Search

Penjualan kopi instan melesat berkat tren kopi Dalgona tidak hanya di Indonesia - Kontan

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan kopi instan meningkat di masa karatina mandiri. Peningkatan penjualan kopi instan lantaran media sosial mulai mempopulerkan kopi Dalgona. 

Bahkan Google Trends menunjukkan pencarian kopi Dalgona meningkat taham sejak Maret. Resep kopi kental dan berbusa ini banyak dicari. Resep sederhana kopi Dalgona dengan mengocok kopi instan, gula, dan air panas menjadi berbusa, lalu taruh di atas es susu. 

"Data awal menunjukkan kenaikan besar-besaran dalam permintaan kopi instan, jauh lebih tinggi daripada sebelum pandemi," kata Jonny Forsyth, Associate Director Mintel untuk riset pasar makanan dan minuman seperti dikutip Bloomberg. Konsumen yang terkena imbas lockdown mulai menimbun kopi instan. 

Baca Juga: Dalgona Coffee: Kisah asli awal mula kopi susu ini kondang mendunia

Nestle SA, perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia mengatakan, penjualan kopi instan meningkat di sebagian besar pasar karena penutupan restoran dan kafe. Sehingga para konsumen memilih membuat kopi dari rumah. Apalagi mereka juga menemukan variasi membuat kopi menggunakan kopi instan. 

Perusahaan yang baru-baru ini meluncurkan kopi instan premium Starbucks dan memproduksi kopi Nescafe ini mengatakan, menghasilkan satu dari setiap tujuh cangkir kopi yang diminum di dunia.

"Konsumen menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan mencoba resep baru, membuat pengalaman sendiri yang bisa mereka nikmati di restoran dan kafe," kata Philipp Navratil, Kepala Unit Bisnis Strategis Minuman Global di Nestle seperti dikutip Bloomberg. Menurut dia, kopi Dalgona hanyalah salah satu contoh tren global yang dilihat dalam kategori kopi. 

Karena kopi instan lebih mudah diadaptasi untuk membuat resep maka Nestle yakin, peningkatan permintaan akan berlanjut ke depan. 

Baca Juga: Bagaimana prospek emiten restoran cepat saji di tengah pandemi Covid-19?

Impor kopi instan Korea Selatan, tempat mempopulerkan kopi Dalgona melonjak 65% pada bulan Maret menjadi US$ 8,5 juta dari tahun lalu, menurut Fitch Solutions. Korea Selatan pada akhirnya berubah menjadi salah satu negara yang kurang terpengaruh oleh Covid-19 dari negara-negara lain menurut Analis Konsumen dan Eceran Taohai Lin menjadi kontributor kenaikan penjualan kopi instan terbesar. Korea juga memiliki permen gula yang disebut Dalgona dari mana nama itu berasal.

Tetap saja, booming kopi instan bisa saja hanya sementara ketika lockdown di seluruh dunia mereda. Terlebih konsumen bisa lebih mudah mencari cara alternatif. "Tren cenderung bergerak cukup cepat, terutama untuk makanan dengan kunci ini adalah hal baru. Sehingga permintaan seperti ini bisa cenderung berumur pendek di pasar Korea," kata Lin. 



Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
May 07, 2020 at 09:00AM
https://ift.tt/2LdaABD

Penjualan kopi instan melesat berkat tren kopi Dalgona tidak hanya di Indonesia - Kontan
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penjualan kopi instan melesat berkat tren kopi Dalgona tidak hanya di Indonesia - Kontan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.