Search

Riset ADA Soal Tren Selama Ramadan - Medcom ID

Jakarta: Menjelang Ramadan, ADA merilis hasil pengamatannya terkait dengan perilaku konsumen sepanjang bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri pada tahun 2019 lalu.
 
ADA menyebut bahwa Ramadan dan Lebaran merupakan waktu yang melibatkan sisi konsumsi dan emosi konsumen.
 
Sebab, menurut ADA, di sepanjang bulan Ramadan, perilaku dan aktivitas harian konsumen turut mengalami perubahan. Karenanya, ADA menyebut pebisnis memerlukan strategi pemasaran dan komunikasi khusus, agar brand dapat terus terhubung dengan konsumennya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pengamatan tersebut, ADA menemukan sejumlah tren yang terjadi selama bulan Ramadan hingga Lebaran, termasuk peningkatan penggunaan aplikasi berbasis religi, serta umat Muslim yang lebih memilih untuk menjalankan ibadah di Masjid.
 
Selain itu, tren lainnya yang ditemukan ADA adalah bahwa mayoritas masyarakat lebih untuk makan di rumah, dan belanja peralatan rumah tangga dan elektronik lebih banyak dilakukan saat menjelang hari raya Idul Fitri, hal ini kemungkinan berkaitan dengan Tunjangan Hari Raya (THR) yang baru saja dibagikan.
 
Data ADA juga menunjukan puncak aktivitas mudik terjadi satu pekan sebelum Ramadan, dengan Jawa Tengah sebagai provinsi yang paling banyak dituju. Sedangkan, arus mudik kembali memuncak pada satu pekan sebelum Lebaran dengan Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan DIY Yogyakarta sebagai provinsi dituju terbanyak.
 
Sementara itu, Video Analytic and Creation Engine (Video ACE) milik ADA juga menemukan bahwa terjadi perubahan konsumsi konten dalam bentuk video pada bulan Ramadan, Lebaran, dan beberapa hari setelah Lebaran.
 
Pada bulan Ramadan, masyarakat Indonesia banyak mengonsumsi konten yang menyajikan resep kue kering. Sementara itu, pada saat Lebaran masyarakat cenderung mengonsumsi konten yang berkaitan dengan keluarga dan kebersamaan.
 
Beberapa hari setelah Lebaran, mereka mengonsumsi konten tentang arus mudik. Tren tersebut diharapkan akan dapat dimanfaatkan oleh merek dan pemasar dalam merencanakan aktivitas komunikasi mereka selama bulan Ramadan.
 

(MMI)

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
March 17, 2020 at 04:28PM
https://ift.tt/2Qps4Ot

Riset ADA Soal Tren Selama Ramadan - Medcom ID
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Riset ADA Soal Tren Selama Ramadan - Medcom ID"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.