Search

Outfit Rumahan, Tren Fashion di Tengah Pandemi - Jawa Pos

SOLO, Radar Solo – Selama pandemi Covid-19, cukup banyak pengusaha batik di Kota Solo yang berhasil survive. Semua tak lepas dari inovasi produk. Selain masker, produk yang diminati pasaran, yakni outfit rumahan.

Ya, tren batik di masa pandemi covid-19 mulai bergeser ke fashion baju rumahan dan daster. Keduanya mulai booming sejak adanya kebijakan work from home (WFH) dan pembatasan sosial.

“Desain batik baju rumahan kami buat lebih santai dengan bahan rayon yang nyaman. Baik untuk tidur maupun dipakai ke acara semiformal. Bisa untuk santai, tapi juga untuk meeting secara virtual,” terang owner salah satu industri batik di Kota Solo Ardiyanto Soewono, Minggu (8/11).

New normal kits juga jadi buruan konsumen. Sebut saja, pouch wadah hand sanitizer, tisu, masker, dan sebagainya. Juga shopping bag untuk berbelanja, menghindari penggunaan troli atau keranjang.

“Sejak Maret, offline store kami mengalami penurunan penjualan hampir 80 persen. Karena ada pembatasan kunjungan dan jam operasional. Sekarang mulai membaik. Selama delapan bulan ini kami betul-betul berusaha survive. Tidak mem-PHK karyawan,” imbuhnya.

Trik survive selain inovasi produk, yakni mengurangi produksi yang menggunakan mesin. “Pasar ekspor saat pandemi juga 0 persen. Tapi sekarang sudah ancang-ancang. Banyak negara membuka keran impor. Seperti Jepang, Eropa, dan Amerika. Tapi paling banyak kami ekspor ke Jepang,” bebernya.

Sementara itu, owner industri batik lainnya Esti Kiswandari mengaku kebanjiran pesanan dari luar negeri. Pemasaran dilakukan lewat online. Selain marketplace, juga memanfaatkan media sosial biar terus terhubung dengan customer lama. Diakuinya, penjualan online membantu melebarkan sayap bisnisnya.

“Saya sering dapat pesanan masker dari luar negeri. Sekarang saya sedang kerjakan pesanan untuk dikirim ke Hawaii. Baru mencari ekspedisinya. Sebelumnya juga ada pesanan dari Jerman, Australia, dan Swedia,” tandasnya. (aya/fer)

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
November 08, 2020 at 10:47PM
https://ift.tt/3keYxTA

Outfit Rumahan, Tren Fashion di Tengah Pandemi - Jawa Pos
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Outfit Rumahan, Tren Fashion di Tengah Pandemi - Jawa Pos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.