Search

Tren Kerja Paruh Waktu Meningkat di Masa Pandemi | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Laporan Badan Pusat Statistik pada kuartal ketiga tahun 2020 menunjukkan adanya pergeseran struktur ketenagakerjaan di masa pandemi Covid-19. Hal ini dilihat dari data yang menunjukkan penurunan jumlah pekerja penuh waktu dan peningkatan jumlah pekerja paruh waktu.

"Para tenaga kerja yang penuh waktu turun menjadi 63,85 persen, namun tenaga kerja paruh waktu itu meningkat menjadi hampir 26 persen. Teman-teman yang merupakan tenaga kerja waktu ini adalah mereka-mereka yang bekerja kurang dari 35 jam per minggu, tapi tidak bersedia untuk menerima pekerjaan lain," ujar Wakil Juru Bicara Kominfo RI, Dewi Meisari Haryanti, dalam diskusi virtual, Senin (9/11).

Angka ini merupakan indikasi adanya tren pilihan karir sebagai freelancer yang umumnya bekerja dengan skema kompensasi berdasarkan hasil kerja dan bukan berdasarkan waktu kerja. Dewi menyebutkan bahwa tren karir ini berkembang karena dipicu oleh pandemi Covid-19.

Pandemi ini juga ternyata mendorong peningkatan jumlah pekerja di sektor informal. Yang dimaksud dengan sektor informal meliputi UMKM yang belum tentu dibantu oleh karyawan tetap atau bisa dibilang juga self-employment atau mempekerjakan diri sendiri.

"Yang perlu juga kita sadari dan perhatikan adalah soal meningkatnya pekerja di sektor informal. Jadi yang tadinya sektor informal kita sempat di 56 persen sekarang jadi kembali meningkat menjadi 60,47%."

Dewi mengatakan, ada suatu optimisme bahwa pandemi ini dapat menjadi momentum untuk terjadinya transformasi digital. Di mana kemampuan beradaptasi sangatlah penting agar masyarakat dapat tetap produktif di masa pandemi.

"Gaya hidup dan gaya kerja digital menjadi suatu bagian dari kenormalan baru yang perlu terus dibudayakan agar masa pandemi ini juga dapat menjadi momentum untuk meningkatkan produktivitas, kegesitan, dan daya saing bangsa kita," jelasnya.

Dewi menyebut bahwa dalam laporan BPS pada kuartal ketiga tahun 2020, pengangguran di Indonesia bertambah sebanyak 2,67 juta jiwa. Pertambahan ini menyebabkan total pengangguran di Indonesia mencapai 9,77 juta atau mencapai 7,07 persen. Jumlah pengangguran ini berasal dari mereka yang baru memasuki dunia kerja dan belum mendapat pekerjaan dan mereka yang kehilangan pekerjaannya di masa pandemi ini.

"Teman-teman kita yang baru selesai sekolah, baru memasuki angkatan kerja baru yaitu 2,36 juta orang ini tidak bisa terserap oleh aktivitas ekonomi kita. Ditambah dengan sekitar 310.000 orang yang tadinya bekerja menjadi tidak bekerja lagi sekarang, atau kehilangan pekerjaan," katanya.

Reporter magang: Maria Brigitta Jennifer [lia]

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
November 09, 2020 at 08:35PM
https://ift.tt/3kdSrTw

Tren Kerja Paruh Waktu Meningkat di Masa Pandemi | merdeka.com - Merdeka.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Kerja Paruh Waktu Meningkat di Masa Pandemi | merdeka.com - Merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.