Search

4 Tekstur dan 8 Motif Keramik Dinding Kamar Mandi yang Sedang Tren - detikProperti

Daftar Isi

Jakarta -

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang wajib ada di setiap hunian atau bangunan. Sama halnya dengan ruangan lain, kamar mandi pun harus didesain dengan interior khusus agar terlihat bersih dan nyaman saat digunakan.

Selain peletakan bathtub dan shower, pemilihan keramik dinding kamar mandi dinilai menjadi poin penting dalam penataan desain kamar mandi. Keramik dinding kamar mandi selain memiliki fungsi estetika juga memiliki fungsi praktis. Artikel ini akan mengulas berbagai tekstur dan motif keramik dinding kamar mandi yang sedan tren beserta tips memilihnya.

Tekstur Keramik

Keramik dinding kamar mandi memiliki tekstur yang berbeda-beda berkaitan dengan proses pembuatannya. Dikutip dari buku 40 Kamar Mandi Cantik yang disusun oleh Wirania Swasty, dkk., berikut ini macam-macam tekstur atau permukaan keramik dinding kamar mandi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Licin dan Mengkilap (Glossy)

keramik kamar mandi tektur glossy.keramik kamar mandi tektur glossy. Foto: Getty Images/olegback

Keramik dinding kamar mandi umumnya memiliki tampilan permukaan yang licin dan mengilap atau biasa disebut dengan glossy. Permukaan keramik dengan tekstur ini diberi pelapis yang dikenal dengan istilah "glazur" pada proses finishingnya.

Keramik dinding kamar mandi jenis ini tersedia dalam berbagai motif, warna, dan ukuran. Selain itu, proses pemasangannya pun cukup mudah. Tak heran keramik jenis ini cukup banyak diminati.

Doff atau Matte

keramik kamar mandi matte.keramik kamar mandi matte. Foto: Getty Images/Andrea Nicolini

Jenis keramik dinding kamar mandi tanpa finishing biasa dikenal dengan istilah doff/matte. Secara tampilan, keramik jenis ini tidak terlihat licin dan mengkilap.

Keramik dengan permukaan doff/matte umumnya memiliki tekstur khusus seperti tekstur kulit jeruk, tekstur batu alam, tekstur kayu, dan lain sebagainya. Keramik jenis ini cenderung tidak kedap air, tetapi lebih tahan gores dibanding keramik dengan tekstur glossy.

Bertekstur Kasar

keramik kamar mandi tektur kasar.keramik kamar mandi tektur kasar. Foto: Getty Images/kool99

Dewasa ini, desain interior menyerupai alam semakin banyak digemari. Tidak hanya pada motif saja, melainkan juga banyak diterapkan pada tekstur keramik dinding kamar mandi.

Keramik dengan tekstur menyerupai alam umumnya bertekstur seperti kayu, batu candi, batu koral, tembaga, dan lain sebagainya. Keramik dengan tekstur jenis ini sangat cocok digunakan untuk kamar mandi dengan konsep terbuka.

Cutting Edge

keramik kamar mandi cutting edge.keramik kamar mandi cutting edge. Foto: Getty Images/sergeyryzhov

Berbeda dengan keramik lainnya, keramik cutting edge memiliki ciri yang sangat siku pada keempat sisinya. Sesuai namanya, keramik itu dipotong setelah melalui proses pembakaran.

Saat dipasang, keramik cutting edge memiliki celah ubin (nat) yang sangat tipis. Keramik ini memiliki tampilan yang paling mewah di antara tekstur keramik lainnya.

Motif Keramik Dinding Kamar Mandi Estetik dan Minimalis

Berikut ini berbagai motif keramik dinding kamar mandi yang estetik dan minimalis.

1. Keramik Dinding Kamar Mandi Motif Batu Bata

keramik kamar mandi motif batu bata.keramik kamar mandi motif batu bata. Foto: Getty Images/kool99

Keramik dinding kamar mandi dengan motif batu bata dapat disusun secara satuan, maupun keramik ukuran 25x50 cm dengan deretan batu bata yang sudah tersusun rapi. Biasanya, keramik dengan motif ini memiliki permukaan yang licin sehingga lebih cocok digunakan untuk dinding kamar mandi.

2. Keramik Dinding Kamar Mandi Motif Marmer

keramik kamar mandi motif marmer.keramik kamar mandi motif marmer. Foto: Getty Images/mtreasure

Secara umum, keramik dinding kamar mandi dengan motif marmer banyak diproduksi menggunakan material granit. Teksturnya yang licin dan glossy memantulkan kesan mewah yang cocok dipasang di dinding kamar mandi. Sebelum memilih keramik dengan motif ini, pastikan kualitas granit yang digunakan tetap awet meski sering terkena air.

3. Keramik Dinding Kamar Mandi Motif Tabrak Bentuk Keramik

keramik kamar mandi motif tabrak bentuk.keramik kamar mandi motif tabrak bentuk. Foto: Getty Images/eli_asenova

Dinding kamar mandi dengan warna senada cocok untuk kamar mandi berukuran kecil agar dapat memberi kesan lapang. Namun, jika kamu ingin menambahkan sedikit corak agar kamar mandi tidak terasa monoton, kamu bisa menggunakan motif tabrak bentuk keramik.

4. Keramik Dinding Kamar Mandi Motif Kayu

keramik kamar mandi motif kayu.keramik kamar mandi motif kayu. Foto: Getty Images/asbe

Motif kayu banyak ditemukan pada keramik dinding kamar mandi dengan tekstur doff/matte. Warna dan corak kayu kayu menghadirkan kesan natural yang membuat kamar mandi menjadi lebih homey, tetapi tidak meninggalkan kesan mewah.

5. Keramik Dinding Kamar Mandi Heksagonal

keramik kamar mandi motif heksagonal.keramik kamar mandi motif heksagonal. Foto: Getty Images/iStockphoto/ronstik

Untuk mengaplikasikan motif keramik dinding kamar mandi heksagonal, diperlukan sense of art yang tinggi. Jika tidak, maka motif ini bisa menjadi terlalu ramai sehingga menimbulkan kesan yang kurang nyaman saat dilihat. Agar tidak terlalu ramai, pilihan keramik bercorak dipadukan dengan keramik yang polos.

6. Keramik Dinding Kamar Mandi Ilusi Bidang

Keramik dinding kamar mandi dengan ilusi bidang menciptakan kesan kamar mandi yang lebih tinggi dan lapang. Untuk dapat membuat pola ilusi, sebaiknya buat dulu perhitungan pola keramik dengan matang agar garis terlihat keren dan estetik.

7. Keramik Dinding Kamar Mandi ala Tegel Klasik

Dewasa ini, keramik dinding kamar mandi ala tegel klasik semakin banyak digandrungi. Untuk kamar mandi dengan tipe minimalis, pilih motif dengan satu warna atau turunannya saja untuk memberikan kesan yang lapang.

8. Keramik Dinding Kamar Mandi Corak Teraso

Keramik bercorak teraso sangat cocok digunakan, baik untuk dinding maupun lantai kamar mandi. Motif ini cocok bagi kamu yang menginginkan kamar mandi dengan konsep minimalis.

Tips Memilih Motif Keramik Dinding Kamar Mandi

Memilih motif keramik dinding kamar mandi tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus pintar memadukannya dengan motif lantai kamar mandi agar tercipta kesan yang selaras. Berikut ini tips-tipsnya dikutip dari buku 40 Kamar mandi Cantik:

  • Sesuaikan motif keramik dengan tema interior ruang. Rumah bergaya country cocok dipadukan dengan motif floral, rumah bergaya klasik dapat dipadukan dengan keramik motif printing marmer, dan lain sebagainya.
  • Sebaiknya tidak mengaplikasikan keramik bermotif secara berlebih pada kamar mandi dengan luas terbatas.
  • Kombinasikan motif yang akan digunakan dengan motif lain yang bertema sama. Motif garis-garis dapat dipadukan dengan motif lingkaran, motif marmer serasi dengan motif granit, motif kayu dapat dipadukan dengan motif bambu, dan lain sebagainya.

Semoga tulisan seputar keramik dinding kamar mandi ini bisa berguna untuk kamu ya detikers.

(row/dna)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
October 23, 2023 at 09:03AM
https://ift.tt/zvUegsX

4 Tekstur dan 8 Motif Keramik Dinding Kamar Mandi yang Sedang Tren - detikProperti
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/sutCDz6
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Tekstur dan 8 Motif Keramik Dinding Kamar Mandi yang Sedang Tren - detikProperti"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.