Search

Mengenal 'Slugging' Tren Kecantikan Korea di TikTok yang Bikin Kulit Glowing - Medcom.Id

Jakarta: Ladies, pernahkah kamu mendengar istilah Slugging? Ya, ini merupakan tren kecantikan asal korea yang sempat viral di TikTok. Tren ini cocok bagi kamu dengan kondisi kulit kering dan ingin memiliki glass-skin ala artis korea. 

Slugging sendiri merupakan teknik perawatan kulit dengan cara mengoleskan atau melapisi wajah menggunakan produk oklusif, seperti petroleum jelly atau Vaseline. Produk oklusif merupakan minyak yang membentuk lapisan fisik pada kulit sehingga dapat melindungi kulit. 

Teknik ini digunakan untuk mencegah hilangnya air transepidermal dan dehidrasi pada lapisan kulit. Melansir dari situs Insider, tren slugging yang diperkirakan berasal dari korea ini menjadi populer di Tiktok karena membuat kulit terlihat lebih baik hanya dalam semalam. 
 

Lantas, amankah teknik perawatan ini?

Dr. Muneeb Shah, seorang dokter kulit yang juga menjadi konten kreator di Tiktok dengan akunnya bernama @dermoc, membagikan informasi bahwa slugging tidak akan menyumbat pori-pori dan sangat bermanfaat bagi kulit kering. 

Shah mengatakan bahwa petroleum jelly bertindak sebagai salep ‘penyembuhan’ yang dapat membuat kulit pulih dengan sendirinya dalam semalam, terlebih jika diterapkan minimal seminggu sekali. Bukan cuma itu, American Academy of Dermatology Association juga merekomendasikan penggunaan petroleum jelly untuk menyembuhkan dan melembapkan kulit.

Bahkan, produk oklusif ini tidak hanya membantu merawat kesehatan kulit, tapi juga membuat produk perawatan kulit yang kamu gunakan dapat lebih efektif. Hal ini karena produk perawatan tersebut tidak akan menguap usai 'dikunci' dengan teknik slugging. 
 

Mungkin tidak cocok bagi semua orang

Penting kamu pahami bahwa tren perawatan kulit ini mungkin tidak cocok untuk semua orang dan kondisi kulit tertentu. Dilansir dari laman halodoc, ahli merekomendasikan teknik ini hanya boleh dilakukan oleh orang dengan kulit kering dan orang dewasa. 

Apabila kamu memiliki jenis kulit berminyak, berkomedia, milia, atau bekas jerawat, sebaiknya hindari teknik ini. Pasalnya, pada kondisi tersebut slugging justru akan menyebabkan minyak alami atau bahan komedogenik lainnya terperangkap. 

Tak heran jika banyak orang yang berjerawat usai menggunakan teknik ini. Jadi, sesuaikan dengan kondisi kulit kamu, ya!


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Bagaimana cara melakukannya?

Cara melakukannya cukup sederhana, Menurut Healtline, terdapat dua cara untuk melakukannya, yakni slugging semalaman dan slugging singkat. 
 

Cara slugging semalaman:

1. Aplikasikan produk perawatan kulitmu seperti biasa, sebelum tidur. Namun, hindari penggunaan face oil, spot treatments, dan bahan aktif lainnya, seperti retinol, BHA, dan AHA. 

2. Kemudian, olesi dengan rata produk untuk slugging, yaitu petroleum jelly ke seluruh wajah. Gunakan produk tersebut secukupnya.

3. Setelah bangun tidur, segera bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka dengan kandungan ringan untuk menghapus sisa produk. 

4. Keringkan wajah dengan handuk.
 

Cara slugging singkat:

1. Bersihkan wajah dengan produk pembersih wajah atau sabun wajah.

2. Ketika kulit masih lembap, aplikasikan petroleum jelly secukupnya ke seluruh wajah.

3. Diamkan hingga beberapa jam dan lakukan kegiatanmu seperti biasa. Perlu diingat, selama proses ini hindari penggunaan make up yang akan menyumbat pori-pori wajah.

4. Hapus produk slugging dan keringkan wajah dengan perlahan.

Nah, Itulah yang perlu diketahui mengenai teknik slugging. Bagaimana ladies, kamu tertarik mencobanya?

Jessica Gracia Siregar
(yyy)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
March 23, 2023 at 12:00PM
https://ift.tt/JrqFk17

Mengenal 'Slugging' Tren Kecantikan Korea di TikTok yang Bikin Kulit Glowing - Medcom.Id
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/Q3X2YCt
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal 'Slugging' Tren Kecantikan Korea di TikTok yang Bikin Kulit Glowing - Medcom.Id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.