Search

Akhir September, Tren Konsumsi BBM dan LPG di NTB Meningkat - Jawa Pos

MATARAM–Tren konsumsi LPG dan BBM di NTB terus mengalami peningkatan. Pertamina mencatat, jelang akhir September konsumsi BBM jenis gasoline yang terdiri atas Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo meningkat 18 persen. Sedangkan BBM jenis Gasoil alias Solar, Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex alami peningkatan 28 persen.

”Jumlah ini meningkat dibandingkan Bulan Mei 2020, ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilaksanakan di berbagai daerah,” kata Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR V Jatimbalinus Rustam Aji, Jumat (25/9/2020) lalu.

Dikatakan, Mei lalu rata-rata harian konsumsi BBM jenis Gasoline hanya 1.100 KL perhari dan BBM jenis Gasoil sebesar 360 KL perhari. Sedangkan pada bulan September ini, rata-rata harian penyaluran BBM di NTB naik menjadi 1.300 KL perhari untuk Gasoline dan 460 KL perhari untuk Gasoil.

Pihaknya juga mencatat kenaikan konsumsi LPG NTB. Data terakhir menunjukkan, akhir September ini konsumsi rata-rata harian masyarakat 310 MT perhari. Artinya, ada kenaikan 11 persen dibandingkan konsumsi Mei, dengan rata-rata harian 280 MT saja.

Penyebabnya, pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru yang cukup signifikan. ”Dibukanya kembali seluruh kegiatan perekonomian dengan protokol kesehatan, menjadi salah satu faktor kenaikan konsumsi BBM saat ini,” katanya.

Untuk itu pihaknya konsisten menyalurkan BBM dan LPG sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah. Termasuk BBM Bersubsidi atau bahan bakar Jenis BBM Tertentu (JBT) serta BBM Penugasan. Jumlah kuota tersebut terdiri dari BBM Bersubsidi jenis BioSolar 178 ribu KL, dan BBM Penugasan jenis Premium 337 ribu KL. ”Pertamina juga menyediakan jenis BBM Umum, BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan, yang meliputi Perta Series. Yakni Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo. Serta Dex Series yang terdiri dari Pertamina Dex dan Dexlite,” jelas Rustam.

Menghindari penyebaran Korona, Pertamina mengimbau konsumen membiasakan diri menggunakan transaksi nontunai. Disarankan menggunakan aplikasi MyPertamina. Di agen dan pangkalan pun, Pertamina memberlakukan protokol kesehatan. Pihaknya juga melakukan disinfektasi secara berkala terhadap tabung-tabung LPG yang akan dijual kepada pelanggan.

Irma Sari, seorang warga Mataram mengatakan aktivitasnya memang kembali meningkat. ”Dulu kebijakan kantor sempat masuk kerja tiga kali seminggu, sekarang sudah tiap hari, jadinya pemakaian bensin naik,” ujarnya. (eka/r9)

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
September 28, 2020 at 02:59PM
https://ift.tt/3kWKJh8

Akhir September, Tren Konsumsi BBM dan LPG di NTB Meningkat - Jawa Pos
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akhir September, Tren Konsumsi BBM dan LPG di NTB Meningkat - Jawa Pos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.