 27, 2024 at 05:35PM
https://ift.tt/zf5SWQD

Tren Naik Tenaga Kerja Lokal di Berau, Angkanya Sudah Mencapai 60 Persen - Prokal - Prokal.co
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/NSk4jxu
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Naik Tenaga Kerja Lokal di Berau, Angkanya Sudah Mencapai 60 Persen - Prokal - Prokal.co"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.