Search

Daster Dibalut Hijab, Tren Busana 2024 - Radar Malang - Radar Malang

 

Indonesia, termasuk Malang memiliki busana muslim lebih beragam dibanding negara di Timur Tengah. Seperti apa tren busana musim 2024 depan?

HIJAB sudah lazim dipakai oleh perempuan muslim di Indonesia, termasuk Kota Malang. Itu karena mayoritas masyarakat adalah muslim. Di Bumi Arema, hijab sering dipadu padankan dengan pakaian-pakaian bergaya formal, casual, dan sporty.

Desainer Fashion sekaligus Dosen Seni Tata Busana Universitas Negeri Malang (UM) Dr C. Agus Sunandar SPd MSn memaparkan, Indonesia memiliki busana muslim yang lebih beragam daripada negara-negara Timur Tengah, seperti Turki dan Arab Saudi.

”Kita lebih kaya karena punya kebudayaan yang beragam,” tutur pria yang juga Founder Malang Fashion Week tersebut. 

Agus mengungkap, gaya pakaian muslim Indonesia lebih mengarah ke modest wear atau modest fashion, yakni gaya busana yang sopan dan tertutup. Artinya tidak terlalu menonjolkan lekuk tubuh, meski sebagian masih memperlihatkan bentuk tubuh.

Karena itu, dia menilai, gayanya bisa sporty (kaus dengan celana jogger). Bisa juga dengan gaya etnik (pakaian tradisional) namun tetap dibalut dengan hijab

Selain itu, dia melanjutkan, desainer Indonesia juga banyak yang sedang mengembangkan model fashion upcycle (pakaian dari daur ulang). Hal tersebut guna merespons industri fast fashion yang menjadi penyumbang sampah terbesar di dunia. Untuk diketahui, fast fashion merupakan konsep industri pakaian yang melakukan reproduksi dengan cepat dan dalam jumlah banyak. 

”Memadu padankan beberapa baju lama hingga membentuk model baju baru itu juga gaya yang sedang tren,” kata dia.

Tak hanya itu, dia melanjutkan, Indonesia dengan keragamannya juga memiliki berbagai gaya fashion muslim. Mulai pakaian olahraga dengan memakai inner ninja lalu dipadu padankan dengan topi. “Bahkan yang lebih ekstrem, ibu-ibu yang memakai daster lalu berhijab juga termasuk gaya busana muslim Indonesia,” imbuhnya.

Makanya gaya berpakaian muslim Indonesia lebih tepat disebut modest wear, karena tidak seperti pakaian muslim yang sesuai dengan syariah agama. “Dan itu sah-sah saja,” tegas pria yang akrab disapa Sam Suga itu.

Keanekaragaman busana di Indonesia tersebut, Agus mengatakan, dilihat sebagai peluang oleh pemerintah Indonesia untuk menargetkan Indonesia menjadi kiblat busana muslim dunia tahun 2025 nanti. (dur/dan)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
November 05, 2023 at 10:10AM
https://ift.tt/s8yi1fb

Daster Dibalut Hijab, Tren Busana 2024 - Radar Malang - Radar Malang
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/pPsJOZ7
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daster Dibalut Hijab, Tren Busana 2024 - Radar Malang - Radar Malang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.