Search

Ke Pemerintah, Ahli: Investigasi Tren Meningkat Kematian Covid-19 - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Ahli Virologi Universitas Udayana, Profesor G. N. Mahardika, meminta tak cemas dengan rekor penambahan kasus positif Covid-19 yang mendekati angka 1.000 orang pada Kamis 21 Mei 2020. Secara virologi, dia mengungkap ada masalah yang lebih besar yang sedang terjadi di Indonesia.

“Kecenderungan kasus fatal yang meningkat yang mesti segera diintervensi,” kata Mahardika dalam keterangan tertulisnya kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Yang mengkhawatirkan, menurutnya, justru tren angka kasus fatal yang kembali mendekati puncak sekitar hari ke-50 sejak konfirmasi Covid-19 pertama di Indonesia pada Maret lalu. Dia berharap tren ini mendapat perhatian serius dari pemerintah.

"Data kasus Covid-19 harian yang fatal yang mestinya membuat khawatir. Akar masalahnya harus segera diinvestigasi dan intervensi terbaik harus segera dilakukan," kata dia.

Ia mengaku sulit mengidentifikasi berbagai faktor yang berkontribusi pada statistik kematian itu. Penyebabnya bisa saja keterlambatan pelaporan atau letupan kasus satu bulan yang lalu. Sementara data umur pasien yang sedang dalam perawatan intensif juga sulit diakses. "Itu tantangan utama Indonesia saat ini," katanya.

Selain itu, Mahardika mengingatkan, pemerintah juga mesti segera menyediakan kamar perawatan rumah sakit untuk kasus berat yang memadai. Dia mengatakan pernah hitung untuk Indonesia dengan 280 juta penduduk, jumlah ketersediaan kamar rumah sakit dengan ventilator minimum 11.200 unit.

"Sebagai pembanding, Jerman konon punya 36 ribu kamar seperti itu, bahkan pasien berat dari negara lain sampai diterbangkan ke sana," katanya.

Setelah rumah sakit tersedia, menurut dia, barulah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dapat dilonggarkan dengan syarat warga bertingkah laku aman Covid-19. Mahardika merujuk perilaku memakai masker, membiasakan cuci tangan, menjaga jarak jika harus ke luar rumah.

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
May 22, 2020 at 10:10AM
https://ift.tt/2WU85e8

Ke Pemerintah, Ahli: Investigasi Tren Meningkat Kematian Covid-19 - Tempo
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ke Pemerintah, Ahli: Investigasi Tren Meningkat Kematian Covid-19 - Tempo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.