Search

Penjelasan SMPN 1 Ciawi soal Siswa Berdansa Disebut Merusak Bangsa - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Pihak SMPN 1 Ciawi memberikan penjelasan soal video viral siswanya yang berdansa disebut merusak bangsa. 

Hal itu setelah ramai di media sosial terkait unggahan komentar dalam percakapan grup WhatsApp yang menyebut siswa yang berdansa tersebut merusak bangsa. 

Saat dikonfirmasi Kompas.com, pihak SMPN 1 Ciawi mengakui bahwa dua pelajar yang terekam dalam video viral merupakan siswa-siswi di sekolah tersebut.

Namun mereka menjelaskan bahwa dua siswa tersebut adalah atlet dance sport yang mendapat emas di Porprov Jabar 2022

"Anak-anak ini memang siswa/i dari sekolah kami, kebetulan mereka adalah atlet cabang olahraga dance sport, pemenang medali emas Porprov Jabar 2022," ujar pihak SMPN 1 Ciawi saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/1/2023).

Baca juga: Ramai soal Video Siswa SMPN 1 Ciawi Berdansa Disebut Merusak Bangsa, Sekolah Buka Suara

Viral di media sosial

Sebelumnya sebuah video memperlihatkan dua siswa SMP tengah berdansa, viral di media sosial pada Kamis (5/1/2023).

Dua siswa laki-laki dan perempuan itu berdansa di tengah lapangan dan disaksikan oleh banyak pelajar lainnya.

"Keren banget, ya Tuhan, anak SMA (atau SMP?) bisa Jive kayak gini.

*Abaikan musik latarnya yg gak nyambung dan gengges," tulis pengunggah dalam twitnya.

Hingga Senin (16/1/2023), video itu sudah ditonton sebanyak 1,1 juta kali dan telah disukai sebanyak 15.200 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Video siswa dansa disebut merusak bangsa

Dalam unggahan lainnya, video siswa SMP berdansa tersebut dikomentari dalam percakapan WhatsApp yang disebut merusak bangsa.

"Generasi Muda muslim sudah mulai dipengaruhi dgn budaya asing, SMP N 1 Ciawi memasukan Kurikulum Dansa dlm pelajaran Exstrakulikuler dlm materi pembelajarannya...kenapa Rakyat masih terlena...melihat generasi penerus Bangsa di Rusak seperti ini...," bunyi keterangan dalam video dalam percakapan WA.

Lalu, bagaimana fakta mengenai dua pelajar SMP yang menari dengan lincah di tengah lapangan?

Baca juga: Sosok Bu Yayuk, Eks Sopir PO Haryanto yang Viral karena Pakai Daster Saat Nyetir

Penjelasan SMPN 1 Ciawi, Bogor

Kompas.com telah melakukan penelusuran video, dan ditemukan hasil bahwa dua pelajar tersebut bersekolah di SMPN 1 Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Saat dikonfirmasi, pihak SMPN 1 Ciawi pun mengakui bahwa dua pelajar yang terekam dalam video viral merupakan siswa-siswi di sekolah tersebut.

"Anak-anak ini memang siswa/i dari sekolah kami, kebetulan mereka adalah atlet cabang olahraga dance sport, pemenang medali emas Porprov Jabar 2022," ujar pihak SMPN 1 Ciawi saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/1/2023).

Menurut keterangan dari pihak SMPN 1 Ciawi, dua pelajar itu secara mandiri ikut lomba atas nama sendiri.

Pihak sekolah turut bangga dan mengapresiasi prestasi yang mereka persembahkan untuk Kabupaten Bogor.

Baca juga: Agnez Mo Bela Siswa SMPN 1 Ciawi yang Disebut Generasi Rusak, Beri Pesan ke Pihak Sekolah

Tentang olahraga dance sport

Dansa yang diperagakan oleh dua siswa SMPN 1 Ciawi tersebut termasuk dalam olahraga dance sport. 

Dance Sport adalah cabang olahraga yang memadukan seni tari dan penguasaan teknik dan stamina fisik sehingga memberikan pertunjukan yang artistik.

Terkait narasi yang kurang mengenakan soal video tersebut, pihak SMPN 1 Ciawi pun memberikan tanggapan.

"Dance Sport dinaungi oleh Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI), juga diperlombakan bagi atlet-atlet difabel, dimana mereka mengikuti Dance Sport dengan menggunakan kursi roda," ujar pihak sekolah.

"Jadi, sebelum mengambil kesimpulan mohon di kroscek dulu ke pihak terkait sebelum memposting dan memviralkannya," lanjutnya.

Pihak SMPN 1 Ciawi menyebutkan bahwa tidak ada materi di kurikulum pembelajaran dan ekstrakulikuler dance sport seperti yang telah dinarasikan dalam chat WA.

"Sekali lagi kami luruskan, mereka ini atlet yang ikut atas nama pribadi dan dilatih oleh pelatih profesional Kabupaten Bogor untuk ikut dalam ajang Porprov Jabar 2022 dan berhasil menyumbangkan 3 medali emas," ujar pihak SMPN 1 Ciawi.

Baca juga: Profil Bendungan Ciawi yang Diresmikan Jokowi Hari Ini

Diskominfo Bogor: dance sport sumbang 3 emas

Di sisi lain, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor pun memberikan tanggapan terkait video viral dua pelajar yang sedang berdansa.

Pemerintah setempat mengatakann bahwa cabang olahraga dansa atau dance sport Kabupaten Bogor telah memborong tiga medali emas pada pertandingan Rabu (16/11/2022), di Hotel El Cavana, Kota Bandung.

Tiga emas dan dua perak disumbang dari nomor pertandingan free for all rumba solo, novice A latin couple, novice B couple pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022.

Medali emas pertama diraih pada nomor free for all rumba solo, atas nama atlet Nita Khoirunisa. Emas kedua diraih pada nomor novice A latin couple atas nama Keysha Aditia Putra Winardi dan Devina Anindita.

Emas ketiga diraih pada nomor novice B couple atas nama Guntur Qivhaldo Ramadhan & Junila Pajar Arsita, salah satu peraih medali tersebut merupakan pelajar di SMPN 1 Ciawi, Bogor.

Nah, itu lah penjelasan SMPN 1 Ciawi soal video viral siswa berdansa disebut merusak bangsa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
January 17, 2023 at 10:30AM
https://ift.tt/pIAL75b

Penjelasan SMPN 1 Ciawi soal Siswa Berdansa Disebut Merusak Bangsa - Kompas.com - KOMPAS.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/xfsKhwv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penjelasan SMPN 1 Ciawi soal Siswa Berdansa Disebut Merusak Bangsa - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.