Search

6 Tren Lantai yang Bakal Banyak Digunakan di Rumah pada 2024 - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti lantai rumah membutuhkan komitmen besar lantaran memakan biaya mahal dan usaha besar,

Jadi, perlu mempertimbangkannya dengan matang dan mencari tahu tentang lantai baru yang akan digunakan. 

Baca juga: 5 Tren Lantai Kamar Tidur 2024, Bikin Suasana Lebih Segar

Untuk membantu Anda mempersempit pilihan, sejumlah desainer dan pakar lantai membagikan tentang tren lantai 2024 dan apa yang bakal dilihat lebih banyak lagi.

Para ahli mengatakan keberlanjutan, inklusivitas, dan apresiasi terhadap nostalgia adalah beberapa nilai yang akan menginspirasi pilihan tren lantai 2024.

Tidak mengherankan, lantai rumah pertanian tidak akan ke mana-mana, tetapi Anda mungkin tidak menyangka karpet retro akan kembali populer, yang menurut para desainer akan segera hadir.

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (18/1/2024), berikut sejumlah tren lantai yang bakal banyak digunakan di rumah pada 2024

Baca juga: 6 Tren Lantai Vintage yang Kembali Populer di 2024

Nada ubin hangat

Ilustrasi ubin porselen.Shutterstock/AYDO8 Ilustrasi ubin porselen.
Jordana Moche, Direktur Pelaksana Porcelanosa NYC, mengatakan tren lantai 2024 mengarah ke warna yang lebih hangat, seperti cream, beige, dan abu-abu, dipadukan dengan berbagai ukuran format besar serta nada warna untuk menciptakan pola. 

Menurut Moche, pemilik rumah dan profesional desainer semakin tertarik pada rangkaian ubin dengan efek kayu berukuran sedang dan lebih gelap serta lantai berwarna coklat tanah.

“Ini menciptakan desain hangat, tetapi murung yang memberikan kesan keramahtamahan di dalam hunian,” katanya. 

Baca juga: Cegah Jatuh, Ini 5 Lantai Antilicin untuk Dapur dan Kamar Mandi

Revolusi karpet retro

Selanjutnya, tren lantai yang bakal banyak digunakan di rumah pada 2024 adalah karpet retro. Menurut Audra Keiber, Direktur Desain dan Pengembangan Permukaan Lembut Mohawk, revolusi retro akan terjadi pada karpet pada 2024.

“Tren karpet 2024 terinspirasi oleh permintaan baru akan perabotan vintage dan warna-warna lembut retro, seperti kain pelapis dan kain,” imbuh Keiber.

“Rilis kami yang akan datang untuk Karastan, Stitchery, terinspirasi revolusi retro ini. Ini memadukan pola herringbone klasik untuk melembutkan pengulangan linier yang mencolok, menciptakan hasil akhir yang unik dengan jalur warna tradisional coklat keemasan yang hangat, krem, dan kelabu tua dengan aksen biru tua, abu-abu, dan hitam. 

Baca juga: 6 Ide Warna Kabinet Dapur yang Cocok Dipadukan dengan Lantai Abu-abu

Ilustrasi lantai vinil.Shutterstock/Kinek00 Ilustrasi lantai vinil.
Gaya rumah pertanian modern yang rustic dan familiar akan terus mendominasi pada tahun ini sehingga tidak mengherankan jika tren lantai 2024 akan mengikuti.

“Kami melihat keinginan agar ruang hidup berkembang menjadi tempat peristirahatan yang lembut, tempat memulihkan tenaga dari kehidupan sehari-hari,” ujar Adam Vester, Direktur Senior Desain Kayu dan Laminasi di Mohawk.

Gaya rumah pertanian terus menjadi tren dekorasi stabil yang berkembang menuju minimalis hangat dengan pengaruh desain Skandinavia. 

Tekstur mentah dan bentuk organik gaya rumah pertanian mengadopsi minimalis Skandinavia melalui kayu dengan warna lebih terang dan permukaan halus dengan lebih sedikit simpul serta karakter yang membedakan, menciptakan latar belakang rumah yang bersih secara visual. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Lantai Kamar Mandi dan Dapur yang Antilicin

Lantai berkelanjutan yang inovatif

Lantai berkelanjutan yang inovatif juga menjadi tren lantai yang bakal banyak digunakan di rumah pada 2024. 

“Di Mohawk, keberlanjutan adalah nilai inti. Kami berkomitmen membantu menjadikan planet ini tempat yang lebih baik dengan berinovasi pada serat yang terbuat dari bahan daur ulang dan terbarukan.," ucap Keiber.

Lantai kayu keras di dapur

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/New Africa Ilustrasi dapur putih.
Lantai kayu keras akan terus memimpin dalam tren lantai 2024. Menurut Laporan Tren Dapur Houzz AS  2023, seperempat pemilik rumah yang sedang merenovasi telah memilih kayu keras yang diwarnai atau tidak diwarnai untuk lantai dapur.

Mitchell Parker, Editor Senior di Houzz, menjelaskan lantai vinil dan tangguh berada di urutan kedua, dengan 22% pemilik rumah memilihnya,” ungkap

“Kayu rekayasa juga mendapat sedikit dukungan setelah stabil selama dua tahun sebelumnya (15 persen pada 2023, 14 persen pada 2022 dan 2021), dan kita mungkin melihat material ini terus meningkat popularitasnya pada tahun depan,” imbuh Parker. 

Menurut Parker, kita akan melihat permukaan yang halus, corak kayu mentah, dan papan lebar meski kayu berwarna lebih terang mengalami peningkatan besar.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Lantai Laminasi Tidak Licin

Ubin kamar mandi netral

Terakhir, tren lantai yang bakal banyak digunakan di rumah pada 2024 adalah ubin kamar mandi berwarna netral.

Ubin porselen dan keramik terus mendominasi lantai non-shower. Menurut Laporan Tren Kamar Mandi Houzz AS 2023, sebanyak 60 persen pemilik rumah saat ini memilih ubin porselen dan diperkirakan akan menjadi tren lantai 2024.

“Porselen adalah bahan tahan lama yang memungkinkan Anda memiliki tampilan batu alam, bahkan kayu tanpa perawatan,” kata Parker.

Abu-abu adalah warna lantai non-mandi yang paling umum (25 persen), diikuti putih (21 persen) dan beige (15% persen, yang terakhir ini tumbuh dua poin dari tahun sebelumnya.”

Pemilik rumah terus berupaya menciptakan tempat perlindungan yang menenangkan untuk kamar mandi mereka, lengkap dengan tampilan ubin mewah dengan warna netral. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
January 18, 2024 at 08:35AM
https://ift.tt/4ny9lfs

6 Tren Lantai yang Bakal Banyak Digunakan di Rumah pada 2024 - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/kC3GHAJ
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Tren Lantai yang Bakal Banyak Digunakan di Rumah pada 2024 - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.