Search

Ketika Momen Nostalgia Pakai Seragam SMA di Kampus Jadi Tren Mahasiswa di Kampus Semarang - Kompas.com - Kompas.com

SEMARANG, KOMPAS.com - Aksi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang kompak mengenakan seragam SMA di kampus, sempat menggemparkan media sosial beberapa waktu lalu.

Adanya video viral itu, nostalgia memakai seragam SMA di kampus menjadi tren tersendiri bagi kalangan mahasiswa.

Selain mahasiswa UGM, sekumpulan mahasiswa jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Semarang (Unnes) juga melakukan hal serupa.

Baca juga: Mahasiswa UGM Kuliah Pakai Seragam SMA Bikin Dosen Kaget, Ini Ceritanya

Hal tersebut bisa dilihat pada postingan TikTok akun @kza.visual, yang mengunggah keseruan kelas Seni Rupa Rombel C (SR C) angkatan 2022. Dalam video tersebut, mereka kompak mengenakan seragam SMA saat kuliah.

Kreator video akun @kza.visual, Zaki Dony Kezia Firmansyah, mengaku, video yang dibuat bersama kawan sekelasnya itu memang bermaksud untuk mengikuti tren mahasiswa saat ini.

Bukan tanpa alasan Kezia, sapaan akrabnya, melakukan hal tersebut. Dirinya menuturkan, hal itu dilakukan lantaran ingin bernostalgia bersama, mengenang masa-masa SMA.

"Kita kan kuliah angkatan 2022, nah pas SMA itu kepotong Corona. Jadi kita tidak banyak dapet momen masa-masa SMA, cuma merasakan waktu kelas 10 dan semester dua kelas 12. Jadi cuma sebentar," jelas Kezia kepada Kompas.com, Senin (27/2/2023).

Lebih jelas Kezia mengatakan, mengenakan seragam SMA bersama kawan-kawan kuliah mempunyai kesan tersendiri bagi dirinya.

Selain nostalgia, tren tersebut dianggap bisa menghibur civitas akademik maupun non akademik di lingkungan Unnes.

Baca juga: Mengenal Tanaman Karnivora yang Lagi Tren di Kalangan Anak Muda, Harga dan Keunikan

"Bisa punya memori sendiri, meski dalam rentang waktu yang beda. Tapi senang bisa nyiptain momen yang mirip di masa SMA," tutur mahasiswa Seni Rupa itu.

Kezia menyebut, aksi yang dilakukan kelas SR C itu berlangsung selama satu hari penuh. Mulai dari belajar di kelas, bermain di taman, hingga mengunjungi kantin kampus.

Bahkan, Kezia mengaku, aksi kelas SR C itu sempat menjadi buah bibir civitas akademik.

"Lebih tepatnya kejadian lucu, karena kita diomongin dosen. Katanya, itu anak SMA mana? Kok jalan santai sekali, tidak ada pendampingnya? Padahal kita mahasiswanya. Ada juga yang bilang lucu, unik, diketawain juga sama temen-temen seangkatan," ucap dia.

Sementara itu, anggota kelas SR C lainnya, Maria Regina Doren, mengaku, sangat senang bisa mengikuti tren tersebut.

Baca juga: Linggarjati Fashion Week, Saat Tradisi Lokal Dikawinkan dengan Tren

Disamping nostalgia, tren ini bisa memberi gambaran kultur berpakaian di sekolah masing-masing.

"Kelas kami dari seluruh Indonesia, ada yang dari Tangerang, Bali, Semarang, Batam, Kalimantan, Bekasi, Jogja, dan masih banyak lainnya. Campur," tutur Regina.

Selain itu, menurut Regina, tren memakai seragam SMA di kampus ini merupakan salah satu cara berekspresi. Terlebih bagi mahasiswa seni seperti dirinya.

"Yang pasti seneng, buat hiburan. Terus ini juga salah satu bentuk aksi kita sebagai anak seni yang bebas berekspresi," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
February 28, 2023 at 08:47AM
https://ift.tt/D1JHYF7

Ketika Momen Nostalgia Pakai Seragam SMA di Kampus Jadi Tren Mahasiswa di Kampus Semarang - Kompas.com - Kompas.com
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/013xStz
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketika Momen Nostalgia Pakai Seragam SMA di Kampus Jadi Tren Mahasiswa di Kampus Semarang - Kompas.com - Kompas.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.