Search

Ingin Tingkatkan Pengalaman Digital Pelanggan? Perhatikan 4 Tren Ini - Info Komputer

Ilustrasi aplikasi.

Blue Planet Studio/iStock

Ilustrasi aplikasi.

Laporan F5 "2021 State of Application Strategy" mengidentifikasi beberapa tren terkait peningkatan digital experience yang dilakukan organisasi guna merespons realita konsumen di era COVID-19.

Kara Sprague, EVP dan General Manager BIG-IP F5, mengungkapkan bahwa saat ini perusahaan semakin mengandalkan otomatisasi untuk mengurangi biaya operasi. Perusahaan juga terus memperbarui aplikasi, serta pengalaman digital yang fokus pada kebutuhan konsumen.

“Laporan tahun ini menyoroti banyak perbedaan prioritas yang dihadapi tim IT. Yang paling umum, yaitu fleksibilitas serta kenyamanan versus keamanan, termasuk saat perusahaan mengorganisir data, yang dimana di saat bersamaan membutuhkan cara untuk mengekstrak data yang bermanfaat,” imbuh Kara.

Laporan tahunan yang untuk ketujuh kalinya diselenggarakan F5 ini fokus pada empat tren yang dihadapi TI, yakni peningkatan minat terhadap cloud dan penawaran as-a-service, edge computing, keamanan aplikasi, dan teknologi delivery.

“Di era digital saat ini, setiap perusahaan membutuhkan digital experience. Konsumen semakin mengandalkan konektivitas digital di seluruh aspek kehidupan mereka dan hal ini mendorong aplikasi menjadi lebih penting dalam strategi perusahaan dan pada aktivitas perekonomian,” ujar Surung Sinamo, Country Manager F5 Indonesia.

Menurutnya, laporan F5 tahun ini merupakan cerminan dari tren yang berkembang saat ini. Banyak sektor bisnis meningkatkan investasinya demi kualitas sebuah aplikasi, termasuk untuk memastikan bahwa aplikasi harus dapat beradaptasi, dan terukur, termasuk memulihkan sendiri sistemnya dalam berbagai keadaan.

Inilah empat tren yang diamati F5.

Modernisasi aplikasi berkelanjutan untuk pengalaman digital yang lebih baik

Sebanyak 87 persen organisasi mengkombinasikan metode arsitektur modern dan tradisional secara bersamaan. Modernisasi dianggap perlu ketika sistem lama sulit beradaptasi dengan kondisi bisnis yang berubah dengan cepat. 

Lebih dari 77 persen responden ini mengaku memodernisasi aplikasi yang berhubungan dengan pelanggan, dan menjadikan API sebagai solusi utamanya karena kemampuan API dalam menggabungkan fungsi komponen aplikasi tradisional dan modern.

Sementara persentase jumlah organisasi yang mengelola multiple app architectures terus meningkat. Berdasarkan survei diketahui bahwa penawaran as-a-service dan managed service terus dipandang sebagai pengganti untuk beberapa aplikasi tertentu di mana vendor dapat menyediakan rencana alternatif yang cloud-friendly.

Edge computing

Edge computing diidentifikasi sebagai cara signifikan untuk mengurangi latensi dan meningkatkan daya respon real-time yang diperlukan oleh aplikasi saat ini.

Hasil survei mencatat bahwa 76% organisasi telah menerapkan atau secara aktif merencanakan penerapan edge, dengan tujuan utama meningkatkan kinerja aplikasi serta mengumpulkan data atau memungkinkan analytics.

Pertumbuhan penerapan SaaS dan cloud untuk fleksibilitas dan keamanan

Arsitektur teknologi yang kompleks, akibat penambahan Saas dan solusi edge, termasuk modernisasi aplikasi, membutuhkan peningkatan cara menerapkan alat, keterampilan, proses TI, serta metode analitik yang baik.

Keamanan akan terus menjadi hal utama dan penting. Inilah tantangan tim IT, yakni untuk dapat selangkah lebih maju dari para penyerang.

Pemanfaatan telemetri

Prioritas tren yang juga disoroti responden dalam laporan F5 adalah pemanfaatan telemetri untuk mengubah data menjadi wawasan/insight baru.

Sebanyak 95 persen responden percaya bahwa mereka kekurangan indight tentang kinerja, keamanan, yang menunjukkan keinginan terhadap solusi yang jelas dan end-to-end. Hampir 3/4 responden berniat memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk mengoptimalkan data telemetri dengan lebih baik, dan lebih dari setengahnya berharap AI membantu organisasi mereka untuk bertransisi ke aplikasi yang dapat beradaptasi secara otomatis.

Laporan F5 ini mewakili 1.500 responden di seluruh dunia. Sebagian besar responden berasal dari Asia Pasifik, yang datang dari berbagai industri, organisasi, dan profesional.

Survei ini fokus pada pembuat keputusan IT yang menyoroti prioritas, kekhawatiran, dan ekspektasi bagi para penanggung jawab untuk menghadapi tantangan dalam ekonomi digital.

 

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

Let's block ads! (Why?)



"tren" - Google Berita
April 15, 2021 at 10:10PM
https://ift.tt/3v0ioff

Ingin Tingkatkan Pengalaman Digital Pelanggan? Perhatikan 4 Tren Ini - Info Komputer
"tren" - Google Berita
https://ift.tt/2FjbNEI
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Tingkatkan Pengalaman Digital Pelanggan? Perhatikan 4 Tren Ini - Info Komputer"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.