KOMPAS.com – Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, perubahan tren yang cepat harus dimanfaatkan pelaku bisnis untuk memperbarui ide dalam produk atau layanan yang ditawarkan.
Hal tersebut dilakukan agar produk atau layanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen
“Tak hanya melalui promosi, sebuah bisnis harus terus mendorong diri untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat menciptakan pembeda dari bisnis lainnya,” ungkapnya
Dalam ShopeePay Talk bertajuk “Dari Tren, Jadi Bisnis Kompeten” di Jakarta pada Jumat, (18/6/2021), ia mengatakan banyak kesulitan yang dihadapi para pelaku bisnis saat ingin membangun bisnis.
Namun, kata Eka, tantangan dalam membangun bisnis yang sesungguhnya adalah mempertahankan eksistensi agar tidak redup di tengah munculnya tren dan bisnis baru.
Baca juga: Manfaatkan Shopee, Mitraanda88 Wujudkan Mimpi Jangkau Pasar Mancanegara
Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Atas dasar itu, ShopeePay menghadirkan tiga narasumber kompeten untuk berbagi strategi bisnis dalam ShopeePay Talk.
Ketiga narasumber tersebut adalah Founder Bittersweet By Najla, Najla Bisyir, Co-Founder & Creative Director PVRA Kara Nugroho, dan Presiden Komunitas Tangan Di Atas Ibrahim Mochamad Bafagih.
Dari hasil diskusi dan sharing ketiga narasumber tersebut didapatilah tiga strategi untuk mempertahankan eksistensi bisnis.
1. Menjadi konsumen dan memahami kebutuhan konsumen
Para pelaku bisnis diajak untuk menjadi konsumen. Tujuannya adalah untuk memastikan produk atau jasa yang ingin dikembangkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Hal tersebut dilakukan dengan riset pasar agar dapat menciptakan inovasi yang sesuai harapan konsumen.
Baca juga: Waspada Penipuan Minta Kode OTP Atasnamakan Shopee, Ini Penjelasannya
Kara Nugroho mengatakan, tren memang dapat menjadi inspirasi bisnis yang menjanjikan.
Namun, diperlukan kecermatan dan kreativitas untuk menghadirkan bisnis yang bisa bertahan lama di tengah ketatnya persaingan pasar.
“Kami di PVRA berusaha untuk selalu selalu up to date dengan tren yang sedang populer sehingga produk kami selalu dicintai pengguna,” jelas Kara.
Menurutnya, selain memberikan sentuhan khas di setiap produk alas kaki PVRA, pihaknya juga mengadopsi beberapa metode pembayaran digital untuk memudahkan para pelanggan saat membeli produk PVRA secara online.
Baca juga: Peringati Hari Kebangkitan Nasional, ShopeePay Dorong Perkembangan Bisnis Anak Muda
2. Perkuat identitas brand dan memperluas pasar
Para pelaku bisnis diharapkan dapat mengoptimalkan pemasaran produk secara rutin. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce.
Najla Bisyir mengatakan, bisnis yang dimilikinya yaitu Bittersweet by Najla, lahir dan besar dari media sosial.
“Kami percaya selain kualitas produk yang baik, kami harus memanfaatkan media sosial untuk menampilkan beragam pilihan produk kami ke lebih banyak orang,” katanya.
Ia mengaku mengadopsi pembayaran digital untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.
Baca juga: Mudahkan Pembayaran Digital bagi Masyarakat, ShopeePay Gandeng Indomaret
“(Kami juga) menambah kanal penjualan melalui e-commerce. Dengan upaya ini, dessert box kami dapat dinikmati oleh konsumen di lebih banyak kota di seluruh Indonesia,” jelasnya.
3. Manfaatkan momentum serta selalu terbuka dengan inovasi dan kolaborasi
Sebelum tren yang ada digantikan dengan tren baru, para pelaku bisnis perlu segera memanfaatkan momentum.
Menurut Ibrahim Mochamad Bafagih selaku narasumber ShopeePay Talk, pelaku bisnis harus terbuka terhadap segala bentuk inovasi, diskusi, dan kolaborasi yang positif.
“Seperti yang rutin kami lakukan antar sesama anggota komunitas Tangan Di Atas. Hal ini dapat menjadi solusi praktis untuk saling berbagi tips dan strategi dalam meningkatkan layanan dan produk bagi konsumen,” jelasnya.
Baca juga: Percepat UMKM Go Digital, Pemprov Jabar dan Shopee Bangun Shopee Center
Ibrahim mengatakan, pihaknya mengapresiasi inisiatif ShopeePay untuk memberikan ruang diskusi yang positif bagi para pelaku bisnis melalui program ShopeePay Talk.
“Melalui upaya ini, banyak bisnis dapat terbantu dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada di masa sulit ini,” pungkasnya.
Sebagai informasi, program ShopeePay Talk akan terus dihadirkan setiap bulan dengan tema-tema menarik untuk berdiskusi dan berbagi informasi seputar dunia bisnis secara ringan, trendy, dan insightful.
"tren" - Google Berita
June 19, 2021 at 07:54PM
https://ift.tt/3zzuLlz
Ini 3 Strategi agar Bisnis Bertahan Hadapi Perubahan Tren - Kompas.com - Kompas.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Ini 3 Strategi agar Bisnis Bertahan Hadapi Perubahan Tren - Kompas.com - Kompas.com"
Posting Komentar