Search

Kemhub: Tren Bersepeda Meningkat Selama Pandemi Covid-19 - BeritaSatu

Jakarta, Beritasatu.com - Menurut Kementerian Perhubungan (Kemhub), terdapat peningkatan pada tren pengguna sepeda di kota-kota besar selama pandemi Covid-19. Namun, sebagian besar masyarakat hanya menggunakan sepeda untuk berolahraga atau bahkan sekadar berkumpul dan foto-foto.

"Kecenderungan penggunaan sepeda di Indonesia lebih digunakan sebagai olahraga dan untuk gaya hidup kemudian berkumpul dengan komunitasnya dan sebagainya," pungkas Direktur Jenderal Hubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi pada konferensi daring, Jumat (26/6/2020).

Baca juga: Kemhub Paparkan Konsep Adaptasi Kebiasaan Baru Transportasi Darat

Sedangkan, penggunaan sepeda untuk keperluan mobilitas sehari-hari masih terpantau sedikit.

"Kalau di wilayah DKI Jakarta, kita lihat kini sudah ada infrastrukturnya. Maka, kalau dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat akan menyiapkan infrastruktur untuk sepeda, saya bersyukur sekali. Kita akan terus mendorong penggunaan sepeda," kata Budi.

Berdasarkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), sepeda termasuk dalam kategori kendaraan tidak bermotor.

"Biasanya seperti ini diatur oleh peraturan daerah. Jadi, saya akan mendorong kepada pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan," ungkap Budi.

Terlepas dari rencana revisi UU LLAJ, dirinya menyetujui adanya aturan penggunaan sepeda.

“Apakah nanti dengan Peraturan Menteri atau dengan Peraturan Daerah di bawah bupati/wali kota atau gubernur, yang terpenting penggunaan sepeda ini akan ada regulasi yang mengatur ke depannya,” tutupnya.

Sumber: BeritaSatu.com

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
June 27, 2020 at 01:06PM
https://ift.tt/2VnaJbn

Kemhub: Tren Bersepeda Meningkat Selama Pandemi Covid-19 - BeritaSatu
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemhub: Tren Bersepeda Meningkat Selama Pandemi Covid-19 - BeritaSatu"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.