Search

Tren Belanja Online Naik di Tengah Pandemi, Orang RI Makin Banyak Beli Produk Lokal : Okezone Economy - Okezone Economy

JAKARTA - Tren belanja online kian meningkat di masa pandemi Covid-19, di mana produk lokal mendominasi pilihan konsumen Indonesia.

Hal ini terungkap dalam Survei Ipsos Global Trends 2021 bertema Aftershocks and Continuity.

Menurut survei tersebut, delapan dari sepuluh pasar di dunia menyatakan belanja online lebih mudah daripada berbelanja di toko tradisional, di mana Indonesia memiliki persentase tertinggi (73 persen) di antara 25 negara yang disurvei.

Survei yang melibatkan 25 negara itu menemukan bahwa masyarakat di beberapa negara merasa berbelanja online lebih sulit dibandingkan di toko tradisional atau offline, antara lain di Afrika Selatan (59% persen), Kenya (60 persen) dan Nigeria (65 persen).

"Tentu Covid-19 mempengaruhi semua hal dan mendorong munculnya banyak sinyal perubahan, seperti konsumerisme dan pilihan merek konsumen, isu perubahan iklim dan lingkungan, serta banyak isu lainya yang terangkum dalam laporan Global Trends 2021: Aftershocks and continuity," kata Managing Director Ipsos in Indonesia Soeprapto Tan dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Tren Belanja Meningkat, Partner PSBBI Semakin Bertambah Jelang Harbolnas

Soeprapto menjelaskan, perubahan yang terlihat dalam data tersebut cenderung didorong tren opini publik yang sudah berlangsung lama sebelum Covid-19 (macro forces).

"Yang mana macro forces tersebut mendorong adanya shifts atau pergeseran perilaku masyarakat yang diukur dalam banyak penelitian yang kita lakukan. Kemudian, dari pergeseran tersebut, kita melihat adanya sinyal-sinyal perubahan pada seluruh masyarakat. Ketiga hal tersebut mempengaruhi satu sama lain dan kita perlu untuk memahami perubahan pada setiap levelnya untuk secara efektif memahami bagaimana masa depan," kata dia.

Laporan Ipsos Global Trends 2021 yang melibatkan 24.000 responden dari 25 negara menemukan bahwa mayoritas konsumen dunia dapat menemukan penawaran lebih baik saat berbelanja online dibandingan di toko konvensional.

Misalnya di Indonesia yang menempati urutan ke-4 di antara negara tersurvei lainnya dengan presentase 83 persen. Konsumen Indonesia setuju bahwa mereka dapat menemukan penawaran lebih baik saat berbelanja online dibandingkan di toko.

Sebesar 81 persen konsumen di Indonesia mengaku percaya pada rekomendasi online dari aplikasi atu situs terkenal.

Adblock test (Why?)



"tren" - Google Berita
December 07, 2021 at 01:05PM
https://ift.tt/2ZZZs6f

Tren Belanja Online Naik di Tengah Pandemi, Orang RI Makin Banyak Beli Produk Lokal : Okezone Economy - Okezone Economy
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tren Belanja Online Naik di Tengah Pandemi, Orang RI Makin Banyak Beli Produk Lokal : Okezone Economy - Okezone Economy"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.