Search

5 Fakta Tren Sekolah Malam di China, dari Melampiaskan Hobi hingga Mencari Teman Baru - SINDOnews Internasional

loading...

Tren sekolah malam melanda banyak orang tua di China. Foto/Reuters

BEIJING - Di sebuah ruangan yang bermandikan musik lembut, Yuan Li menarik napas dalam-dalam untuk menjernihkan pikirannya dan kemudian mulai menggambar pola melingkar berulang-ulang, sebuah aktivitas pelatihan spiritual dan meditatif yang disebut seni mandala.

Seorang guru sekolah di siang hari, Yuan berubah menjadi siswa di sekolah malam di kota Wuhan di China tengah, di mana dia mencoba hobi baru seperti seni mandala dan tari jazz, bersama dengan putranya yang berusia lima tahun.

“Dulu saya menghabiskan malam hari menonton putra saya bermain di taman atau mengikuti kelas les. Sekarang kami bisa merasakan hal-hal baru bersama di sekolah malam,” kata ibu tunggal berusia 34 tahun ini, dilansir Xinhua.

Yuan mewakili semakin banyak warga perkotaan China yang memilih untuk menginvestasikan waktu di kelas malam -- bukan sekolah persiapan ujian yang terkenal, namun lembaga yang menawarkan beragam kursus berorientasi minat, mulai dari menari dan olahraga hingga mencicipi anggur dan pembuatan film vlog.

5 Fakta Tren Sekolah Malam di China,

1. Mencari Hobi Baru

5 Fakta Tren Sekolah Malam di China, dari Melampiaskan Hobi hingga Mencari Teman Baru

Foto/Xinhua

Sekolah malam yang menawarkan biaya sekolah rendah berkat keterlibatan besar lembaga-lembaga publik ini kini menjadi mode baru di kalangan generasi muda China yang sadar anggaran, yang memanfaatkan kelas-kelas tersebut untuk memperoleh keterampilan baru, hobi baru, dan teman baru.

Banyak orang China mengasosiasikan sekolah malam dengan kuliah malam yang dimulai oleh universitas pada tahun 1980an, sebagian besar untuk memberikan pengetahuan teknis atau menawarkan ijazah perguruan tinggi kepada lulusan sekolah menengah. Namun, lembaga-lembaga utilitarian seperti itu secara bertahap dihapuskan seiring dengan mempopulerkan pendidikan tinggi.

Tren terbaru ini muncul di Shanghai pada musim gugur lalu, ketika lebih dari 650.000 orang dilaporkan bersaing untuk mendapatkan 10.000 tempat di sekolah malam di kota tersebut, tingkat ketertarikan yang pernah menyebabkan platform pendaftaran terhenti.


2. Belajar Bahasa hingga Kerajinan Tangan

Data yang disediakan oleh Citizen Night School for Arts di Shanghai menunjukkan bahwa kursus populer seperti kelas dialek Shanghai dan kerajinan kulit buatan tangan terjual habis dalam waktu sepuluh detik, sementara lebih dari 300 kursus terjual habis hanya dalam waktu satu jam.

“Terakhir kali saya bersaing ketat untuk mendapatkan sesuatu adalah ketika saya mencoba memesan tiket kereta api liburan,” kata Lu Tian, seorang warga Shanghai, yang gagal mendapatkan tempat untuk kursus dialek Shanghai.

Bagi Lu, rendahnya biaya kursus sekolah malam adalah daya tarik terbesarnya. “Anda mendapatkan 12 pelajaran hanya dengan biaya 500 yuan (70 dolar AS). Jadi setiap kelas yang berdurasi 90 menit harganya setara dengan dua cangkir kopi, sedangkan di sekolah seni lainnya harganya bisa 300 hingga 500 yuan per kelas,” katanya kepada Xinhua.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
January 21, 2024 at 06:40PM
https://ift.tt/PGHAFcX

5 Fakta Tren Sekolah Malam di China, dari Melampiaskan Hobi hingga Mencari Teman Baru - SINDOnews Internasional
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/VhbeDPO
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Fakta Tren Sekolah Malam di China, dari Melampiaskan Hobi hingga Mencari Teman Baru - SINDOnews Internasional"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.