Search

Tren Pasar Mobil Bekas selama Ramadan Masa Pandemi | merdeka.com - merdeka.com

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 mengubah bisnis penjualan mobil bekas di bulan Ramadan yang biasanya meningkatkan karena ada Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan. Disayangkan, kondisi berbeda harus dihadapi pada Ramadan tahun ini.

Data internal OLX menunjukkan, penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil di platform OLX sekitar 40 persen di pekan pertama Ramadan (23 April 2020) dibandingkan 5 Maret 2020. Pada periode sama data juga menunjukkan ada penurunan 30 persen pada jumlah listing mobil di platform OLX.

“Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil, menjadi beberapa penyebab penurunan permintaan mobil di platform OLX. Dengan ketidakpastian ekonomi ini, kami memperkirakan kondisi ini terus terjadi hingga akhir Ramadan tahun ini. Situasi ini berbeda dengan Ramadan tahun lalu yang mana jumlah permintaan terus meningkat hingga pekan ketiga Ramadan,” ujar Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX Indonesia, dalam rilisnya baru-baru ini.

Meski terjadi tren penurunan jumlah listing dan permintaan pada tipe-tipe mobil, tipe MPV dari merek Jepang masih menjadi mobil yang paling dicari oleh pengguna OLX.

“Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi Covid-19,” ujar Ichmeralda.

Ini dimaklumi karena di Indonesia jumlah keluarga cenderung besar dan terbiasa hidup secara komunal (memiliki komunitas), sehingga masyarakat Indonesia lebih menyukai mobil yang memiliki kapasitas besar dan multiguna.

Data internal OLX juga menunjukkan, meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan permintaan mobil, tren harga tidak berubah signifikan. Harga rata-rata pada listing di OLX pada pekan pertama Ramadan berada pada angka Rp 193 juta, hanya menurun sekitar 5 persen dari harga rata-rata listing pada 5 Maret 2020.

Sementara itu, pada periode sama, harga rata-rata pada permintaan mobil bekas justru meningkat sekitar 5 persen dan berada di kisaran harga Rp 146 juta. Tipe MPV masih tetap mendominasi baik pada listing maupun permintaan terhadap mobil bekas.

Menariknya, meski secara umum permintaan atas mobil menurun pasca-pengumuman kasus pertama Covid-19 di Indonesia terutama dengan merek Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan Daihatsu Xenia yang menurun 50-60 persen, permintaan atas mobil mewah seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard, dan Mitsubishi Pajero Sport hanya mengalami penurunan sekitar 30 persen.

“Pandemi ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” jelasnya.

1 dari 1 halaman

Tren Harga Segmen B2C dan C2C

showroom mobil bekas

©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Data internal OLX juga memperlihatkan tren penurunan terjadi pada jumlah listing dan permintaan baik pada segmen B2C (business-to-consumer) yang mana diler berperan langsung sebagai penjual maupun segmen C2C (consumer-to-consumer). Penurunan pada segmen B2C dari sisi jumlah listing mencapai hampir dua kali lipat dari segmen C2C.

“Data ini memperlihatkan saat pandemi diler berusaha mengurangi penambahan mobil bekasnya mengingat menurunnya daya beli masyarakat, serta adanya berbagai kebijakan pembatasan mobilitas yang diterapkan pemerintah saat ini. Meski demikian, penawaran harga rata-rata baik di segmen B2C maupun segmen C2C di platform kami masih relatif stabil, masing-masing di kisaran Rp 249 juta dan Rp 121 juta dengan model MPV dominan,” ujar Ichmeralda lagi.

Kondisi berbeda terjadi pada sisi jumlah permintaan mobil. Meski terjadi penurunan permintaan di segmen B2C dan C2C, harga rata-rata pada permintaan di kedua segmen pada Maret-April 2020 relatif stabil, bahkan meningkat sekitar 10 persen untuk segmen B2C menjadi Rp 167 juta. Sementara di segmen C2C, harga rata-rata permintaan masih berada di kisaran Rp 109 juta.

“Kondisi ini bisa dimaklumi di tengah situasi pandemi. Namun, kami yakin segera setelah situasi membaik, industri mobil di Indonesia, termasuk pasar mobil bekas, juga berangsur pulih dan akan kembali memberikan kontribusi besar kepada perekonomian Indonesia,” pungkasnya.

[sya]

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
May 28, 2020 at 08:57AM
https://ift.tt/2yF9rQX

Tren Pasar Mobil Bekas selama Ramadan Masa Pandemi | merdeka.com - merdeka.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Pasar Mobil Bekas selama Ramadan Masa Pandemi | merdeka.com - merdeka.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.