Search

7 Tren Gaya Hidup yang Sempat Viral di Tahun 2023, Kamu Ikutan yang Mana? - beautynesia

Selama tahun 2023, kamu tentu sering melihat berbagai tren gaya hidup yang ramai di media sosial. Tidak mengherankan, jika saat ini media sosial menjadi sebuah media untuk menyebarkan informasi, termasuk soal gaya hidup ini.

Istilah gaya hidup terkini tersebut juga kerap dijadikan sebagai tema dalam konten video yang disebar di berbagai platform media sosial, termasuk TikTok. Lalu, apa saja ya, gaya hidup yang viral di tahun 2023 ini?

Simak penjelasan berikut ini yuk!

Slow Living

Gaya hidup ini muncul saat orang-orang merasa ada banyak hal terjadi di dunia yang berlangsung secara cepat. Tampaknya, ada banyak hal seputar pekerjaan, keluarga, teman, dan jutaan hal kecil lainnya yang muncul sepanjang hari dan tidak jarang membuat kita jadi kewalahan.

Gaya hidup slow living mengajak kita untuk memperlambat kecepatan agar bisa lebih fokus untuk menghargai hal-hal kecil yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Slow living dianggap memiliki banyak manfaat, seperti menimbulkan perasaan yang lebih berbahagia, stres berkurang, lebih damai, dan lebih mindful.

Earthing atau Grounding

Earthing atau Grounding/ Foto: Freepik.com/teksomolika

Earthing atau yang juga dikenal sebagai grounding adalah gaya hidup yang mengajak kita untuk menghubungkan tubuh secara langsung dengan bumi dan menggunakan muatan listrik alami untuk menstabilkannya. Praktik earthing biasanya dilakukan dengan berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki di luar ruangan atau menggunakan sistem indoor grounding saat tidur atau duduk. Selain itu, teknik earthing ini juga meliputi metode-metode seperti berbaring di tanah, pergi berenang atau mandi, dan berkebun.

Earthing atau grounding ini dipercaya memiliki manfaat seperti memperbaiki kelelahan kronis dan gangguan tidur, meningkatkan imunitas tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, gaya hidup ini jika diterapkan dalam jangka waktu lama diyakini mampu mengurangi tingkat tekanan darah pada seseorang yang mengalami hipertensi.

Frugal Living

Frugal Living/ Foto: Freepik.com

Frugal living adalah salah satu gaya hidup yang diyakini memiliki dampak positif terutama dari segi keuangan. Frugal living lebih bertujuan untuk menekan keuangan dengan cara hidup sederhana sambil melakukan pengelolaan keuangan yang lebih bijak.

Frugal living juga mengajak masyarakat untuk mengurangi pengeluaran yang sebetulnya tidak diperlukan. Tidak mengherankan jika orang-orang yang menerapkan gaya hidup ini cenderung tidak mau membuang-buang uangnya untuk hal-hal yang tidak mereka perlukan.

Cash Stuffing

Cash Stuffing/ Foto: Freepik.com/frimufilms

Cash stuffing sebetulnya adalah istilah baru dari metode pengelolaan keuangan penganggaran menggunakan amplop yang baru-baru ini tren di TikTok. Oleh karena itu, metode cash stuffing sendiri melibatkan menyisihkan uang tunai ke dalam amplop dengan label tertentu untuk berbagai kategori pengeluaran.

Uang yang dimasukkan ke dalam amplop tersebut hanya boleh digunakan sesuai dengan label yang tertera di amplop, misalnya uang untuk membeli makanan, biaya sewa, dan sebagainya. Diharapkan dengan menerapkan gaya hidup cash stuffing ini, kita bisa jadi lebih menekan pengeluaran dan menghentikan pengeluaran yang kompulsif.

Girl Math

Girl Math/ Foto: Freepik.com

Girl Math beberapa waktu lalu menjadi tren di media sosial termasuk TikTok. Girl Math adalah suatu cara untuk membenarkan pembelian, yang digunakan sebagian perempuan untuk membenarkan pengeluaran belanja mereka.

Girl math pada dasarnya adalah memvalidasi pengeluaran seseorang dengan melihat berapa kali suatu produk tersebut akan digunakan. Selain itu, pengeluaran tersebut juga dihitung berdasarkan nilai investasi barang terhadap kebahagiaan dan kesejahteraan.

Contoh dari penerapan girl math ini yaitu ketika membeli kacamata senilai Rp2 juta, sebetulnya tidak mahal. Hal tersebut karena kacamata yang dibeli dipakai setiap hari bahkan mulai dari bangun tidur sampai berangkat tidur. Tentu menurut penganut girl math, kacamata tersebut dianggap sebagai investasi yang tepat untuk mendukung aktivitas sehari-hari, daripada harus membeli kacamata yang harganya lebih terjangkau tapi tidak nyaman untuk dipakai yang akhirnya tidak terpakai begitu saja.

Sustainable atau Berkelanjutan

Sustainable atau Berkelanjutan/ Foto: Freepik.com

Gaya hidup sustainable saat ini tampak semakin banyak dianut oleh anak muda. Hal ini karena anak muda memperoleh berbagai informasi mengenai kondisi iklim dan lingkungan saat ini.

Gaya hidup sustainable mengajak kita untuk lebih mindful ketika berbelanja dan bersikap untuk menjaga kelestarian lingkungan. Beberapa contoh penerapan dari gaya hidup berkelanjutan ini seperti memilih membeli barang bekas, meninggalkan produk fast fashion dan tekstil berbahan hewani, bijaksana saat menggunakan air, mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja dan masih banyak lagi.

Girl Dinner

Girl Dinner/ Foto: Freepik.com/ senivpetro

Beberapa waktu lalu banyak pengguna TikTok perempuan membagikan video tentang piring yang berisi berbagai camilan yang menarik secara visual. Piring tersebut diisi berbagai macam bahan makanan seperti roti, keju, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran berwarna-warni.

Namun, tidak jarang isi piring yang dibagikan di konten video Girl Dinner ini hanya berisi semangkuk pasta, roti hamburger polos, satu ember berisi popcorn, bahkan minuman ringan kalengan. Hal itu tentu menimbulkan pro kontra, karena makanan dan minuman olahan cenderung tidak memberikan dampak positif pada tubuh.

Itu tadi beberapa tren gaya hidup yang jadi tren selama tahun 2023. Ada yang sudah pernah kamu lakukan?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
December 19, 2023 at 10:00AM
https://ift.tt/qkhLnZG

7 Tren Gaya Hidup yang Sempat Viral di Tahun 2023, Kamu Ikutan yang Mana? - beautynesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/3Aai7wx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Tren Gaya Hidup yang Sempat Viral di Tahun 2023, Kamu Ikutan yang Mana? - beautynesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.