Search

Menristek Ungkap Sepuluh Tren Teknologi Selama PandemiValidnews.id - Validnews

JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi dan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan, ada sepuluh tren teknologi selama pandemi covid-19. Kesepuluh tren teknologi ini pun diprediksi akan menjadi pola di masa depan.

"Artinya kita tidak usah kaget kalau di masa depan yang sepuluh ini akan menjadi bagian utama dari hidup kita," kata Bambang dalam webinar bertajuk "Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Inovasi", Selasa (30/6).

Tren teknologi yang pertama adalah belanja daring. Menurut Bambang, tren ini sekarang bahkan bukan lagi menjadi pilihan, melainkan sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Berikutnya, tren hiburan daring. Dia mengatakan, tren inilah yang sekarang muncul atau sedang dimulai. Contohnya sejumlah grup musik ternama sudah menggelar konser secara daring.

"Yang penting kalau ingin nonton harus bayar untuk mendapatkan akses, meskipun mungkin nontonnya bisa ramai-ramai. Tetapi paling tidak hiburan online akan menjadi pola, apalagi kita semua mungkin banyak nonton Netflix hari-hari ini," ujarnya.

Tren selanjutnya berupa sistem pembayaran digital yang semakin diminati karena menawarkan keefektifan dan keefisienan. Sebagian besar kehidupan masyarakat saat ini secara tak sadar dibawa ke ranah digital, terutama urusan perbankan.

Kemudian penggunaan teknologi 4.0 untuk sistem rantai pasok (supply chain) pun menjadi tren. Teknologi digital, kata Bambang, kini mulai menjadi inti dari sistem tata kelola rantai pasok yang lebih tangguh.

"Manufaktur kita kalau mau maju ke depan mau tidak mau harus mengadopsi teknologi terbaru dan memang otomasi akan menjadi salah satu cirinya," imbuhnya.

Teleworking merupakan teknologi kelima yang menjadi tren selama masa pandemi dan akan menjadi pola pada masa depan. Keharusan bekerja dari rumah (work from home) yang saat ini dilakukan disebut akan mendorong teknologi pendukungnya.

Menurutnya, hal itu akan menjadi masalah selama efisiensi dan efektivitas tetap sama atau bahkan meningkat. "Work from home harusnya jangan menjadi kedaruratan, tetapi ini menjadi salah satu bagian dari cara kita bekerja sekarang dan masa depan," ujarnya.

Bambang mengatakan, pandemi covid-19 mengakibatkan masyarakat khawatir untuk berkunjung ke rumah sakit. Akhirnya kondisi ini membuat telemedis juga menjadi tren teknologi yang digunakan selama ini karena menjawab kekhawatiran tersebut.

Tren teknologi selanjutnya adalah robot dan drone. Penggunaan robot, misalnya, sudah dilakukan di Rumah Sakit Universitas Airlangga untuk membantu tenaga medis mengantar makanan, obat, atau mengecek infus pasien covid-19 beberapa kali sehari.

"Jadi eksposur atau kerepotan menggunakan alat pelindung diri untuk bertemu pasien bisa dikurangi," kata dia.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, pandemi juga mendorong penggunaan teknologi pencetakan tiga dimensi (3D printing). Salah satunya dapat dilihat dari banyak pelindung wajah atau face shield yang dibuat melalui cara ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis.

Tren kesembilan adalah penggunaan teknologi tele-education and training. Teknologi ini sebenarnya sudah semakin aktif digunakan di Amerika Serikat, yang disebut online courses.

"Artinya, kuliah online itu nantinya bukan lagi kedaruratan, tetapi itu adalah salah satu mainstream. Saya yakin tidak ada yang salah juga dengan online, bahkan yang akan menjadi tren pendidikan masa depan itu adalah kombinasi online dan offline," ujarnya.

Terakhir yaitu tren teknologi penggunaan informasi komunikasi dan jaringan internet 5G untuk mendukung semua tren tersebut. Teknologi dan jaringan yang semakin canggih ini dikatakan dapat memudahkan kegiatan yang minim tatap muka. (Wandha Nur Hidayat)

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
June 30, 2020 at 06:06PM
https://ift.tt/3gcEOSZ

Menristek Ungkap Sepuluh Tren Teknologi Selama PandemiValidnews.id - Validnews
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Menristek Ungkap Sepuluh Tren Teknologi Selama PandemiValidnews.id - Validnews"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.