Search

5 Manfaat Kesehatan Mental dari Silent Walking, Tren TikTok yang Dianggap Jadi Penghilang Stres Terbaik - beautynesia

Setiap hari, TikTok selalu menghadirkan ragam tren baru, salah satunya adalah silent walking. Untuk kamu yang belum tahu, silent walking adalah berjalan santai tanpa memasang earphone agar kamu bisa menyelami pikiran dan merasa rileks.

Kita semua tahu bahwa jalan kaki memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan fisik dan jika dikombinasikan dengan keheningan, hal itu bermanfaat bagi kesehatan mental. Dilansir dari Calm Sage, berikut 5 manfaat dari silent walking yang dianggap sebagai penghilang stres terbaik.

1. Meningkatkan Perhatian

Ragam manfaat silent walking
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/tyukin.photo

Saat kamu berjalan dalam keheningan tanpa memasang earphone atau berbicara dengan siapa pun, itu merupakan contoh pengalaman meditatif. Kamu terbuka untuk merasakan sejuknya angin dan mendengarkan kicauan burung serta suara lainnya. Kamu bisa melihat keindahan di sekitar, merasakan sinar matahari di kulit, dan melakukan meditasi Kaizen.

Saat kamu menjadi sadar, kamu mulai hidup pada saat ini yang membantu meningkatkan kesehatan mental, fokus, dan perhatian. Selain itu, kamu juga memiliki solusi untuk banyak masalah, mengurangi kecemasan, serta depresi.

2. Detoks Teknologi

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/jofreepik

Karena tuntutan pekerjaan, kebanyakan dari kita menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar. Ini tidak masalah karena kita harus bekerja, tetapi beristirahat dari pekerjaan itu sangat dibutuhkan dan jalan-jalan yang tenang adalah jawabannya.

Saat kamu melepas earphone, kamu tidak perlu lagi membawa ponsel. Hal ini tidak hanya akan membuat kamu merasa ringan saat berjalan, tetapi juga akan membuat kamu terbebas dari pikiran untuk merawat perangkat elektronik.

Peralihan dari teknologi ini akan membantu merangkul ketenangan dan memperhatikan pikiran-pikiran yang tidak terdengar akibat kebisingan yang dihasilkan oleh perangkat dan platform media sosial lainnya.

3. Meningkatkan Kesadaran Diri

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/senivpetro

Selain dua manfaat di atas, silent walking juga bisa membantu menghilangkan stres. Saat kamu mencoba untuk tetap berada di masa sekarang, kamu akan mampu memutus lingkaran setan dari berpikir berlebihan dan mampu fokus pada hal-hal yang penting.

Selain itu, pikiran negatif, kekhawatiran akan masa depan, dan bagaimana jika semuanya tidak ada lagi, membantu kamu menyadari apa yang dituntut oleh tubuh dan pikiran.

Silent walking merupakan saat-saat tanpa gadget dan gangguan yang menjadi sumber pikiran mengembara. Kamu akan merasakan keheningan, mampu mendengarkan kata-kata yang tak terucap, dan mampu mensyukuri semua yang kamu punya.

4. Mengurangi Stres

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/sonjachnyj

Untuk mengatasi kecemasan, depresi, dan stres, salah satu hal yang disarankan adalah dengan aktif bergerak dan mulai melakukan aktivitas fisik. Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang akan membantu kamu tetap bugar.

Jika kamu menerapkan silent walking, hal ini dapat membantu mengurangi stres. Unsur ketenangan akan memberikan perbedaan besar dalam menurunkan hormon stres dan menghargai kedamaian.

5. Sumber Solusi

Ilustrasi/Foto: Freepik.com/mego-studio

Ketika kamu memiliki masalah atau terjebak ketika melakukan sesuatu, mencari solusi untuk masalah tersebut dapat membuat stres. Cara terbaik untuk menghadapi situasi seperti ini adalah dengan berjalan-jalan.

Ini akan membantu menjernihkan pikiran dan memberi kamu cara berbeda dalam memandang sesuatu. Saat kamu berjalan santai dan menyelam jauh ke dalam kesadaran, pikiran bawah sadar kamu akan memberikan jawaban atas pertanyaan yang kamu ajukan. Saat pikiran rileks, hal ini membantu melepaskan ikatan keraguan dan kebingungan, memberi kamu ruang untuk berpikir jernih dan menjadi kreatif lagi.

Saat kamu meninggalkan teknologi, biarkan diri kamu menyelam jauh ke dalam kesadaran dan memahami apa yang dikatakan tubuh. Jangan tertipu oleh rangsangan eksternal. Ikuti arus dan kagumi semua yang kamu lihat saat berjalan untuk membantu kamu tetap termotivasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
December 08, 2023 at 08:00PM
https://ift.tt/w4Vackn

5 Manfaat Kesehatan Mental dari Silent Walking, Tren TikTok yang Dianggap Jadi Penghilang Stres Terbaik - beautynesia
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/ymFuHzN
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Manfaat Kesehatan Mental dari Silent Walking, Tren TikTok yang Dianggap Jadi Penghilang Stres Terbaik - beautynesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.