Search

Tren Olahraga Bela Diri - RiauPos

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Olahraga menjadi kebutuhan wajib di era sekarang ini. Selain menjaga kebugaran tubuh, berolahraga juga dapat bermanfaat lebih dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya ialah olahraga beladiri. Sejak beberapa waktu belakangan, olahraga beladiri semakin diminati masyarakat. Misalnya silat, karate, muay thai dan beberapa olahraga beladiri lainnya.

Akhir pekan ini, Riau Pos berkesempatan mewawancarai praktisi olahraga beladiri. Lantas apa saja manfaatnya? Atlet Profesional Karate asal Riau, Abdul Razak menuturkan, olahraga beladiri di samping bisa menjaga diri dari ancaman, juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan. Khusus karate, sambung dia, berasal dari negara Jepang yang terkenal memiliki disiplin tinggi.

“Di zaman sekarang ketika olahraga beladiri mulai dilirik tidak hanya oleh KONI tapi juga Mendikbud dan Mendiknas, ternyata membuka peluang sangat besar kepada kita anak muda untuk dapat berkompetisi meraih prestasi,” sebutnya.

“Jika kita bisa meraih medali di Kejurnas, kita akan dapat sertifikat yang bisa digunakan untuk masuk tes TNI-Polri dan beasiswa untuk masuk Universitas yang kita inginkan,” tuturnya. 

Ditambahkan dia, olahraga beladiri memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, dan dapat membuat tubuh terasa bugar dengan cepat. Olahraga ini dikatakan dia juga merupakan salah satu bentuk olahraga yang paling efektif untuk membuat setiap anggota tubuh bergerak dan dapat membuat tubuh ideal.


Di karate, ada beberapa tahapan yang harus diikuti. Pertama mereka yang ingin berlatih karate sebagai pemula akan mengenakan sabuk putih. Kemudian naik ke tingkatan sabuk kuning, hijau, biru, coklat dan terakhir sabuk hitam. Bila ingin memulai, pertama yang harus dilakukan ialah  pemanasan agar otot tidak tegang.

“Pemanasan juga wajib dilakukan untuk menghindari cedera. Kemudian kita dapat latihan di lapangan terbuka atau di tempat yang luas. Kita bisa latihan dari hal yang dasar terlebih dahulu seperti pukulan arah ulu hati dan seterusnya. Usahakan menggunakan pelatih,” paparnya 

Dijelaskan dia, untuk pembagian yang pertama lakukan pemanasan sekitar 10-15 menit. Kemudian pemasanan kardio bisa dengan berlari sekitar 10-15 menit. Setelah itu bisa dilakukan latihan dasar. Untuk karate sendiri ada 2 bagian. Yakni kata (seni) dan kumite (sparing). Sehingga bisa memilih atau tergantung intruksi dari pelatih.

“Setelah latihan selesai ditutup dengan pendinginan agar otot tidak kaku setelah latihan,” terangnya. 

Dia pun membagikan sedikit tips untuk para pemula. Yang pertama, menurut Abdul Rozak harus mempunyai niat dan semangat yang gigih untuk mempelajarinya. Bila tidak mempunyai niat dan semangat, maka akan sulit untuk konsisten latihan dan tidak bisa memahami apa itu karate. Disarankan dia, idealnya  bisa melakukan latihan sebanyak 3 kali dalam sepekan.

“Kalau motivasinya ingin menjadi atlet profesional kita bisa melakukannya setiap hari,” sambung peraih Juara 3 Asean Japan Karate Shotokan 2017 ini. 

Selain kebugaran tubuh, olahraga bela diri khususnya karate dikatakan dia sangat efektif menjaga bentuk tubuh ideal. Karena di dalam olahraga beladiri, seluruh anggota tubuh bergerak secara maksimal dan mengeluarkan banyak kalori. Selain itu, pada dasarnya karate sangat mudah untuk dipelajari bagi orang baru yang ingin belajar.

Dari karate, ada juga olahraga beladiri lainnya yang menjadi tren. Yakni muay thai. Pelatih besar Muay Thai Fight Club Pekanbaru, Tony Roy menyebut, bila ingin membakar kalori untuk menurunkan berat badan, maka muay thai paling tinggi membakar kalori. Olahraga beladiri asal Thailand ini dinilai juga lebih modern dan menjadi life style kekinian.

Tidak hanya itu, muay thai juga bisa membuat lebih percaya diri. Karena latihannya sangat mudah diaplikasikan oleh orang umum, atau orang yang belum sama sekali tahu dengan muay thai. ‘’Makanya muay thai ini sangat gampang penyebarannya, apalagi digandrungi oleh kalangan selebritis Indonesia. Muay thai ini ialah olahraga modern dan sudah jadi life style,’’ cerita Tony.

Sedikit membuka sejarah muay thai, Tony menyebutkan bahwa, muay thai itu disebutkannya ada dua, boran dan modern. Nah, untuk yang saat ini digandrungi oleh pecinta olahraga muay thai di Pekanbaru khususnya, ialah muay thai modern.  ‘’Ya, kebetulan yang kami ajarkan saat ini ialah muay thai modern. Ini olahraga bela diri asli dari Thailand,’’ ujar guru besar Muay Thai ini.

Muay thai ini adalah olahraga bela diri dan juga prestasi. Selain itu juga siapa pun yang menekuninya bisa untuk pertahanan (defense) diri. Disampaikannya lagi, kalau melihat perkembangan saat ini,  masih banyak anak-anak sekolah yang hobi tawuran. Makanya, dari pada tawuran pihaknya mengajak untuk beralih ke olahraga muay thai. “Karena di muay thai itu juga bisa dapat olahraganya dan juga dapat prestasinya. Daripada harus tawuran,’’ sebut Tony.

Gerakan muay thai itu terdiri dari delapan tungkai, empat tangan dan empat kaki. Dari gerakan ini dikembangkan menjadi gerakan kombinasi delapan tungkai. Kombinasi dari gerakan tangan, siku, lutut tapak kaki.(nda)
 




Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
January 08, 2023 at 09:23AM
https://ift.tt/jdLeOlU

Tren Olahraga Bela Diri - RiauPos
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/4Z1hQnC
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Olahraga Bela Diri - RiauPos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.