INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) meminta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan bank penerbit kartu ATM/debit lain, mempercepat migrasi ke teknologi chip. Keamanannya lebih terjamin.
Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto di Jakarta, Jumat (16/3/2018), mengatakan, kasus skimming data nasabah BRI melalui kartu debit di Kediri, Jawa Timur, harus menjadi pelajaran bagi perbankan.
Bahwa, industri perbankan perlu terus memutakhirkan standar teknologi keamanan dalam layanan sistem pembayaran. "Kita sudah (panggil). Kita minta BRI percepat migrasi ke chip," kata Erwin.
Erwin mengatakan, berdasarkan keterangan BRI yang berkode saham BBRI itu, kasus skimming tersebut terjadi pada nasabah Simpedes BRI yang menggunakan kartu debit dengan ketentuan saldo di bawah Rp5 juta.
Di mana, kartu debit dengan saldo sebesar itu, masih diperkenankan menggunakan pita magnetik. "BRI sudah komitmen untuk selesaikan masalah tersebut. BI 'concern' dengan kasus di sistem pembayaran ini," ujar Erwin.
Kartu ATM atau kartu ATM yang disertai kartu debit dengan pita magnetik memang kerap dinilai rentan kejahatan skimming.
Kasus skimming ini, menjadi masalah sistem pembayaran di industri keuangan global. Solusi muncul dengan teknologi chip yang lebih sulit digandakan. Namun, penerapan teknologi chip memerlukan biaya investasi yang lebih mahal dibandingkan pita magnetik.
Bank Sentral sebenarnya melalui Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP telah mewajibkan untuk kartu debit yang baru diterbitkan sejak 30 Juni 2017 wajib dilengkapi standar nasional chip.
Sedangkan untuk kartu ATM dan debit yang sudah beredar di masyarakat ditargetkan selambat-lambatnya pada 31 Desember 2018, minimal 30 persen dari total kartu ATM dan debit sudah menggunakan chip dan PIN online enam digit.
Baru pada 31 Desember 2021, sebanyak 100 persen kartu ATM dan atau kartu Debit yang beredar telah menggunakan teknologi chip dan PIN online enam digit.
Ganti rugi nasabah BRI mengaku telah mengganti dana sebesar Rp145 juta kepada 33 nasabah yang melaporkan kehilangan uang di kantor cabang Kediri, Jawa Timur. Direktur Konsumer BRI Handayani menjamin akan mengganti dana nasabah jika terbuki dana tersebut hilang karena "skimming".
Saat ini proses ganti rugi seluruh nasabah di Kediri Jawa Timur sudah selesai. Untuk mengantisipasi kejadian seperti ini terulang kembali, BRI akan melakukan beberapa langkah untuk mengamankan data nasabah baik dari sisi teknologi maupun kebijakan. BRI juga mengimbau nasabah untuk berpartisipasi menjaga keamanan dengan mengganti pin secara berkala.
Direktur Perbankan Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo mengakui memang kejahatan perbankan berinovasi terus-menerus."Ketika kami meningkatkan teknologi, penjahat berusaha mengeluarkan inovasi lebih baru," kata Indra.
Indra mengatakan BRI telah memasang teknologi antifraud yang bisa mendeteksi jika terjadi sesuatu dengan bank atau nasabah. Selain itu, BRI juga mempunyai fitur di mobile banking yang bisa menonaktifkan kartu untuk transaksi. [tar]
Baca Kelanjutan Terpopuler - Rekening Dibobol Skimmer, BI Minta BRI Lakukan Ini : http://ift.tt/2FFGOp0Bagikan Berita Ini
0 Response to "Terpopuler - Rekening Dibobol Skimmer, BI Minta BRI Lakukan Ini"
Posting Komentar