Search

Ramai soal Tarif Parkir VIP di Stasiun Yogyakarta Rp 50.000 per Tiga Jam, Ini Kata KAI dan Pengelola - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Unggahan warganet yang mempertanyakan tarif parkir VIP di Stasiun Tugu Yogyakarta, viral di media sosial.

Melalui akun media sosial X (Twitter) @merapi_uncover pada Selasa (27/2/2024), pengunggah menunjukkan karcis parkir dengan keterangan "Area VIP Parking Sheyco Tour and Travel Stasiun Tugu Yogyakarta".

Karcis tersebut juga memuat informasi waktu parkair, yakni pada Selasa (27/2/2024) dari pukul 12.30 WIB hingga 18.30 WIB.

Dalam unggahan itu, terlihat bahwa tarif parkir VIP yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 350.000 selama 7 jam.

Tak hanya itu, pengunggah juga menuliskan tarif parkir VIP tersebut dikenakan Rp 50.000 per tiga jam pertama dan Rp 25.000 per jam berikutnya.

"Mohon info lurd brp sih tarif parkir vip Stasiun Yogyakarta? tanya mas sek jaga infonya 50rb/3 jam pertama berikutnya 25rb/jam Ini kena 350rb buat parkir 7jam.. Adakah yg tau infonya? Kalau memang benar tdk msalah cuma agak kaget saja..Mohon pencerahan," tulis pengunggah.

Baca juga: Warganet Mengeluh Bayar Parkir di Stasiun Balapan Solo Wajib Pakai E-money, Ini Kata KAI

Penjelasan KAI

Menanggapi hal itu, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, parkir VIP yang disebutkan oleh pengunggah bukan dikelola oleh PT KAI atau KAI Services (RMU).

Menurutnya, parkir VIP tersebut dikelola oleh bidang usaha atau mitra KAI, Sheyco Tour and Travel dan terletak di sisi selatan area parkir Stasiun Tugu Yogyakarta.

"KAI tidak mengelola perparkiran, ada anak usaha kami yakni Reska atau KAI Services yang mengelolanya, sedangkan yang disebut 'parkir VIP' dikelola oleh mitra kami lainnya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Krisbiyantoro menegaskan, parkir VIP tersebut memang tidak diperuntukkan untuk umum, melainkan untuk bidang usahanya sendiri (tour & travel).

Sementara itu, KAI Services juga menyediakan area parkir reguler untuk pelanggan yang berada di sisi barat area Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Area yang kami sewakan adalah untuk slot parkir bidang usahanya sendiri (tour & travel), bukan parkir secara umum," sambungnya.

Dalam kasus ini, pihak Sheyco Tour and Travel kemungkinan hanya menyewakan parkir khusus VIP dan tidak menyediakan tarif reguler.

"Berdasarkan informasi yang diterima (terkait kasus tersebut), tarif sewa parkir VIP dikenakan Rp 50.000 per jam," kata dia.

Baca juga: Penjelasan Polres Cilacap soal Intel Disebut Menyamar Tukang Parkir

Kendati demikan, setiap pelanggan yang akan parkir di area VIP sudah diinfokan besaran tarif yang akan dikenakan.

Sementara itu, pengelola parkir VIP Sheyco Tour and Travel, Risa Permadi membantah narasi tarif parkir yang disebutkan oleh pengunggah.

Sebab, tarif parkir VIP di Sheyco Tour and Travel adalah Rp 50.000 per jam.

"Saya luruskan kembali, kita adalah pengelola parkir swasta, jadi, itu parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta dikelola oleh swasta, salah satunya kita Sheyco Tour and Travel," ujarnya terpisah, Rabu.

Risa menegaskan, pengguna parkir juga telah mengetahui tarif parkir tersebut dan sudah menyetujuinya.

"Saat kita menyampaikan ke tamu bahwa parkir VIP berbayar dengan tarif Rp 50.000 per jam. Tamu sudah oke (setuju) dengan harga segitu. Kebetulan tamu itu (pengunggah) sekitar 7 jam  dan dikalikan Rp 50.000 jadi pas kan Rp 350.000," terangnya.

"Tapi yang saya sesalkan kenapa tamu memberikan informasi yang salah bahwa kita memberikan sewa parkir VIP per tiga jam yang dikenakan Rp 50.000 dan durasi berikutnya dikenakan Rp 25.000. Saya kurang paham itu dari mana dapatnya," sambungnya.

Untuk itu, Risa menegaskan bahwa informasi soal tarif parkir VIP Sheyco Tour and Travel di Stasiun Tugu Yogyakarta yang beredar tidaknya benar.

Baca juga: Cerita WNI di Jepang Harus Ambil Uang 1 Yen yang Tertinggal di Bank, Biaya Parkir 300 Yen

Bukan parkir liar

Meski dikelola swasta, Risa menyatakan bahwa parkir VIP Sheyco Tour and Travel bukanlah parkir liar.

Hal ini ditandai dengan adanya kontak dan nota yang tertera dalam karcis.

"Apabila parkir liar, maka tidak akan dicantumkan kontak dan nota yang menunjukkan alamat dan lainnya. Padahal di nota kita kan jelas ada alamat dan kontaknya," ucap dia.

"Kami tidak pernah memaksa customer untuk parkir di area VIP dengan terpaksa, ketika mereka masuk, maka kita sampaikan ketentuannya dan memiliki harga yang berbeda dari tarif parkir reguler," imbuhnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pihaknya tidak memberi batas maksimal untuk tamu yang hendak parkir di area VIP tersebut.

Dengan demikian, pelanggan bisa memarkirkan kendaraannya sampai kapan pun, dengan tarif Rp 50.000 per jam.

"Kita sampaikan bahwa parkir VIP itu sewanya per jam. Artinya ini bukan parkir umum dan dibayarkan di luar harga reguler," pungkasnya.

Baca juga: Ramai soal Parkir Liar di Yogyakarta Didenda Rp 50 Juta, Ini Penjelasan Dishub

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
February 28, 2024 at 07:30PM
https://ift.tt/oLB5S4r

Ramai soal Tarif Parkir VIP di Stasiun Yogyakarta Rp 50.000 per Tiga Jam, Ini Kata KAI dan Pengelola - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/rV7SX0k
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ramai soal Tarif Parkir VIP di Stasiun Yogyakarta Rp 50.000 per Tiga Jam, Ini Kata KAI dan Pengelola - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.