Search

Shopee 11.11 Big Sale 2023: Tren Produk Lokal di Pulau-Pulau Indonesia - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang puncaknya berlangsung pada 11 November 2023 telah resmi ditutup. Kampanye ini berhasil mencatatkan berbagai pencapaian dan tren belanja menarik, terutama untuk brand lokal dan UMKM.

Semangat konsumen dalam mendukung pertumbuhan bisnis lokal dan menghargai kreativitas serta kualitas produk-produk dari pelaku usaha lokal cukup terasa sepanjang kampanye 11.11 Big Sale.

Tidak hanya sebagai momen untuk mencari promo akhir tahun, momen ini juga menggambarkan persaingan para penjual di berbagai pulau Indonesia dengan menghadirkan produk terbaiknya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal ini terlihat dari tren belanja di beberapa pulau Indonesia yang berbeda-beda. Berdasarkan data dari Shopee, tren produk paling laris di tiap pulau antara lain:.

  • Di pulau paling barat Indonesia, Sumatera, Minyak Telon, Popok Bayi, dan Kaos Anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli di puncak kampanye. Hal ini memperlihatkan kebutuhan produk dari kategori Ibu dan Anak menjadi tren yang sangat dicari saat ini bagi para ibu baru di Sumatera.
  • Berlanjut ke Pulau Jawa, tren belanja dipengaruhi oleh brand lokal semakin menjamur dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan. Terlihat pengguna banyak membeli Hand & Body Lotion dan Pelembab Wajah dari brand lokal menjadi incaran untuk tampil maksimal. Namun, pencarian produk Smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.
  • Berbeda dengan Pulau Bali yang akan menjadi destinasi wisata pada akhir tahun nanti. Produk Kebaya Bali, Kacamata Hitam, dan Sunscreen menjadi produk paling ramai dicari untuk mempersiapkan dalam menyambut para turis lokal maupun luar negeri.
  • Di Pulau Kalimantan produk kebutuhan seperti Jas Hujan, Jaket Pria & Wanita, serta Hoodie, menjadi produk lokal dan UMKM paling laris di puncak kampanye 11.11. Terlihat pengguna sudah mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.
  • Sementara itu, di Pulau Sulawesi produk produk seperti Kipas Angin, Lampu Neon, serta Panci dan Wajan menjadi yang banyak dibeli. Sepertinya produk-produk dari kategori Rumah Tangga menjadi kebutuhan utama di pulau ini.
  • Pulau Papua tak kalah mengejutkan dengan produk fashion seperti Celana Cargo, Jam Tangan Pria, Gelang Couple, dan Baju Couple menjadi produk favorit masyarakat. Walau jauh dari ibu kota, masyarakat di pulau ini ternyata tetap up-to-date mengikuti tren yang ada, sehingga produk fesyen dan aksesoris tersebut menjadi incaran warga di sana.
Shopee(Foto: Arsip Istimewa)

Di sisi lain, kampanye 11.11 Big Sale telah menciptakan peluang baru bagi brand lokal dan UMKM dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis lebih kokoh, berdaya, dan mampu bersaing dalam ekosistem perdagangan online yang kian dinamis.

Tercatat peningkatan transaksi hingga 7 kali lipat dari brand lokal dan UMKM di puncak kampanye dibandingkan hari biasa. Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan market place dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, mengatakan bahwa 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi juga menjadi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal.

Tujuannya adalah untuk mendorong konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri dan membantu brand lokal diterima oleh masyarakat luas.

"Menariknya, di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini pun kami merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/11).

"Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen," imbuh dia.

Di samping kampanye yang tengah berlangsung, dukungan berbagai program inisiatif, seperti Program Ekspor Shopee dapat menjadi salah satu strategi untuk memperluas bisnis ke pasar luar negeri.

Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal dan UMKM di Shopee dimana tercatat peningkatan pesanan ekspor yang mencapai lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale.

Berbagai tren yang terlihat di sepanjang kampanye, baik dalam pengaplikasian strategi bisnis para pelaku usaha lokal di Shopee maupun perilaku belanja online pengguna setia menjadi dasar dan landasan bagi Shopee untuk terus berinovasi.

Sjopee juga berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada brand lokal dan UMKM agar dapat terus berkembang dan memberikan produk-produk berkualitas kepada konsumen Indonesia.

(rir)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
November 16, 2023 at 08:10AM
https://ift.tt/rJGPj1z

Shopee 11.11 Big Sale 2023: Tren Produk Lokal di Pulau-Pulau Indonesia - CNN Indonesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/izmowKU
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Shopee 11.11 Big Sale 2023: Tren Produk Lokal di Pulau-Pulau Indonesia - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.