Search

3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Masterdating, Tren Kencan 2023 yang Dianggap Paling Memberdayakan - beautynesia

Masterdating, sebuah tren baru yang telah mengambil alih dunia percintaan. Pernahkah kamu mendengar istilah ini, Beauties?

Pakar kencan, Melissa Stone, mengatakan bahwa masterdating adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada praktik menghabiskan waktu berkualitas sendirian, terlibat dalam perawatan diri, dan menikmati kebersamaan dengan diri sendiri.

“Ini mungkin sengaja mengajak diri sendiri berkencan, melakukan aktivitas yang Anda inginkan. Menikmati, menjelajahi tempat-tempat baru, atau sekadar mendedikasikan waktu untuk refleksi diri dan pertumbuhan pribadi,” lanjutnya.

Dilansir dari Glamour Magazine, berikut 3 hal yang perlu kamu ketahui tentang masterdating.

1. Manfaat Masterdating untuk Diri Sendiri

Tren kencan masterdating
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/timeimage

Masterdating adalah sebuah premis yang berkisar pada memberi diri sendiri semua perhatian dan cinta yang akan diberikan pasangan kepada kita. Alih-alih bersifat seksual, masterdating hanya sekadar perhatian yang kita dapatkan pada kencan ideal.

Perbedaan masterdating dibandingkan dengan kencan biasa adalah kita memegang semua kendali. “Mengajak kencan sendirian dari waktu ke waktu dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesejahteraan dan pertumbuhan pribadi Anda secara keseluruhan,” kata Stone.

Beberapa manfaat masterdating di antaranya:

  • Penemuan Jati Diri: Menghabiskan waktu sendirian memungkinkan kita terhubung dengan diri sendiri pada tingkat yang lebih dalam.
  • Kemandirian: Masterdating membantu kita merasa nyaman dengan keberadaan kita sendiri dan mengurangi kebutuhan akan validasi atau kenyamanan dari orang lain demi kebahagiaan kita.
  • Pemberdayaan: Terlibat dalam aktivitas sendirian dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa pemberdayaan kita.
  • Mengurangi Stres: Kencan solo dapat memberikan jeda dari tuntutan interaksi sosial dan kewajiban karena memungkinkan kita memulihkan tenaga dan mengurangi stres dengan berfokus pada hal-hal yang memberi kita kegembiraan.
  • Kebebasan dan Fleksibilitas: Saat kita berkencan sendirian, kita memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan berdasarkan preferensi dan keinginan diri sendiri.
2. Potensi Kerugian

Tren kencan masterdating/Foto: Freepik.com/diana.grytsku

Tidak ada tren media sosial yang sempurna, begitu juga dengan masterdating. Menurut Stone, ada beberapa potensi kerugian dalam berkencan dengan diri sendiri. “Potensi kerugiannya mencakup perasaan kesepian, keterbatasan perspektif, dan kehilangan pengalaman bersama.”

“Oleh karena itu, saya menyarankan bahwa selain kencan solo, penting membuat upaya untuk melihat dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman sebagai hal yang menarik. Keseimbangan antara waktu sendirian dan interaksi sosial sangat penting untuk menghindari potensi kerugian dan memastikan gaya hidup yang utuh dan memuaskan,” tambahnya.

Dengan kata lain, jika kita sudah terbiasa dengan kebiasaan berkencan alih-alih bersosialisasi dalam segala bentuk, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengembalikan keseimbangan dalam hidup.

3. Merencanakan Kencan Solo yang Sempurna

Tren kencan masterdating/Foto: Freepik.com

Jika kamu ingin mencoba masterdating, pastikan kamu menyesuaikan pengalaman sesuai minat dan bawa diri kamu ke tempat yang istimewa untuk memastikan kencan solo membuat kamu keluar dari rutinitas sehari-hari. Sebelum melakukan kencan solo, alangkah lebih baik menerapkan beberapa saran Stone berikut ini:

  • Identifikasi Minat: Mulailah dengan merenungkan hobi, minat, dan aktivitas yang membuat kamu merasa gembira.
  • Lokasi dan Suasana: Putuskan apakah kamu ingin tinggal di rumah, menjelajahi daerah setempat, atau bepergian ke tujuan terdekat. Lalu, pikirkan suasana yang kamu sukai.
  • Membuat Rencana: Teliti detail aktivitas atau lokasi pilihan dan periksa jam buka, ketersediaan, dan reservasi apa pun yang diperlukan agar kamu merasa siap untuk menikmati kencan solo.
  • Hindari Perangkat Digital: Pertimbangkan untuk memutuskan sambungan dari perangkat digital atau setidaknya meminimalkan penggunaannya selama kencan solo berlangsung.
  • Rayakan Pencapaian: Akui upaya kamu dalam merencanakan dan melaksanakan kencan solo dan pastikan untuk memperlakukan diri kamu dengan baik. Lalu, rayakan fakta bahwa kamu meluangkan waktu untuk perawatan diri dan pertumbuhan pribadi.
  • Ulangi Secara Teratur: Jadikan kencan solo sebagai latihan berulang dengan menyisihkan waktu secara berkala untuk terus mengeksplorasi aktivitas baru, memupuk minat, dan terhubung dengan diri sendiri.

Faktanya, tren ini telah mengambil alih dunia maya. Di TikTok sendiri, beberapa video tentang topik tersebut bahkan telah ditonton lebih dari satu juta kali. Kamu tertarik mencobanya, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
November 04, 2023 at 10:00PM
https://ift.tt/Q9STJX8

3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Masterdating, Tren Kencan 2023 yang Dianggap Paling Memberdayakan - beautynesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/pPsJOZ7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Masterdating, Tren Kencan 2023 yang Dianggap Paling Memberdayakan - beautynesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.