Search

Dermatolog Syok Bocah Umur 11 Pakai Retinol, Ingin Awet Muda gegara Tren TikTok - detikHealth

Jakarta -

Perawatan kulit memang idealnya dimulai sedini mungkin untuk menghindari efek penuaan dini. Salah satu skincare yang direkomendasikan untuk melawan garis-garis halus tanda penuaan adalah kosmetik yang mengandung bahan aktif retinol.

Tren perawatan kecantikan saat ini mulai banyak diminati oleh remaja. Sayangnya bahan aktif seperti retinol belum disarankan oleh kelompok berusia belasan tahun.

Dermatolog Dr Brooke Jeffy menceritakan pengalamannya menangani seorang pasien, sekitar usia 11 tahun, yang mengalami ruam parah di sekitar matanya akibat retinol, bahan yang dikenal sebagai anti-penuaan, yang menurutnya bersikeras untuk digunakan oleh anak tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ruam ini telah berlangsung begitu lama dan sangat intens, mungkin memerlukan waktu setidaknya satu bulan, atau bahkan lebih, untuk sembuh total. Semuanya karena mencoba menggunakan produk anti-penuaan yang tidak dia perlukan," katanya kepada USA Today.

Kini, Jeffy dan dokter kulit lainnya menyuarakan peringatan terhadap budaya kecantikan yang memaksakan produk-produk yang tidak diperlukan, serta ketakutan akan penuaan pada anak-anak yang bahkan terlalu muda untuk mengemudi.

ADVERTISEMENT

Jeffy mengatakan dia melihat anak-anak menggunakan hingga delapan produk setiap pagi. Di TikTok, tempat dia membuat video tentang bahaya perawatan kulit orang dewasa bagi anak-anak, dia melihat beberapa rutinitas selama 12 langkah.

Bahan-bahan yang menjadi penyebab utama kerusakan kulit anak-anak, katanya, adalah retinol, asam pengelupas kulit dan pewangi, yang dapat menyebabkan iritasi dan berkembangnya alergi kontak. Anak yang sudah menggunakan retinol akan lebih rentan terhadap iritasi. Perlindungan kulitnya juga buruk terhadap sinar matahari.

Untuk tujuan anti-penuaan, retinol tidak diperlukan bagi mereka yang belum mencapai usia dua puluhan.

"Jika berusia di bawah 20 tahun, tidak perlu mengganti dan mencoba menghasilkan kolagen baru dari sudut pandang anti penuaan," tegasnya.

Satu-satunya perawatan kulit yang dibutuhkan anak adalah pembersih lembut, pelembab ringan, dan tabir surya. Jika seorang anak memiliki kondisi yang memerlukan pengobatan dengan produk tambahan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit bersertifikat terlebih dahulu.

Simak Video "KuTips: 3 Saran Dokter Kulit untuk Obati Jerawat pada Remaja"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/suc)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
May 20, 2024 at 07:00PM
https://ift.tt/eTNoDA0

Dermatolog Syok Bocah Umur 11 Pakai Retinol, Ingin Awet Muda gegara Tren TikTok - detikHealth
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/6YjiwQG
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dermatolog Syok Bocah Umur 11 Pakai Retinol, Ingin Awet Muda gegara Tren TikTok - detikHealth"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.