Search

5 Tren di Dunia Pendidikan 2023, Mulai AI sampai Soft Skill - detikcom

Daftar Isi

Jakarta -

Tahun 2023 sudah berjalan hampir 2 bulan, diperkirakan pada tahun ini ada beberapa hal yang akan menjadi tren dalam dunia pendidikan. Mulai dari artificial intelligence hingga soft skill, apa saja hal yang akan populer sampai Desember nanti?

5 Tren Pendidikan 2023

1. Artificial Intelligence (AI)

Pemanfaatan AI di kelas disebut sebagai salah satu tren pendidikan pada 2023. Penggunaannya memungkinkan guru untuk mengatur waktu dan menyelesaikan tugas, juga memungkinkan sistem belajar yang bisa memberi pengalaman dipersonalisasi untuk siswa, mendukung pembelajaran jarak jauh, dan sebagainya.

Dikutip dari Forbes, menurut UNESCO, AI berpotensi membantu mengatasi sejumlah tantangan terberat dalam dunia pendidikan saat ini, termasuk dalam peningkatan akses pengetahuan secara global.

2. Pembelajaran Jarak Jauh, Online, Hybrid

Pandemi COVID-19 memaksa sekolah, universitas, hingga penyedia bimbingan belajar untuk menyampaikan pembelajaran dari jarak jauh. Bagi orang dewasa, pembelajaran secara online memungkinkan untuk hadir di kelas secara rutin.

Terlebih, kini banyak platform penyedia teknologi pendidikan, seperti Coursera, Udemy, dan sebagainya. Platform-platform ini dirancang untuk memungkinkan 'belajar seumur hidup'.

3. Tidak Hanya Kuliah

Pada 2023, sekolah menengah diperkirakan akan mengarahkan siswa menuju rute masa depan yang lain, selain perguruan tinggi. Kursus kejuruan yang mengajarkan keterampilan akan menjadi populer karena menyediakan solusi untuk masalah kesenjangan (gap) keterampilan.

Di sisi lain, tuntutan pasar tenaga kerja baru juga bergeser dari lulusan pendidikan tinggi murni menjadi tenaga kerja dengan keterampilan yang dibutuhkan. Di Eropa, tahun 2023 ditetapkan sebagai European Year of Skills. Pendidikan vokasional bersama dengan pendidikan akademis disebut menjadi kunci mengembangkan penggerak ekonomi.

4. VR dan AR

Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) adalah dua bentuk extended reality (XR) yang kini jadi semakin penting untuk dunia pendidikan. Pengalaman virtual dalam pembelajaran yang diperkirakan populer pada 2023 adalah kelas virtual, yang memungkinkan pembelajaran jarak jauh.

AR tidak sama dengan VR karena melibatkan gambar yang dihasilkan komputer ke apa yang sebenarnya dilihat oleh pengguna. Oleh sebab itu, penggunannya bisa mengetahui waktu nyata.

Salah satu contoh penerapan AR adalah buku teks berisi gambar yang menjadi 'hidup' saat dilihat dengan ponsel pintar. Pada mata pelajaran sejarah atau sains misalnya, penggunaan AR memungkinkan siswa bisa melihat materi lebih mendalam.

5. Soft Skill dan STEM

Pada tahun ini, soft skill juga diperkirakan akan menjadi salah satu tren dunia pendidikan. Sisi soft skill termasuk keterampilan komunikasi, kerja tim, kreativitas, pemecahan masalah interpersonal, resolusi konflik, dan lainnya.

Bisa dikatakan, soft skill adalah keterampilan manusia yang tidak mungkin ditiru oleh mesin dalam waktu dekat. Selain itu, karena AI semakin mengambil pekerjaan teknis, maka soft skill akan semakin diajarkan dalam pembelajaran.

Berdasarkan para pakar sumber daya manusia, soft skill semakin penting untuk kesuksesan di industri, tetapi lebih sulit diukur daripada hard skill.

Di samping itu pendidikan STEM (sains, teknologi, teknik, matematika) diperkirakan akan semakin dipertegas pada 2023. Asesmen dalam bidang STEM pun turut diprediksi akan meningkat.

Simak Video "Tren Terapi Kulit Pakai Siput Albino di Suriah"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwk)

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
February 20, 2023 at 12:00PM
https://ift.tt/dMiYctm

5 Tren di Dunia Pendidikan 2023, Mulai AI sampai Soft Skill - detikcom
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/xKghsZ3
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Tren di Dunia Pendidikan 2023, Mulai AI sampai Soft Skill - detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.