Search

Teknologi Ini Diprediksi Tren di 2024: AI Makin Canggih, Teknologi Luar Angkasa Melesat Cepat - Jawa Pos - JawaPos

JawaPos.com - Di tahun 2023 yang baru saja kita lewati, banyak teknologi baru bermunculan dan menjadi tren yang dibicarakan masyarakat. Tak sedikit teknologi yang sebelumnya hanya bisa kita bayangkan, di 2023 terjadi dan ban banyak digunakan masyarakat. Misalnya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Menyongsong tahun yang baru, beberapa teknologi diprediksi akan kembali booming. Apa saja? Berikut prediksinya:

AI Melangkah ke Generasi Berikutnya 

Di 2024, teknologi yang diprediksi masih akan jadi tren adalah AI. Kecerdasan buatan atau AI sendiri meledak ke bidang teknologi pada tahun 2023 dengan meningkatnya popularitas chatbot ChatGPT OpenAI. Di 2024, AI diprediksi akan terus tumbuh secara eksponensial dengan banyak aplikasi baru bermunculan. 

Dilansir dari Euronews, lanjutan dari teknologi AI yang akan happening di 2024 adalah Emotion AI. Kalau sebelumnya  AI Generatif, teknologi di balik ChatGPT yang mempelajari pola data dan menghasilkan data baru dalam bentuk teks atau gambar menjadi tren di tahun 2023, di 2024 lebih advance lagi.

Tahun 2024, Emotion AI yang merusak dan menafsirkan sinyal emosional manusia, akan mengambil alih, menurut CEO Institut Inovasi dan Teknologi Eropa (EIT Digital) Federico Menna. “Emotion AI adalah tren berikutnya setelah generatif karena, selain mampu menghasilkan konten berdasarkan interaksi atau permintaan pengguna, AI emosi mampu bereaksi dan memahami emosi manusia di depan mesin dan bereaksi sesuai dengan itu,” katanya kepada Euronews Next.

Menna berharap hal ini juga menjadi kunci bagi sektor kesehatan karena akan memungkinkan orang-orang dengan penyakit kronis, masalah terkait usia atau yang memiliki masalah kesehatan mental untuk hidup lebih baik. Ia juga menyebut kalau Emotion AI juga akan berkembang pesat di sektor mobilitas.

Sektor terakhir di mana Emotion juga bisa berperan penting adalah di bidang keuangan, seperti yang dikatakan Menna, “di mana emosi masyarakat berada karena ketika Anda menyentuh uang atau kekayaan mereka, tentu saja mereka sangat sensitif.”

Namun dia mengatakan karena sektor ini sangat diatur, penggunaan teknologi mungkin dimulai dengan aplikasi yang sangat spesifik dan bukan oleh bank-bank besar.

Kendati demikian, bermunculan banyak aplikasi baru di bidang AI, dasar atau pondasi AI yakni AI Generatif diprediksi masih akan banyak digunakan. AI Generatif masih akan tetap menjadi hal yang penting dan “merevolusi” bisnis melalui pengembangan perangkat lunak hingga operasional sehari-hari dan banyak sektor bisnis mulai mendapat manfaat dari teknologi tersebut. 

 

Meskipun AI masih akan terus berkembang, AI mungkin telah mencapai puncaknya dan teknologi luar angkasa bisa menjadi hal besar berikutnya pada tahun 2024 ini. Tahun-tahun sebelumnya memang sudah cukup revolusioner. Melakukan perjalanan ke luar angkasa bahkan bukan lagi keniscayaan. 

“Saya sangat yakin bahwa tahun 2024 akan membawa terobosan yang lebih besar dalam teknologi luar angkasa. Sama seperti saat ini, semua orang mulai berbicara dengan AI, orang-orang akan lebih banyak berbicara tentang teknologi luar angkasa karena beberapa tren yang sedang terjadi,” Adam Niewinski, salah satu pendiri dan mitra umum perusahaan modal ventura Eropa OTB Ventures mengatakan kepada Euronews Next.

Mengenai jenis teknologi luar angkasa yang akan menjadi tren pada tahun 2024, yang dimaksud bukanlah perjalanan luar angkasa melainkan satelit. Teknologi ini memungkinkan manusia untuk mengetahui apa yang terjadi di planet kita, seperti bencana cuaca, namun kita juga dapat memprediksi pola cuaca dan lebih memahami pencairan es dan bagaimana kita harus mengelola sumber daya air.

Data lain dari luar angkasa yang penting adalah untuk pertanian. Bagaimana air dan energi digunakan untuk tanaman dapat dilihat dari luar angkasa. Satelit juga dapat mendokumentasikan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pembersihan kapal dan tanker di laut.

Kebangkitan Metaverse 

Selanjutnya, teknologi yang diprediksi akan tren di 2024 adalah Metaverse. Dilansir dari FastCompany, keberhasilan metaverse sangat terlihat jelas bagi CEO Facebook Mark Zuckerberg sehingga ia mengganti nama seluruh perusahaannya untuk mencerminkan pentingnya metaverse pada tahun 2021. 

Namun pada tahun 2022 dan 2023, metaverse tidak merevolusi kehidupan kita. Namun demikian, segalanya tentang Metaverse disebut bisa berubah pada tahun 2024 menurut Irena Cronin, CEO konsultan teknologi Infinite Retina.

"Metaverse 2.0 akan berjalan lancar. Dan itu tidak ada hubungannya dengan gagasan Zuckerberg tentang metaverse. Ide Zuckerberg adalah kita akan terus-menerus terhubung ke headset yang dibuat oleh Meta, bermain game di dunia yang dibangun perusahaannya," kata Irena.

Sementara mengutip New York Post,

Metaverse juga akan mulai "terbentuk" di 2024 dengan Meta’s Reality Labs mengembangkan perangkat dan platform baru yang memungkinkan pengalaman sosial dan mendalam dalam virtual dan augmented reality. Kacamata Ray-Ban Meta adalah langkah pertama menuju masa depan di mana AI dapat melihat dunia dari sudut pandang kita dan membantu kita menavigasinya.

Asisten Meta AI adalah jenis pendamping baru yang akan diluncurkan pada tahun 2024. Asisten Meta AI dapat memahami dan merespons suara, penglihatan, dan gerak tubuh Anda. Karena Meta mencoba mengejar ketertinggalan dengan ChatGPT, Meta mempekerjakan beberapa lusin selebriti ternama untuk menjadi tampilan dan suara asisten suara AI baru Meta. Para selebritis akan mewujudkan AI dan memainkannya.

Evolusi EV dan Kendaraan Otonom

 

Selanjutnya, yang juga diprediksi akan tren di 2024 adalah kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) yang akan semakin massif adopsinya. Selain itu, EV juga akan semakin canggih dengan salah satu teknologi yang paling dinantikan pada tahun 2024 adalah teknologi otonom yang makin mumpuni.

New York Post menyebut, taksi listrik otonom milik Zoox, anak perusahaan Amazon sudah mulai tampak serius dengan teknologi tersebut dan di 2024, EV dan teknologi otonom akan menjadi kesatuan yang solid. Slogan mereka adalah, “Dibangun untuk pengendara – bukan untuk pengemudi.” 

Zoox telah mengembangkan dan menguji kendaraan self-driving di berbagai kota sejak tahun 2020, dan berencana meluncurkan layanannya pada tahun 2024. Kendaraan Zoox dirancang untuk menavigasi lingkungan perkotaan yang kompleks dengan kemudi empat roda, penggerak dua arah, dan kabin luas yang dapat memuat empat penumpang. 

Taksi Zoox dapat dipesan melalui aplikasi atau kios, dan menawarkan tarif tetap per mil. Zoox bertujuan untuk menyediakan alternatif taksi konvensional yang lebih aman, efisien, dan nyaman, serta mengurangi lalu lintas dan polusi dan tren ini diprediksi akan diikuti oleh banyak negara lainnya.

Pengiriman Paket dengan Drone Semakin Lumrah

Terakhir, tahun 2024 diperkirakan akan terjadi pertumbuhan signifikan dalam penggunaan layanan pengiriman drone, terutama di wilayah perkotaan dimana kemacetan lalu lintas dan polusi merupakan tantangan utama. Layanan pengiriman drone menawarkan cara yang cepat, nyaman, dan ramah lingkungan dalam mengangkut barang dan jasa ke pelanggan, sehingga mengurangi kebutuhan akan kendaraan jalan raya dan tenaga manusia dan ini diyakini akan massif di 2024.

Salah satu perusahaan terkemuka di bidang ini adalah Amazon, yang menambahkan kota ketiga di Amerika Serikat (AS) yang akan segera memiliki opsi untuk mengirimkan paket mereka melalui drone mulai akhir tahun 2024. 

Prime Air milik perusahaan tersebut telah menggunakan drone untuk mengirimkan paket dengan berat hingga lima pon dengan aman dalam waktu satu jam atau kurang, selama hampir satu tahun. Prime Air juga meluncurkan desain drone MK30 baru, yang diklaim perusahaan lebih senyap, lebih kecil, dan lebih ringan dari model sebelumnya dan lagi-lagi, hal ini juga diyakini akan semakin massif diterapkan di banyak negara lainnya. 

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
January 02, 2024 at 12:11PM
https://ift.tt/DOA1Uor

Teknologi Ini Diprediksi Tren di 2024: AI Makin Canggih, Teknologi Luar Angkasa Melesat Cepat - Jawa Pos - JawaPos
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/95K1Hi0
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Teknologi Ini Diprediksi Tren di 2024: AI Makin Canggih, Teknologi Luar Angkasa Melesat Cepat - Jawa Pos - JawaPos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.